Alternatif jamu penambah nafsu makan kambing

BADAI UANG
Silahkan share di:

Alternatif jamu penambah nafsu makan ternak

Tingkat nafsu makan ternak kambing itu menurut saya berbeda-beda.

Ada banyak hal yang mempengaruhi ternak kambing dalam soal nafsu makan ini. Diantaranya ialah tingkat palatabilitas pakan dan kondisi dari ternak kambing itu sendiri.

Kambing yang sakit atau kurang sehat tentu nafsu makannya akan berbeda dengan nafsu makan kambing yang normal.

Untuk kambing yang normal, nafsu makan nya pun kadang yang berbeda. Pakan hijauan jenis tertentu, misalnya rumput gajah, daun singkong dll, satu kambing bisa makan dengan lahap yang lain belum tentu.

Kalau pakannya sama, otomatis palatabilitas pakan juga sama. Akan tetapi ada kambing yang nafsu makan terhadap pakan tersebut kurang.

Mungkin saat-saat seperti ini perlu adanya sebuah jamu penbah nafsu makan.

Untuk jamu penambah nafsu makan kambing, sebenarnya sudah banyak produknya yang dijual di pasaran. Tinggal beli dan langsung diberikan ke kambing.

Pemberiannya sesuai petunjuk penggunaan tentunya. Atau bisa berkonsultasi ke dokter hewan atau mantri hewan terdekat. Untuk penggunaan jangka panjang, ini kan menjadi suatu kerepotan.

Repot harus beli terus menerus dan repot di kantong. Resiko produk yang tidak herbal mungkin ada efek sampingnya kalau digunakan dalam waktu jangka panjang.

Saya dapat artikel yang memberikan alternatif jamu penambah nafsu makan kambing. Resepnya herbal dan sepertinya mudah untuk diikuti.

Alternatif ramuan

#Temu ireng, temulawak, kunyit, lempuyang, 10-15 buah pace atau mengkudu. Semua bahan ditumbuk halus lalu diberikan bersama ransum kambing seminggu sekali.

#Dua sisir pisang dimasak dengan santan ditambah gula jawa dan garam dapur. Semuanya dimasak sampai menjadi bubur lalu diberikan ke ternak kambing secukupnya.

#Beberapa telur ayam kampung dicampur sebotol kecap diberikan sekali sehari secukupnya.

#Kurang lebih 15 lembar daun talas/keladi ditambah 15 sendok garam ,dimasak/dipanaskan sampai mendidih. Setelah dingin diberikan sehari sekali.

#Tumbuk bersama-sama campuran bahan sbb : temu ireng, asam jawa 1 genggam dan garam secukupnya. Diberikan sekali sehari secukupnya.

#Buat campuran gula jawa, asam jawa (Tamarindus indica) dan beberapa butir telur ayam. Diberikan tiap hari sampai pulih nafsu makan.

#Daun pepaya (Carica papaya Linn) ditumbuk lalu diperas, airnya dicampur beberapa butir telur ayam, diberikan secukupnya.

#Gist (biang roti) atau ferment 10 gr digiling bersama bawang putih 50 gr. Cara pemberianya dicampurkan pada rumput atau air, diberikan 2 kali seminggu.

#Lempuyang (Zingiber aromatica) dan Temulawak (Curcuma xanthoriza) ditumbuk kemudian + kecap + sedikit air, dimasak, diberika seminggu 2 kali.

#Untuk pedet (lepas sapih) dibuat campuran 3 btr telur itik, daging kelapa muda 1 btr, 1 gelas air kelapa muda dan 3 sendok gula pasir. Diberikan seminggu sekali.

#Seonggok daun jarak (Jatropha curcas Linn) direndam dalam air garam disimpan dalam wadah dari tanah liat disimpan beberapa bulan. Minumkan larutan tersebut 1 sendok sekali tiap hari pada sapi. Air boleh ditambah kedalam wadah bila diperlukan.

Mana kira – kira bahannya yang mudah diperoleh pilih dan gunakan. Semoga berhasil.

 

Sumber : http://bp3kseyegan.slemankab.go.id/obat-tradisional-jamu-jawa-penambah-nafsu-makan.slm

Link sumber masih aktif. Silahkan copy dan paste link tersebut di browser pilihan Anda.

Silahkan share di:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan komentar