daun singkong pakan kambing protein tinggi

BADAI UANG
Silahkan share di:

Daun singkong pakan kambing protein tinggi

Pakan ternak yang diberikan kepada ternak kambing, baik berupa daun-daunan atau rumput yang  disebut sebagai hijauan makan ternak (hmt).

Hmt inilah yang digunakan sebagai pakan utama dalam berternak kambing. Segala jenis hijauan bisa di gunakan untuk pakan ternak kambing asalkan hijauan makanan ternak (hmt) tersebut tidak beracun dan tidak berbahaya untuk ternak kambing.

Contoh dari hijauan makanan ternak (hmt) adalah rumput gajah, rumput odot, daun turi, daun kaliandra, daun nangka, daun pisang, daun singkong, daun alfafa, dan masih banyak jenis daun-daun yang lain. Idealnya pakan ternak untuk ternak kambing harus bermacam-macam supaya hewan ternak kambing mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Salah satu hijauan sebagai pakan ternak kambing adalah daun singkong. Daun singkong memiliki kandungan protein kasar yang cukup tinggi yaitu sekitar 16 %.

Kandungan protein yang cukup tinggi tersebut memungkinkan daun singkong sebagai pakan ternak yang baik. Tetapi untuk beberapa daerah daun singkong belum termanfaatkan secara maksimal.

Daun Singkong Pakan Kambing Berprotein TInggi

Hanya saja, daun singkong memiliki antinutrisi yang penggunaannya sebagai pakan ternak kambing menjadi terbatas.

Anti nutrisi yang terkandung dalam daun singkong adalah asam sianida. Anti nutrisi ini dapat menyebabkan kambing mengalami keracunan sampai terjadi kematian.

Harus hati-hati dalam memberikan pakan daun singkong sebagai pakan ternak kambing. Sudah banyak kasus hewan ternak kambing keracunan karena makan daun singkong.

Hal ini karena daun singkong mengandung asam sianida yang beracun bagi hewan ternak kambing. Oleh karena itu sebelum diberikan kepada hewan ternak kambing harus dilakukan treatmen terhadap daun singkong tersebut. Tujuannya adalah untuk mengurangi atau menghilangkan anti nutrisi yang terdapat pada daun singkong.

Berikut adalah cara-cara supaya daun singkong aman diberikan kepada hewan ternak kambing:

– daun singkong sebaiknya dilayukan dibawah sinar matahari atau dijemur sampai kering.

– jangan memberikan daun singkong yang baru saja dikeringkan kepada ternak karena masih panas, sebaiknya tunggu sampai suhunya benar2 dingin.

– daun singkong yang subur, daunnya lebar lebar dan hijau biasanya berbahaya bagi ternak kambing.

– jangan memberikan daun singkong yang baru saja dipupuk( urea, za, dll) kepada ternak kambing, berbahaya.

– singkong yang usianya sudah tua, daunnya biasanya aman untuk ternak kambing.

– daun singkong yang warnanya sudah kuning atau hijau kekuningan, aman untuk ternak.

Penelitian daun singkong

Dari penelitian yang dilakukan oleh Askar, Surayah, balai penelitian Bogor dalam jurnalnya menyebutkan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun singkong adalah:

Bahan kering       23,36%

Protein kasar       28,66%

TDN                       61%

Serat kasar          19,6%

Lemak                   9,41%

BETN                     34,08%

Abu                        8,83%

CA                          1,91%

P                             0,46%

Selain itu penelitian tentang pemanfaatan daun singkong sebagai pakan ternak kambing dilaporkan sebagai berikut:

Ransum terdiri dari rumput gajah dan daun singkong yang telah dilayukan selama 24 jam dengan perbandingan 1:2.

Pemberian daun singkong 1000 gram/hari atau 1 kg/hari memberikan pengaruh penambahan bobot kambing 21,4 gram/ekor/hari.

Sedangkan pemberian daun singkong 1500 gram/hari atau 1,5 kg/hari memberikan pengaruh penambahan bobot kambing 23,2 gram/ekor/hari.

Ransum pakan domba yang terdiri atas rumput gajah dan daun singkong yang telah dilayukan selama 24 jam memberikan penambahan bobot badan tertinggi 67 gram/ekor/hari.

Jumlah daun singkong yang terdapat dalam ransum sebanyak 2 kg dan perbandingan antara rumput gajah dan daun singkong adalah 1,7:2,0.

Daun singkong yang digunakan sebagai pakan utama ternak kambing juga dilaporkan tidak memberikan efek negatif terhadap performa hewan ternak.

Kami sendiri menggunakan daun singkong kering untuk kami gunakan sebagai pakan ternak kami. Sekitar 80% pakan kami berasal dari tanaman singkong. Baik itu daun , batang, kulit umbi dan ampasnya.

Demikian postingan Daun Singkong Pakan Ternak Berprotein Tinggi semoga bermanfaat.

Silahkan share di:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan komentar