Jamu Penambah Nafsu Makan Ternak Kambing

Silahkan share di:

Tingkat nafsu makan ternak kambing itu menurut saya berbeda-beda. Ada banyak hal yang mempengaruhi ternak kambing dalam soal nafsu makan ini.

Diantaranya ialah tingkat palatabilitas pakan dan kondisi dari ternak kambing itu sendiri. Kambing yang sakit atau kurang sehat tentu nafsu makannya akan berbeda dengan nafsu makan kambing yang normal.

Untuk kambing yang normal, nafsu makan nya pun kadang yang berbeda. Pakan hijauan jenis tertentu, misalnya rumput gajah, daun singkong dll, satu kambing bisa makan dengan lahap yang lain belum tentu.

Kalau pakannya sama, otomatis palatabilitas pakan juga sama. Akan tetapi ada kambing yang nafsu makan terhadap pakan tersebut kurang. Mungkin saat-saat seperti ini perlu adanya sebuah jamu penambah nafsu makan.

Untuk jamu penambah nafsu makan kambing, sebenarnya sudah banyak produknya yang dijual di pasaran. Tinggal beli dan langsung diberikan ke kambing.

Pemberiannya sesuai petunjuk penggunaan tentunya. Atau bisa berkonsultasi ke dokter hewan atau mantri hewan terdekat.

Untuk penggunaan jangka panjang, ini kan menjadi suatu kerepotan. Repot harus beli terus menerus dan repot di kantong.

Resiko produk yang tidak herbal mungkin ada efek sampingnya kalau digunakan dalam waktu jangka panjang.

Saya meperoleh sebuah artikel yang memberikan alternatif jamu penambah nafsu makan kambing. Resepnya herbal dan sepertinya mudah untuk diikuti.

Resep – resepnya antara lain adalah sebagai berikut:

Pertama

daun talas dan garam

Daun talas sebanyak 3 lembar dan garam dapur 3 sendok makan. Penyajiannya sebagai jamu penambah nafsu makan kambing, daun talas dan garam dapur dimasak secara bersamaan selama 15 menit.

Daun yang sudah dimasak tadi kemudian diberikan ke kambing yang nafsu makannya kurang. Ini resep penambah nafsu makan kambing per ekor kambing.

Kalau anda punya 20 kambing, ya berarti 60 lembar daun talas dan 60 sendok makan garam dapur. hahaha….

Tapi apakah daun talas disukai kambing atau palatabilitasnya bagus? ataukah pemberiannya harus dipaksa? ya dicoba saja….

Kedua

kencur dan kuning telur

Kencur dan kuning telur ayam. Kencur segar sebanyak 1 ons dihaluskan. Kencur yang sudah halus dicampur dengan kuning telur ayam 1 butir. Dicampur dan diaduk sampai merata.

Pemberiannya kepada kambing selama 3 hari sekali sampai nafsu makan kambing kembali normal.

Ke Tiga

Daun buni, umbi lempuyang gajah dan terasi.  Daun buni , umbi lempuyang gajah, dan ditambah terasi secukupnya ditumbuk sampai halus. Setelah itu diseduh dengan air matang, airnya sedikit saja.

Kemudian diperas dan perasannya dicekokkan ke kambing yang nafsu makannya berkurang.

Ke empat

Mentimun, garam dapur, asam jawa dan terasi.

Mentimun sebanyak 2 buah dihaluskan, kemudian ditambah garam dapur, Asam jawa, terasi dan sedikit air. Semua bahan dicampur dan diaduk supaya merata lalu siap diberikan atau dicekokkan ke kambing yang nafsu makannya berkurang.

Silahkan dicoba dan dipraktekkan kalau anda mempunyai kambing yang nafsu makannya berkurang.

Semoga berhasil dan terimakasih.

(Visited 5.724 times, 30 visits today)
Silahkan share di:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan komentar