Kandang Kambing Sederhana

Silahkan share di:

Kandang kambing adalah tempat untuk kambing sebagai hewan ternak melakukan sebagian besar aktifitasnya.

Di kandang kambing, kambing-kambing biasanya diberi makan, minum, buang kotoran, beristirahat, memamah dan lain-lain.

Demikian itu karena untuk di Indonesia sangat jarang sekali yang menggunakan kandang umbaran, mungkin hanya beberapa peternak besar seindonesia.

Kenapa bisa begitu, banyak faktor yang berpengaruh. Saya tidak tahu faktor-faktor tersebut jadi saya tidak menulis yang tidak saya tahu.

Hanya yang tahu-tahu saja yang saya tulis. Hahaha..

kandang-kambing-sederhana

 

kandang-kambing-sederhana

 

kandang-kambing-sederhana

Kandang kambing adalah rumah buatan bagi kambing itu sendiri.

 

Secara kodrat hewani kambing tidak memiliki rumah atau suatu tempat untuk menetap dalam keberlangsungan hidupnya.

Ia hidup berkoloni dan berpindah-pindah. Oleh karena itu kalau kambing tidak dikandang bisa sekali ia hilang lari kemana-mana.

Menyediakan kandang kambing adalah kewajiban atau keharusan bagi pemilik ternak kambing. Karena sang pemilik adalah manusia jadi mereka terikat oleh faktor sosial pemiliknya.

Maksud saya adalah apabila seseorang memelihara kambing supaya kambingnya tidak merusak tanaman dan mengotori halaman tetangga maka kambing tersebut harus dikandangkan.

Itulah yang saya sebut hewan ternak kambing kadang terikat oleh faktor sosial pemiliknya. Jadi tidak hanya terikat oleh tali.

Terus, bagaimana kandang yang baik itu?

Yang jelas kandang kambing harus kuat. Setiap hewan yang dikandangkan pasti selalu terjadi interaksi  antara hewan ternak dan kandangnnya.

Interaksi yang saya maksud bermacam-macam. Bisa jadi kambing menggosokkan tubuhnya ke dinding kandang, menyundang, memakan kandang dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui macam interaksi kambing dengan kandangnya semoga anda bisa memperkirakan seperti apa kandang yang akan dibuat.

Sebagai ilustrasi: kenapa kandang sapi, kambing, dan burung berbeda hal itu dikarenakan interaksi ketiganya berbeda terhadap kandangnya.

Sedikit mustahil ketika kambing dikandangkan seperti kandang burung, sangkar besar berpintu dan digantung.

Kandang kambing memudahkan kotoran kambing untuk terpisah dari kambing. Istilah kerennya self cleaning.

Maksud saya adalah ketika kambing buang air (kecil dan besar) segera kotorannya tidak menumpuk jadi satu dengan tempat istirahat kambing.

Dengan begitu kambing menjadi tetap bersih atau istilah jawanya tidak ngluloh. Selain itu juga bisa menjaga kesehatan kambing.

Sebaiknya kandang kambing bisa melindungi kambing dari panas yang terik, angin kencang dan hujan deras.

Jadi gunakan bahan atap, kerangka dan dinding yang memungkinkan untuk tujuan tersebut. Misalnya kayu, bambu, beton, asbes dan genteng.

Bagaimana desain yang ideal?

Untuk desain sebenarnya sesuai selera tentu juga sesuai anggaran. Kandang bagus, tahan lama biasanya mahal.
Kandang jelek, cepet roboh biasnya murah.

Sesuaikan saja sesuai anggaran.

Saya ucapkan terimakasih kepada etawajaya.com karena dari salah satu artikelnya saya memperoleh foto kandang yang mungkin bisa saja jadi inspirasi buat kita bersama.

Demikian artikel kandang kambing sederhana semoga bermanfaat.

Silahkan share di:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan komentar