Mengetahui Ciri – Ciri Kehamilan Kambing

Silahkan share di:

mengetahui-ciri-ciri-kambing-hamil

Cara mengetahui kehamilan ternak kambing merupakan hal yang gampang-gampang susah. Bagi yang sudah terbiasa kehamilan ternak kambing dapat diketahui dari siklus birahinya. Cara ini merupakan langkah yang paling mudah untuk menentukan kehamilan kambing.

Terkadang kambing tidak mengalami siklus birahi yang teratur. Oleh karena itu apabila hal ini terjadi, akan sulit untuk menentukan apakah kambing sudah hamil atau belum.

Pada masa awal kehamilan, sebenarnya kambing akan menunjukkan tanda-tanda kalau ia sedang hamil.Secara fisik, tanda-tanda kehamilan kambing akan terlihat. Akan tetapi perlu pengalaman yang cukup banyak untuk bisa mengetahui hal ini.

Ada beberapa tanda-tanda atau langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui kehamilan ternak kambing kesayangan kita. Hal-hal tersebut adalah sebagaimana kami jelaskan di bawah ini.

Menentukan kehamilan kambing dari siklus birahi

Cara menentukan apakah ternak kambing kita hamil atau belum dapat dilihat dari siklus birahinya. Mengenai siklus birahi ini sudah pernah saya tulis dalam blog ini. Untuk membacanya anda dapat mengunjungi link artikel di bawah ini.

mempercepat birahi kambing dan domba.

Apabila dalam kurun waktu kurang lebih 3 minggu kambing tidak menunjukkan tanda-tanda birahi, kemungkinan sangat besar kambing anda hamil. Dalam hal ini pastikan kambing dalam kondisi sehat. Karena bisa jadi tidak munculnya tanda birahi disebabkan karena terinfeksi penyakit atau yang lainnya.

Pada masa awal-awal birahi, kambing menunjukkan tanda-tanda yang jelas apabila kita selalu mengamati ternak kambing kita. Kambing yang sedang hamil menunjukkan nafsu makan yang meningkat dari biasanya. Selain itu ia menjadi lebih pendiam dan tenang.

Menentukan Kehamilan kambing dari anus kambing

Apabila anda yakin kambing anda dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda birahi, maka bisa memeriksa kehamilan kambing dengan cara lain.

Masa kehamilan dua sampai tiga bulan, ada beberapa kambing yang tidak menunjukkan perbedaan yang nyata. Apabila hal ini terjadi, maka kita bisa memeriksa kehamilan kambing dari bentuk anus dan vaginanya.

Cara ini efektif dilakukan pada usia kehamilan kambing antara 2 – 3 bulan. Akan tetapi ada beberapa kambing yang tidak menunjukkan tanda kehamilannya melalui hal ini.

Anus kambing yang sedang hamil posisinya akan menjauh dari lokasi ekor. Sedangkan vaginanya akan terlihat lebih panjang. Anda akan melihat perbedaan ini apabila kita membandingkan gambarnya pada awal kehamilan dan 2-3 bulan masa kehamilan.

Mengetahui tanda kehamilan kambing dari produksi susu

Untuk kambing perah, selain tanda-tanda di atas ada tanda lain untuk mengetahui kehamilan ternak kambing.

Kambing perah yang sedang hamil biasanya terjadi penurunan produksi susu. Ambing susu kambing yang sedang hamil aka mengecil. Ambing susu akan mulai turun dan membesar pada usia kehamilan sekitar 15 minggu atau 3 bulan lebih.

Metode-metode di atas adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui tanda-tanda kambing yang sedang hamil. Akan tetapi cara di atas bisa dikatakan kurang akurat. Hal itu dikarenakan membutuhkan pengalaman yang cukup banyak dalam berternak kambing.

Mengetahui kehamilan kambing dengan stetoskop

Cara ini mungkin hanya dilakukan oleh dokter-dokter hewan. Stetoskop bisa digunakan untuk mengetahui detak jantung dari cempe yang masih dalam kandungan.

Saat ini sudah banyak stetoskop yang dijual dengan harga yang sangat murah. Harganya mulai 50 ribuan sampai jutaan. Anda bisa mencoba mencarinya di toko-toko online yang ada di Indonesia.

Metode ini dilakukan dengan cara menempatkan probe stetoskop pada perut kambing bagian kanan. Karena perut bagian kiri terdapat rumen kambing. Apabila terdengar denyut jantung cempe, maka bisa dipasitkan kambing anda sedang hamil.

Cara yang lebih akurat adalah dengan tes urin atau darat. Selain itu bisa menggunakan ultrasonografi. Akan tetapi cara ini memerlukan biaya dan tidak direkomendasikan untuk peternak pedesaan.

(Visited 3.161 times, 25 visits today)
Silahkan share di:

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. abdulghofur berkata:

    membantu

Tinggalkan komentar