Tentang Saya

Siapa saya?

Perkenalkan, nama saya Sulistyo. Saya lahir dan besar di kota Pati serta, sebagian besar  pendidikan saya saya selesaikan, di sana juga. Pendidikan terakhir saya adalah di salah satu universitas negeri kota semarang, yaitu UNDIP.

Setelah lulus kuliah, saya sempat berpindah ke beberapa kota. Seperti kebanyakan orang pada umumnya, untuk mencari kehidupan. Pernah di kota Jogja dan Surabaya sampai akhirnya berdomisili di Semarang sampai sekarang.

Gambar di atas adalah foto saya. Kalau nanti ketemu di jalan silahkan disapa saja.

Kambingjoynim.com

Apa itu kambingjoynim.com? ini adalah blog saya.

Meskipun saya bukan praktisi peternakan, saya tidak tahu kenapa saya punya ketertarikan yang tinggi terhadap dunia peternakan dan pertanian. Karena alasan itulah blog ini dibuat.

Jadi, blog ini akan berisikan tentang artikel seputar kambing, domba, sapi, unggas, dan tema – tema pertanian lainnya.

Lalu, darimana konten atau isi artikel ini di buat?

Di Indonesia ada banyak sekali perguruan tinggi yang membuka jurusan peternakan dan pertanian. Namun menurut saya, masih banyak kegiatan dari perguruan tinggi ini yang tidak diketahui oleh masyarakat umum.

Misalnya, setiap mahasiswa yang ingin lulus harus buat skripsi. Untuk buat skripsi, harus penelitian. Setiap penelitian akan menghasilkan data. Data adalah sebuah informasi.

Data yang memuat informasi diberikan dalam bentuk buku skripsi dan jurnal. Jurnal itu berisi tentang penelitian yang dilakukan, namun penulisannya lebih padat atau ringkas.

Sulitnya output riset untuk diakses khalayak

Pendapat saya pribadi, jurnal penelitian itu tidak layak untuk di baca oleh khlayak umum. Kenapa?

Karena jurnal penelitian terikat dengan aturan penulisan yang sangat formal dan akademik. Bahkan untuk kalangan akademik pun, banyak yang malas untuk membaca jurnal. Kecuali terpaksa karena memang mereka harus melakukan penelitian dengan referensi jurnal yang harus dibaca.

Jurnal ilmiah sangat tidak nyaman untuk dibaca. Bayangkan saja ditengah – tengah paragraf saat kita ingin menemukan tujuan dari isi paragraf tersebut, kita diganggu dengan tulisan nama – nama dan tahun. Ini membuat tidak fokus.

Dalam satu paragraf, di jurnal bisa ada 2 sampai 5 nama. Bahkan lebih. Tapi mau bagaimana lagi, memang aturannya harus seperti itu. Kalau tidak seperti itu, jurnalnya malah tidak laku di kalangan akademik.

Selain itu, jurnal juga ditulis dengan bahasa yang formal dan sangat kaku. Banyak menggunakan istilah – istilah serapan yang perlu penjelasan lebih lanjut.

Kambingjoynim.com mencoba untuk menyampaikan ulang tentang penelitian – penelitian yang telah dilakukan oleh para mahasiswa maupun dosen. Tentu dengan gaya bahasa kambingjoynim sendiri.

Harapannya informasi yang nilainya bisa berguna, bisa disebarluaskan ke masyarakat dengan penyampaian yang sederhana dan informatif.

Mulai sekarang, saya akan berusaha untuk menerbitkan artikel setiap minggunya. Tepatnya setiap hari jum’at. Sekitar pukul 8 malam.

Sekian dulu dari saya dan kambingjoynim.com. Kalau ada perlu dengan saya atau kambingjoynim.com silahkan hubungi saya di link di bawah ini.

HUBUNGI KAMI

(Visited 83 times, 2 visits today)