Breaking News
pupuk untuk bunga bougenvile

Cara Menyetek Bunga Bougenville yang Paling Sering Dipraktekkan

Cara menyetek bunga bougenville ini bisa dikatakan yang paling sering dipraktekkan ketika ingin memperbanyak tanaman hias yang satu ini. Hal ini dikarenakan tingkat keberhasilannya bisa dibilang cukup besar.

Maka dari itu untuk Anda yang ingin menyetek bunga bugenvil, ada baiknya untuk mempraktikkan trik yang akan diulas di sini. Apalagi selain mudah dipraktekkan, tingkat keberhasilannya pun cukup besar. Meskipun jika dilakukan oleh pemula sekalipun.

Bunga bugenvil atau yang sering disebut juga dengan bunga kertas termasuk salah satu tanaman hias yang paling banyak di Indonesia. Apalagi bunga kertas ini sangat cocok tumbuh di Indonesia. Nah, untuk Anda yang ingin memperbanyak bunga bugenvil di rumah, beriku cara menyetek bunga bugenvil.

Cara Menyetek Bunga Bougenville

Salah satu cara yang bisa dipilih untuk memperbanyak bunga bougenville adalah dengan cara stek batang. Cara stek batang ini cukup banyak dipilih karena mudah dilakukan dengan tingkat keberhasilannya pun terbilang cukup besar.

Jika berniat ingin memperbanyak tanaman bunga bugenvil dengan cara stek batang, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih batang tanaman bugenvil yang sudah dewasa atau sudah terlihat tua.
  2. Potong batang tanaman bunga kertas tersebut dengan cara menyerong dan runcing.
  3. Berikutnya tinggal menyiapkan media tanamnya. Media tanam paling baik berupa tanah gembur yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Kemudian masukkan campuran tanah tadi pada pot berukuran sedang.
  4. Langkah atau cara menyetek bunga bugenvil selanjutnya adalah dengan menancapkan batangnya tadi pada media tanam sedalam 10 cm. Agar Supaya tidak bergeser, patok dengan menggunakan bilahan bambu.
  5. Letakkan pot tadi pada tempat yang teduh dan kering. Usahakan betul tempatnya tidak begitu lembab dan juga tidak begitu panas.
  6. Umumnya setelah 20 hari batang bunga bugenvil tersebut sudah mengeluarkan tunas mudanya.

Setelah tanaman bunga bougenville sudah mulai tumbuh, maka tinggal lakukan perawatan saja. Itulah cara menyetek bunga bugenvil. Bagaimana, sangat mudah pastinya. Apakah sudah siap mencobanya sendiri rumah?

Perawatan Harian Bunga Bugenvil

Setelah Anda berhasil mempraktekkan cara menyetek bunga bugenvil, tindakan berikutnya adalah perawatan. Dalam hal ini penting untuk mengetahui jadwal penyiraman, pemupukan, hingga pemangkasan tanaman bunga kertas untuk membantu memaksimalkan pertumbuhannya.

  1. Penyiraman Bunga Bugenvil

Bunga bougenville bisa disebut sebagai salah satu tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Maka dari itu, jangan menyiramnya setiap hari. Apalagi ketika sudah memasuki musim hujan.

Dalam hal ini cukup siram bunga bougenville setiap 2-3 minggu sekali ketika memasuki musim penghujan. Kemudian pada saat menyiramnya, pastikan betul airnya meresap sampai ke bagian akar terdalam. Artinya bukan hanya membasahi permukaannya saja.

  • Pemupukan Bunga Kertas

Catat dan ingat betul jika melakukan pemupukan berlebihan pada tanaman bunga bugenvil justru hanya akan menumbuhkan terlalu banyak cabang. Tetapi akan sulit berbunga.

Nah, jika ingin memupuk tanaman bunga bougenville, gunakan perbandingan kalium yang lebih banyak daripada nitrogen.

  • Pemangkasan Bunga Bougenville

Tindakan pemangkasan pada tanaman bunga bugenvil bisa dibilang sangat penting. Kenapa? Penting untuk diketahui jika bunga kertas ini hanya akan mekar di cabang baru.

Artinya jika Anda tidak memangkasnya secara rutin, akibatnya bunga yang tumbuh justru akan sedikit. Bahkan efek terburuknya adalah tidak ada bunga yang mekar.

Sebenarnya tujuan pemangkasan tanaman bunga bougenville tidak hanya itu saja. Tindakan pemangkasan juga akan mendorong pertumbuhan tunas baru yang pada akhirnya akan membuat tumbuh tanaman semakin lebat dan bermekaran.

Bahkan pada musim semi, banyak yang memangkas hampir seluruh bagian tanaman bunga bougenville kemudian menjepit bagian atasnya. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan cabang yang lebih banyak. Sebab pendekatan dua cabang ini akan membuat tanaman bunga kertas lebih subur.

Kemudian pada saat memasuki musim kemarau, tanaman bunga bugenvil ini akan mengeluarkan cabang-cabang panjang. Cabang-cabang tersebut berasal dari batang utama. Selanjutnya akan tumbuh cepat dengan batang tebal dan panjang.

Kondisi seperti ini juga penting untuk diketahui. Pasalnya cabang yang panjang akan memakan banyak nutrisi. Efeknya akan merusak bentuk tanaman. Itulah harus dipotong dengan cepat.

Setelah Anda memotong cabang yang panjang tadi, jangan lupa untuk menyemprotkan ZPT (PP-333). Tindakan ini dimaksudkan untuk mencegah cabang yang panjang tumbuh kembali.

Satu hal penting lain yang harus Anda catat adalah bunga bugenvil ini mudah untuk mengekstrak yang panjang jika tidak ada cukup sinar matahari. Kemudian terlalu banyak air juga bisa menjadi pemicunya. Solusi untuk masalah ini adalah semprotkan ZPT (PP-333, 50-100 ppm).

Itulah beberapa tindakan perawatan harian untuk bunga kertas atau bugenvil. Semoga ulasan tentang cara menyetek bunga bugenvil ini bisa membantu Anda yang ingin memperbanyak tanaman bunga bougenville di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.