Jamu Penambah Nafsu Makan Kambing

Kambing kurang selera makan

Terkadang peternak mengalami kambingnya mengalami kurang selera makan. Ini adalah hal lumrah dan sebagian besar pernah dialami oleh peternak.

Kita tidak perlu panik jika mendapati hal seperti itu. Menurut saya, kambing kurang selera makan bisa dipengaruhi oleh beberapa hal.

  1. Kambing adaptasi dengan lingkungan baru.
  2. Penyesuaian pola pakan yang berbeda.
  3. Kandang terlalu panas.
  4. Kambing sedang terserang parasit.

Kambing adaptasi dengan lingkungan baru

Lingkungan baru akan membuat makhluk hidup menyesuaikan diri. Semuanya seperti itu. Termasuk kambing. Biasanya ini akan berpengaruh pada sikap, ketenangan kambing bahkan pola makannya akan terganggu.

Tidak perlu panik berlebihan, seiring waktu kambing akan beradaptasi dan nafsu makannya akan mulai membaik.

Pola pakan yang berbeda

Kambing yang baru dibeli dari pasar biasanya seperti ini. Tapi, tidak semua.

Perbedaan jenis pakan dari pemilik lama dan pemilik baru membutuhkan waktu untuk diterima oleh kambing.

Jika cukup ekstrim, kita harus melatih kambing baru tersebut supaya mau dengan jenis pakan yang kita miliki. Kalau jumlah ternak kambingnya lebih dari satu, ini menjadi lebih mudah.

Tetap berikan pakan yang kita miliki. Jika tetap tidak mau, biarkan saja, nanti kalau lapar lama – lama akan mau makan juga.

Kandang kambing terlalu panas

Respon makhluk hidup terhadap suhu lingkungan akan berakibat terhadap perubahan metabolismenya. Sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas makannya.

Kambing terserang parasit

Serangan parasit yang hebat bisa berpengaruh terhadap nafsu makan kambing. Terutama cacingan dan kutu kambing.

Jika memang seperti itu, kita harus mengatasi hal tersebut.

Tips Meningkatkan nafsu makan kambing

Ada cara sederhana yang mau saya bagikan. Cara ini sangat berhasil bagi saya.

Kambing yang saya miliki mulanya tidak begitu menyukai rumput odot. Mungkin karena belum terbiasa. Tapi kalau waktu adaptasinya cukup lama, bisa repot juga.

Akhirnya setiap memberikan odot, saya semprot dengan molases yang dilarutkan dengan air. Hasilnya, setiap diberi pakan odot, habis tak tersisa.

Selain bisa meningkatkan nafsu makan, menambah molases ke pakan juga bisa menambah energi metabolisme pakan. Sehingga kambing menjadi lebih cepat gemuk. Tidak hanya itu, molases juga mengandung mineral penting seperti fosfor (P) yang cukup tinggi sehingga membantu pertumbuhan tulang kambing.

Alternatif jamu penambah nafsu makan ternak

Tingkat nafsu makan ternak kambing itu menurut saya berbeda-beda.

Ada banyak hal yang mempengaruhi ternak kambing dalam soal nafsu makan ini. Diantaranya ialah tingkat palatabilitas pakan dan kondisi dari ternak kambing itu sendiri.

Kambing yang sakit atau kurang sehat tentu nafsu makannya akan berbeda dengan nafsu makan kambing yang normal.

Untuk kambing yang normal, nafsu makan nya pun kadang yang berbeda. Pakan hijauan jenis tertentu, misalnya rumput gajah, daun singkong dll, satu kambing bisa makan dengan lahap yang lain belum tentu.

Kalau pakannya sama, otomatis palatabilitas pakan juga sama. Akan tetapi ada kambing yang nafsu makan terhadap pakan tersebut kurang.

Mungkin saat-saat seperti ini perlu adanya sebuah jamu penbah nafsu makan.

Untuk jamu penambah nafsu makan kambing, sebenarnya sudah banyak produknya yang dijual di pasaran. Tinggal beli dan langsung diberikan ke kambing.

Pemberiannya sesuai petunjuk penggunaan tentunya. Atau bisa berkonsultasi ke dokter hewan atau mantri hewan terdekat. Untuk penggunaan jangka panjang, ini kan menjadi suatu kerepotan.

Repot harus beli terus menerus dan repot di kantong. Resiko produk yang tidak herbal mungkin ada efek sampingnya kalau digunakan dalam waktu jangka panjang.

Saya dapat artikel yang memberikan alternatif jamu penambah nafsu makan kambing. Resepnya herbal dan sepertinya mudah untuk diikuti.

Alternatif Jamu Penambah nafsu makan kambing

#Temu ireng, temulawak, kunyit, lempuyang, 10-15 buah pace atau mengkudu. Semua bahan ditumbuk halus lalu diberikan bersama ransum kambing seminggu sekali.

#Dua sisir pisang dimasak dengan santan ditambah gula jawa dan garam dapur. Semuanya dimasak sampai menjadi bubur lalu diberikan ke ternak kambing secukupnya.

#Beberapa telur ayam kampung dicampur sebotol kecap diberikan sekali sehari secukupnya.

#Kurang lebih 15 lembar daun talas/keladi ditambah 15 sendok garam ,dimasak/dipanaskan sampai mendidih. Setelah dingin diberikan sehari sekali.

#Tumbuk bersama-sama campuran bahan sbb : temu ireng, asam jawa 1 genggam dan garam secukupnya. Diberikan sekali sehari secukupnya.

#Buat campuran gula jawa, asam jawa (Tamarindus indica) dan beberapa butir telur ayam. Diberikan tiap hari sampai pulih nafsu makan.

#Daun pepaya (Carica papaya Linn) ditumbuk lalu diperas, airnya dicampur beberapa butir telur ayam, diberikan secukupnya.

#Gist (biang roti) atau ferment 10 gr digiling bersama bawang putih 50 gr. Cara pemberianya dicampurkan pada rumput atau air, diberikan 2 kali seminggu.

#Lempuyang (Zingiber aromatica) dan Temulawak (Curcuma xanthoriza) ditumbuk kemudian + kecap + sedikit air, dimasak, diberika seminggu 2 kali.

#Untuk pedet (lepas sapih) dibuat campuran 3 btr telur itik, daging kelapa muda 1 btr, 1 gelas air kelapa muda dan 3 sendok gula pasir. Diberikan seminggu sekali.

#Seonggok daun jarak (Jatropha curcas Linn) direndam dalam air garam disimpan dalam wadah dari tanah liat disimpan beberapa bulan. Minumkan larutan tersebut 1 sendok sekali tiap hari pada sapi. Air boleh ditambah kedalam wadah bila diperlukan.

Mana kira – kira bahannya yang mudah diperoleh pilih dan gunakan. Semoga berhasil.

Sumber : http://bp3kseyegan.slemankab.go.id/obat-tradisional-jamu-jawa-penambah-nafsu-makan.slm

Link sumber masih aktif. Silahkan copy dan paste link tersebut di browser pilihan Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.