Bonsai Serut Hobi Puluhan Juta

Bonsai serut kalau sudah jadi indahnya bukan main, unik dan estetikanya luar biasa. Bonsai serut yang sudah tahunan, bisa memberikan imajinasi yang sangat natural. Seperti melihat pohon umur ratusan tahun, tapi bentuknya mini dan bisa simpan di rumah.

Tanaman serut banyak dijadikan menjadi tanaman bonsai. Karena memang tanaman ini unik, mudah menanamnya, serta lebih cepat untuk menciptakan karya seni bonsainya. Guratan batang serta akarnya sangat estetik melengkapi maha karya yang satu ini.

gambar bonsai serut
bonsai serut , belum sempurna tapi sudah lumayan lah

Apa itu tanaman serut?

Serut adalah tanaman asli wilayah tropis seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, India, Mianmar, Malaysia, Sri Lanka dan Vietnam.

Serut adalah pohon berukuran sedang. Jika tumbuh liar, tanaman serut tingginya bisa sekitar 4-15 meter.

tanaman serut di alam liar

Warna Kulit batangnya adalah putih keabu-abuan. Bentuk daunnya adalah bulat telur tapi lebih lonjong. Ukuran daunnya juga kecil – kecil, antara 4 – 12 cm saja.

Sebagaimana umumnya daun, warna daun serut adalah hijau. Tapi permukaannya agak kasar. Bagian pinggirnya meruncing atau bergerigi. Tulang daunnya menyirip dengan pangkal meruncing.

Keunggulan bonsai serut

Tanaman serut jika dijadikan bonsai keunggulannya adalah tanaman tersebut unik. Keunikannya terletak pada hal berikut ini:

  • Akar tunggal besar
gambar bonsai serut

Serut memiliki akar tunggal yang besar menghujam lurut ke dalam tanah. Ada akar serabutnya juga yang ukurannya lebih kecil, jauh lebih kecil.

Tapi, mudahnya bonsai serut adalah, meskipun kita potong akar ini, tanaman serut mudah untuk hidup kembali. Jika serut sudah mulai bertunas, akar ini kalau dimunculkan di permukaan pot, seninya bisa tak terkira.

  • Batang keras serut
gambar bonsai serut

Serut memiliki batang keras dengan warna kulit kayu ke abu – abuan. Serut bisa hidup sampai ratusan tahun. Oleh sebab itu, jika terdapat goresan pada batangnya, semakin lama estetika bonsainya akan semakin natural.

  • Daun serut bisa sangat kecil

Di alam liar, daun tanaman serut bisa berukuran antara 4 – 12 cm. Jika musim hujan, serut memang tumbuh subur sehingga daunnya akan lebar – lebar. Namun daun yang sudah tua, ukurannya jauh lebih kecil.

Tanaman serut juga sangat adaptif dengan lingkungan hidup ketika dibonsai. Ukuran daun serut yang dibonsai bisa jauh lebih kecil dari itu.

Mungkin daun bonsai serut hanya sekitar 1 – 2 cm saja. Sehingga, perbandingan antara batang dan daun bonsai akan lebih seimbang dan proporsional. Akhirnya penampilannya menjadi sempurna dan natural.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.