Breaking News
cara menanam jeruk purut dari biji

Cara Menanam Jeruk Purut dari Biji 100% Berhasil

Cara menanam jeruk purut dari biji bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk Anda yang ingin melakukan proses pembibitan. Cara ini pun banyak dipilih karena prosesnya terbilang gampang dan sederhana.

Selain itu, cara pembibitan jeruk purut dari biji ini tingkat keberhasilannya pun terbilang besar. Artinya untuk Anda yang ingin melakukan proses pembibitan jeruk purut, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkannya.

Meskipun sederhana dan mudah dipraktekkan, namun bukan berarti cara menanam jeruk purut dari biji ini bisa dilakukan secara asal-asalan. Tentunya ada langkah-langkah yang harus dipatuhi. Nah, berikut ulasan lengkapnya.

Pilihan Cara dalam Pembibitan Jeruk Purut

Dalam budidaya tanaman jeruk purut, bisa dikatakan jika ketersediaan bibit menjadi langkah awalnya. Secara garis besar pembibitan tanaman jeruk purut ini bisa dilakukan secara vegetatif dan generatif.

  1. Pembibitan Jeruk Purut secara Vegetatif

Pembibitan jeruk purut secara vegetatif ini contohnya seperti cangkok, okulasi, grafting/sambung pucuk dan lain sebagainya. Tetapi memperbanyak tanaman jeruk purut secara vegetatif ini hanya bisa dilakukan jika tersedia tanaman induknya.

  • Pembibitan Jeruk Purut secara Generatif

Pembibitan jeruk purut secara generatif ini dipilih jika tidak jika tersedia tanaman induknya. Nah, cara menanam jeruk purut dari biji ini masuk dalam kategori yang kedua ini.

Meskipun tidak tersedia tanaman induk, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan pembibitan tanaman jeruk purut. Solusinya adalah dengan melakukan pembibitan menggunakan bijinya atau yang juga disebut dengan pembibitan secara generatif.

Cara Menanam Jeruk Purut dari Biji

Umumnya bibit tanaman jeruk purut hasil dari penanaman biji oleh para pembudidaya tidak langsung ditanam pada lahan penanaman permanen. Kenapa? Hal ini dikarenakan memiliki beberapa kekurangan.

Beberapa kekurangan yang dimaksud adalah waktu berbuah tanaman jeruk purut cukup lama. Kemudian tidak jarang ditemukan juga sifat tanaman menyimpang dari sifat induknya.

Seringnya para pembudidaya menggunakan bibit hasil penanaman biji ini sebagai batang bawah. Hal ini sering ditemukan dalam teknik penyambungan atau grafting dan okulasi atau tempel mata tunas dengan menggunakan entres dari tanaman jeruk purut unggul.

Cara tersebut dipilih dengan tujuan untuk memperbaiki kualitasnya. Dengan demikian Anda bisa menghasilkan bibit jeruk purut unggulan yang lebih cepat berbuah. Nah, untuk mengetahui cara menanam jeruk purut dari biji, seperti ini langkahnya:

  1. Mempersiapan Biji Jeruk Purut

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan biji jeruk purut terlebih dahulu. Dalam hal ini pilih biji dari jeruk purut yang memang sudah benar-benar tua.

Dengan memilih biji dari jeruk purut yang memang sudah benar-benar tua, memiliki daya tumbuh yang lebih tinggi. Entah itu diambil dari hasil beli di pasar, dari buah hasil budidaya sebelumnya dan lain sebagainya.

Setelah mendapatkan biji dari jeruk purut yang memang sudah benar-benar tua, langsung Anda keluarkan dengan cara memotongnya. Ingat, ambil bijinya secara hati-hati agar supaya tidak ikut terpotong. Selanjutnya cuci biji jeruk purut tadi hingga bersih. Terakhir, tiriskan dan jemur hingga kering.

  • Proses Penanaman Biji Jeruk Purut

Cara menanam jeruk purut ini diawali dengan mempersiapkan media tanamnya. Untuk media tanamnya adalah tanah, kompos dan arang sekam dengan menggunakan perbandingan 1:1:1. Selanjutnya aduk dan campurkan hingga merata.

Setelah itu Anda tinggal memasukkan media tanam tadi ke dalam polybag atau bisa menggunakan wadah sejenisnya. Namun dengan catatan wadah tersebut memiliki lubang-lubang kecil di bagian bawahnya.

Lubang-lubang kecil di bagian bawah difungsikan untuk mengalirkan sisa air siraman sehingga tidak menggenang di dalamnya. Kemudian siram media tanam dalam polybag tadi sampai basah merata.

Langkah berikutnya cara menanam jeruk purut dari biji adalah menaburkan biji pada media dalam polybag secara merata. Ingat, jangan terlalu rapat. Kemudian tutup dengan media yang sama tipis saja.

Setelah selesai, letakkan polybag tadi di tempat teduh yang tidak terkena hujan. Namun masih mendapatkan cahaya matahari pagi. Tunggu sampai biji jeruk purut mulai berkecambah.

Umumnya biji jeruk sudah mulai berkecambah setelah berumur 14 hari sejak penanaman. Kemudian setelah berumur 1,5-2 bulan sejak penanaman, umumnya bibit jeruk purut telah tumbuh baik serta memiliki beberapa daun.

Setelah bibit jeruk purut telah tumbuh baik serta memiliki beberapa daun, bisa Anda pindah ke polybag dengan menanam 1 bibit pada setiap polybag. Tindakan ini dimaksudkan agar pertumbuhannya bisa lebih optimal.

Sementara itu untuk bibit jeruk purut yang pertumbuhannya lambat atau kurang baik, biarkan terlebih dahulu sampai bibit tersebut siap pindah tanam.

Jadi seperti itulah cara memperbanyak tanaman jeruk purut dengan menggunakan bijinya langsung. Semoga ulasan mengenai cara menanam jeruk purut dari biji ini bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.