Breaking News
pupuk untuk bunga bougenvile

Pupuk untuk Bunga Bougenville agar Menghasilkan Bunga yang Lebat

Agar bisa menghasilkan bunga yang lebat, pemberian pupuk untuk bunga bougenville juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Sebenarnya hal seperti ini tidak hanya berlaku untuk bunga bougenville. Tetapi untuk semua jenis bunga, seperti aglonema dan keladi amazon.

Bunga bougenville atau bugenvil atau bunga kertas ini berasal dari Amerika Selatan. Termasuk jenis tanaman bunga hias populer. Bentuknya berupa pohon kecil yang sulit tumbuh tegak.

Bunga bugenvil sendiri memiliki cukup banyak warna. Mulai dari merah menyala, merah jambu, merah pucat, jingga, kuning, putih, ungu, dan berbagai campuran warna. Nah, untuk Anda yang ingin bunga bougenville di rumahnya tumbuh lebat, berikut cara pemberian pupuk untuk bunga bougenville yang benar.

Pemberian Pupuk untuk Bunga Bougenville

pupuk untuk bunga bougenvile

Bugenvil atau bunga kertas membutuhkan pemupukan teratur. Selain itu juga membutuhkan sinar matahari penuh. Barlah bisa tumbuh sehat dan menghasilkan bunga yang melimpah.

Pemberian pupuk untuk bougenvile sedikit berbeda antara yang di pot dan di ground langsung. Bunga yang diground ( ditanam langsung tanah) akarnya bisa memanjang dan ke dalam. Sehingga, bunga dapat memenuhi kebutuhan haranya sendiri.

Sedangkan bougenvile yang di tanam di pot, pemberian pupuknya harus lebih diperhatikan. Karena media tanam terbatas, ruang pertumbuhan akar terbatas, kebutuhan haranya harus kita bantu mensuplainya.

Pupuk NPK untuk bugenvile

Pupuk untuk bunga bougenville agar berbunga lebat adalah pupuk lengkap dan seimbang dengan rasio nitrogen, fosfor, dan kalium (NPK). Contohnya saja seperti pupuk NPK 15-15-15. Selain itu juga bisa menggunakan pupuk NPK 16-16-16.

Pupuk NPK tersebut diberikan sebanyak 1 sendok makan per pot bugenvile. Di taburkan di bagian pinggiran pot supaya tidak terlalu dekat dengan pangkal akar bunga bugenvile. Pemberian ini dilakukan secara rutin setiap 3 – 4 bulan sekali.

Jenis pupuk tadi bisa meningkatkan kesehatan tanaman bunga bugenvil. Selain itu juga akan menghasilkan bunga yang berlimpah. Catat baik-baik, terlalu banyak nitrogen hanya akan mendorong pertumbuhan vegetatif saja. Tetapi disisi lain akan mengorbankan mekarnya bunga.

Pupuk Organik untuk bunga bougenvile

Pupuk organik seperti kompos kambing, sapi dan ayam juga sangat bagus untuk bunga bougenvile. Karena selain kandungan haranya yang cukup lengkap, pupuk organik bisa memperbaiki kegemburan media tanam.

Berikan pupuk organik sebanyak 1 – 2 kg per pot. Setiap 6 bulan sekali, di tambahkan pupuk lagi.

Sebaiknya, pemberian pupuk organik untuk bunga bougenvile di barengi dengan potassium humate. Karena selain bisa menetralkan ph media tanam, potassium humat juga mengandung kalium yang bisa menambah jumlah bunga.

Berikan satu sendok makan saja, untuk per pot bougenvile kesayangan Anda.

Vitamin B1 untuk bougenvile

Vitamin B1 sangat baik untuk tanaman hias. Manfaatnya banyak sekali karena bisa membantu tanaman supaya tumbuh lebih baik. Termasuk bunganya akan lebih banyak.

Tentang vitamin b1 ini sudah pernah di bahas di artikel sebelumnya ya. Silahkan di baca – baca lagi.

Pupuk slow release

Pupuk slow release adalah pupuk yang haranya terlepas secara pelan – pelan. Jadi, tanaman tidak perlu sering – sering di pupuk karena memang slow release. Bisa menjamin kebutuhan hara dalam waktu lama.

Berikan pupuk slow release untuk bougenvile dua kali setiap tahun. Sekali pada awal musim kemarau. Kemudian beri pupuk sekali lagi pada pertengahan musim kemarau.

Untuk daerah dengan hujan musim panas yang stabil, sebaiknya merangsang pembungaan bunga bougenville dengan membiarkan tanaman yang ditanam di pot dengan drainase secara teratur.

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah pemotongan tunas bunga kertas. Potong tunas bunga bougenville yang lebih panjang untuk menambah pupuk serta merangsang pembungaan yang kuat.

Jangan lupa juga untuk memangkas cabang tanaman yang panjang atau padat sepanjang musim tanam. Selalu gunakan gunting tanaman yang tajam. Disarankan untuk melakukan desinfeksi gunting tanaman dengan desinfektan rumah tangga baik itu sebelum dan sesudah pemangkasan bunga bougenville. Tujuannya untuk mencegah penyebaran penyakit.

Manfaat Bunga Bougenville

Selain menawarkan pesona keindahan, ternyata ada cukup banyak manfaat bunga bougenville. Satu hal yang juga harus diketahui selain tahu bagaimana cara pupuk untuk bunga bougenville. Berikut beberapa manfaat yang dimaksud:

  1. Membersihkan Kualitas Udara

Bunga kertas memiliki efek yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara dan air. Sebab memiliki kemampuan untuk menekan polusi yang disebabkan karena udara kotor, berbagai efek timbal dari bahan bakar kendaraan, dan kondisi perubahan iklim.

  • Obat Batuk

Tanaman bunga bougenville juga bisa dijadikan sebagai obat batuk. Caranya ambil beberapa kulit pohon yang kering kemudian haluskan menjadi bubuk. Campur bubuk tadi dengan segelas air hangat. Selanjutnya gunakan untuk berkumur.

  • Mengatur Tekanan Darah

Tanaman bunga bougenville bisa dibuat sebagai minuman alami untuk mengatur tekanan darah tinggi obat darah tinggi.

  • PenggantiAntibiotik

Bunga bougenville ini mengandung metanol khusus yang bisa berperan menjadi antibiotik alami.

  • Membunuh Bakteri

Ekstrak daun tanaman bunga bougenville memiliki kemampuan untuk membunuh perkembangan bakteri. Contohnya seperti bakteri S typhi, Escheria Colli, Micrococcus luteus, S flexneri, P vulgaris, dan sumber bakteri lain.

  • Mengatasi Masalah pencernaan

Pada daun bunga kertas ini dipercaya memiliki senyawa anti-inflamasi yang mampu memberi efek menenangkan untuk usus.

  • Sumber Antioksidan Alami

Ekstrak bunga kertas mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk melawan semua radikal bebas yang ada di saluran pencernaan. Bahkan organ lain dalam tubuh.

  • Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Rutin mengkonsumsi teh dari bunga bougenville dipercaya mampu menjaga keseimbangan kolesterol.

Itulah beberapa contoh kecil manfaat bunga bougenville. Semoga ulasan mengenai pupuk untuk bunga bougenville agar menghasilkan bunga yang lebat ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.