Cara Merawat Keladi Amazon Dengan Benar

Perhatikan, Begini Cara Merawat Keladi Amazon Agar Cepat Beranak!

Tahukah Anda bagaimana cara merawat keladi amazon agar cepat beranak? Jika belum mengetahuinya, temukan jawabannya di sini.

Keladi amazon termasuk salah satu jenis tanaman hias yang banyak dicari oleh pecinta tanaman hias. Alasannya, tanaman ini memiliki penampilan yang menarik.

Di samping itu, tanaman yang disebut dengan Caladium Amazon ini dapat menjadi tanaman penghias di dalam ruangan. Tak pelak jika banyak orang yang menginginkannya.

Ciri Khas Keladi Amazon

Sebelum mengulas tentang cara merawat keladi amazon agar cepat beranak, ada baiknya kenal lebih dekat dengan tanaman ini. Apalagi jika Anda termasuk orang yang baru tertarik di dunia tanaman.

Keladi amazon ini mirip seperti tanaman talas. Hanya saja, bentuknya yang sedikit berbeda dari tanaman yang dimaksud.

Ciri khasnya, keladi ini memiliki lekukan yang teratur pada sisi daunnya. Kemudian, muncul urat yang menonjol pada daun yang berwarna putih.

Warna daunnya hijau tua dengan panjang lembaran mencapai 50-70 cm. Tampak jika permukaan daunnya lebih halus.

Permukaannya tidak berbulu. Warnanya hitam kehijauan sehingga tampilannya seperti terbuat dari plastik.

Sementara pada bagian bawah daun, permukaannya lebih berwarna ungu kemerahan. Inilah yang membuat tanaman ini begitu spesial.

Menariknya, tanaman hias ini tidak begitu memerlukan banyak sinar cahaya. Dengan kata lain, tanamannya bisa diletakkan dalam ruangan seperti kamar tamu atau ruang kerja.

Tips Merawat Keladi Amazon Agar Cepat Beranak

Pada dasarnya, perawatan tanaman hias itu sama saja. Hanya saja, pemiliknya butuh sedikit penanganan khusus jika ingin mendapati tanamannya cepat beranak.

Khusus untuk cara merawat keladi amazon agar cepat beranak, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Berikut ini tips yang bisa dipraktikkan.

Perbaiki Kualitas Media Tanam

Salah satu faktor terpenting yang perlu diperhatikan oleh pembudidaya keladi amazon adalah media tanamnya. Diusahakan agar medianya memang sesuai.

Setidaknya, media tanam tersebut kaya dengan unsur hara. Kemudian, nutrisinya tetap terjaga sehingga bisa menemani pertumbuhan tanaman.

Perlu digarisbawahi bahwa keladi amazon sendiri sangat adaptif dengan berbagai jenis media tanam. Namun yang terbaik, medianya berupa tanah yang sedikit gembur.

PH tanah diusahakan sekitar 6-7 PH. Nilai ini memungkinkan tanaman dapat berkembang lebih cepat.

Contoh media tanam yang baik untuk keladi amazon adalah tanah dengan bokasi. Perbandingannya 1:1, dicampur secara merata sebelum digunakan untuk mengepot keladi amazon ini.

Perhatikan Waktu Penyiraman

Selain memperbaiki medianya, pembudidaya pun sebaiknya memperhatikan penyiraman tanaman. Pasalnya, tanaman ini sangat bergantung pada ketersediaan air.

Kalau tidak mendapatkan penyiraman secara teratur, daunnya bisa menguning dan kering. Pada akhirnya, tampilannya akan kurang menarik hati.

Mengeringnya daun ini memang tidak lantas membuat tanaman mati sepenuhnya. Karena tanaman tersebut bisa menumbuhkan tunas baru dari umbi yang tersimpan dalam tanah.

Tetapi, bukan berarti jika Anda membiarkannya begitu saja. Karena membiarkannya hanya akan membuat Anda kesulitan dalam memperoleh anakan baru.

Ketimbang menunggu waktu lebih lama untuk menumbuhkan tanaman baru, pilihan bijaksananya tentu melakukan perawatan. Salah satunya ialah teratur dalam memberikan penyiraman.

Nah, penyiraman ini pun termasuk dalam bagian cara merawat keladi amazon agar cepat beranak. Selagi tanaman disirami secara teratur, perkembangan tanaman menjadi lebih cepat. Dan ini memungkinkan tanaman dapat mengeluarkan tunas anakan baru lebih cepat.

Mengenai penyiramannya, cukup lakukan dua kali dalam sehari. Khususnya ketika di musim kemarau. Yakni, di pagi dan sore hari.

Tetapi, usahakan agar tidak menggenanginya. Kalau menggunakan pot, pastikan terdapat drainase yang memungkinkan air dapat keluar dari pot.

Jaga Kelembapan Suhu

Keladi amazon sangat menyukai area yang lembap. Suhu ini memungkinkannya dapat tumbuh lebih optimal. Bahkan, memperbesar kemungkinan untuk mengeluarkan anakan.

Suhu yang dikehendaki tanaman ini sekitar 65 derajat Fahrenheit pada malam hari. Kemudian di siang hari, suhunya di kisaran 70-75 derajat.

Tambahkan Pupuk

Pemberian pupuk juga menjadi bagian dari cara merawat keladi amazon agar cepat beranak. Pupuk diberikan untuk mendukung pertumbuhan tanaman yang masih kecil.

Di samping itu, pupuk juga dibutuhkan untuk meningkatkan proses alamiah dari tanaman. Tidak terkecuali mendorongnya untuk menghasilkan anakan baru yang muncul dari umbinya.

Disarankan, pupuk yang digunakan berbentuk organik. Anda bisa mendapatkannya di toko tanaman. Yang terpenting, aplikasikan pupuk ini sesuai dosis.

Cabut Gulma dan Hilangkan Penyakit

Sama seperti tanaman lain, gulma menjadi tanaman pengganggu. Karena gulma ini sifatnya dapat merebut makanan yang terdapat dalam tanah.

Kalau mendapatinya, segeralah untuk mencabut gulma tersebut. Tujuannya supaya nutrisi yang terdapat dalam tanah dapat dimaksimalkan oleh tanaman.

Begitu juga jika mendapati tanaman terserang penyakit, segeralah untuk menghilangkannya. Hanya saja, usahakan untuk memanfaatkan metode yang alamiah.

Fungsinya, metode alamiah memungkinkan tanaman jauh lebih sehat. Tanaman pun akan tampil lebih menarik hati.

Membersihkan daun keladi amazon

Tanaman hias ini termasuk tanaman yang daunnya harus dibersihkan secara rutin. Caranya gampang yaitu dengan mengelapnya saja dengan kain bersih. Frekuensinya mingguan saja, setiap seminggu sekali misalnya. Selain untuk mempercantik tanamannya, membersihkan daunnya juga mencegah dari serangan serangga seperti tungau dan laba – laba. Jangan sampai daunnya dibuat sarang oleh serangga ini, bisa rusak tanamannya.

Kesimpulannya, perbaiki media tanamnya dan usahakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap waktu. Dengan melakukannya, berarti Anda sudah menerapkan cara merawat keladi amazon agar cepat beranak. Ke depannya, keladi amazon akan lebih cepat menghasilkan anakan baru yang jauh lebih sehat.

Bonus, jenis keladi amazon.

Jenis keladi amazon ternyata banyak sekali ya. Setidaknya ada 97 spesies keladi amazon yang sekarang ini diketahui. Tapi hanya ada beberapa yang sekarang banyak diminati oleh para hobbies.

Berikut adalah gambar atau foto beberapa dari jenis keladi amazon yang cantik tersebut.

Seperti itu ya, cara merawat keladi amazon, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya…makasih.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.