6 Cara Merawat Bunga Aglaonema agar Cepat Beranak dan Subur

Cara merawat bunga aglaonema agar cepat beranak dan subur tidak sesimpel pada saat Anda menanamnya. Ya, apapun jenis tanaman hias memang lebih mudah dibanding saat menanamnya.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu merasa khawatir terlebih dahulu. Jika Anda mempraktekkan langkah demi langkah 6 cara merawat aglonema yang akan dibagikan di sini, maka merawat aglonema agar cepat beranak dan subur bukanlah hal yang sulit lagi.

Melihat aglonema yang “beranak” dapat membuat hati Anda berbahagia. Jerih payah yang Anda lakukan selama ini saat merawatnya tidak sia-sia. Anda juga pasti sepakat jika aglonema yang rimbun daunnya juga lebih enak dilihat. Selain itu juga pasti akan menambah nilai estetikanya sebagai tanaman hias.

Aglonema yang terawat dengan baik tumbuh dengan subur dan anakannya cepat banyak.

1 . Pilih Media Tanam yang Gembur dan Subur

cara merawat aglonema
ciri – ciri media tanam yang subur adalah gembur dengan warna kehitaman.

7 cara merawat bunga aglaonema agar cepat beranak dan subur yang pertama adalah dengan memperhatikan media tanamnya. Dalam hal ini pilih media tanam yang gembur dan subur.

Memilih media tanaman yang subur bisa membuat aglonema yang Anda tanam tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Kemudian, pemilihan media tanam yang tepat bisa memudahkan penetrasi akar dan tunas aglonema itu sendiri.

Paling tidak ada 3 jenis media tanam yang bisa Anda gunakan saat menaman aglonema, yaitu:

  1. Arang sekam, tanah, cocopeat, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1:1 atau 2:1:2:1.
  2. Sekam padi, tanah, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.
  3. Sekam padi, tanah, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1.

2 . Hindari Memasukkan Media Tanam Terlalu Banyak

cara merawat aglonema
Segitu saja sudah cukup dalam memasukkan media tanam untuk aglonema.

7 cara merawat bunga aglaonema agar cepat beranak dan subur yang kedua adalah jangan pernah Anda memasukkan media tanam terlalu banyak. Bahkan hingga mendekati mulut pot. Cukup memasukan media tanam sampai setengah pot saja.

Kenapa, media tanam yang terlalu penuh justru menyebabkan aglonema akan kesulitan untuk tumbuh. Hal ini dikarenakan sirkulasi udaranya menjadi sangat buruk. Semakin banyak dan padat media tanam juga akan membuat semakin sulit tunasnya merangkak ke permukaan tanah.

3 . Siram Secara Rutin dan Secukupnya

cara merawat aglonema

7 cara merawat aglonema agar cepat beranak dan subur yang ketiga adalah dengan menyiramnya secara rutin namun tidak berlebihan atau secukupnya. Seperti yang diketahui, air berfungsi untuk melarutkan unsur hara pada tanah. Kemudian menyebarkannya ke seluruh bagian tanaman.

Selain itu aglonema ini juga membutuhkan air untuk menghasilkan tunas-tunas baru. Meskipun demikian, hindari betul untuk menyiram tanaman ini secara berlebihan. Bahkan sampai airnya menggenang dan keluar ke lubang drainase.

Baiknya cukup siram aglonema secukupnya saja. Paling tidak sampai media tanamnya basah dan lembab. Anda bisa menyiram tanaman ini setiap 3- 4 hari atau seminggu 2 kali.

4 . Gemburkan Tanah Setiap 2-4 Minggu Sekali

7 cara merawat aglonema agar cepat beranak dan subur yang keempat adalah dengan menggemburkan tanah secara rutin. Penting sekali untuk diingat jika tanah yang gembur akan membuat sirkulasi udara menjadi bagus. Sehingga pertumbuhan aglonema pun menjadi lebih cepat dan maksimal.

Melihat hal tersebut, maka jangan sampai lupa untuk selalu membuat gembut tanah atau media tanam aglonema. Setidaknya ini Anda rutin lakukan selama 2-4 minggu sekali.

5 . Siram Aglonema Menggunakan Air Beras

7 cara merawat bunga aglaonema agar cepat beranak dan subur yang kelima adalah dengan menyiramnya menggunakan air besar. Sebab air bekas cucian beras dikenal sangat baik untuk tanaman.

Dalam jurnal penelitian Universitas Muhammadiyah Surakarta disebutkan jika air cucian beras mengandung 80% vitamin B1, lalu 70% vitamin B3, kemudian 90% vitamin B6.

Bahkan tidak hanya itu saja, dalam jurnal penelitian tersebut juga disebutkan jika air cucian beras juga mengandung 100% serat, 60% zat besi, 50% mangan, 50% fosfor, dan asam lemak esensial.

Penting untuk dicatat jika segala vitamin dan mineral di atas tadi merupakan unsur hara, yakni makanan untuk tanaman agar tumbuh subur. Tindakan ini tidak perlu Anda lakukan setiap hari. Cukup dua minggu sekali saja.

6 . Sinar Matahari Secukupnya

cara merawat aglonema
Tempatkan aglonema di salah satu sudut ruangan yang mendapat sinar matahari.
cara merawat aglonema
Bisa juga aglonema di tempatkan di teras, tempat yang terang tapi tidak secara langsung terpapar sinar matahari.

7 cara merawat aglonema agar cepat beranak dan subur yang keenam adalah dengan memberikan suplai sinar matahari yang cukup. Cukup di sini maksudnya adalah tidak kekurangan dan tidak berlebihan.

Meskipun pada dasarnya aglonema termasuk jenis tanaman yang mampu hidup dan bertahan di dalam ruangan minim sinar. Namun sebagian jenis aglonema, utamanya yang warna hijaunya sedikit, dikenal memiliki laju fotosintesis yang lebih lambat.

Tetapi penting untuk diingat lagi jika aglonema tidak perlu terpapar sinar matahari secara langsung. Sebagai solusinya, Anda bisa menjemur saat pagi hari lalu memindahkannya ke tempat yang lebih terang namun tetap dinaungi atap.

7 . Tambahkan ZPT pada Aglonema Kesayangan

7 cara merawat aglonema agar cepat beranak dan subur adalah dengan menambahkan ZPT. Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) merupakan hormon sintetis untuk tanaman. ZPT pun menjadi salah satu cara merawat aglonema agar cepat beranak.

Jika pupuk berperan sebagai vitamin atau suplemen berperan besar dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, ZPT berfungsi untuk membantu meregulasi hormon tanaman untuk memetabolisme. Selain itu juga untuk membantu menyerap unsur hara dalam media tanam menjadi lebih maksimal lagi.

Segera aplikasikan 6 tips di atas agar aglonema semakin subur dan warna daunnya pun semakin indah. Semoga cara merawat aglonema agar cepat beranak dan subur ini bisa memberikan manfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.