Breaking News
Pupuk jagung yang bagus

Cara Memupuk Jagung yang Benar agar Buahnya Besar dan Cepat Panen

Cara memupuk jagung yang benar penting sekali untuk diketahui oleh setiap petani jagung. Apalagi pupuk bisa dikatakan sebagai material sangat penting untuk semua tanaman. Tak terkecuali tanaman jagung.

Hal ini dikarenakan fungsi utama pupuk adalah untuk mencukupi semua kebutuhan unsur hara tanaman. Termasuk dalam hal ini adalah tanaman jagung. Ada cukup banyak jenis pupuk yang bisa Anda aplikasikan pada tanaman jagung.

Tetapi jika Anda ingin tanaman jagung cepat panen dan buahnya juga besar, cara memupuk jagung yang benar harus dilakukan. Jika memang seperti itu, lalu bagaimana caranya?

Pemupukan Benih dan Bibit Jagung Manis

Pupuk jagung yang bagus

Pada dasarnya aplikasi pupuk untuk jagung agar cepat panen dan buahnya besar cukup mudah. Kuncinya adalah tiga langkah pemupukan yang tepat waktu. Nah, yang pertama adalah ketika jagung saat masih berupa benih dan bibit. Tujuannya adalah agar benih atau tanaman jagung bisa tumbuh dengan cepat.

Namun pemupukan harus dilakukan dengan benar. Benar dalam artian waktunya harus tepat dan takarannya harus benar. Dengan demikian, pertumbuhan tanaman jagung pun akan semakin maksimal. Buahnya akan besar-besar dan di sisi lain bisa cepat dipanen.

Penting sekali untuk dicatat dan diingat jika dosis pupuk yang lebih ringan dan seimbang sangat dibutuhkan untuk bibit jagung. Tujuannya adalah untuk mempercepat tanaman jagung untuk mengembangkan akar, batang, hingga daunnya.

Nah, pada tahap awal ini, memberi terlalu banyak pupuk dengan dosis yang kuat justru bisa mendatangkan bahaya untuk bibit tanaman jagung Anda. Kerugiannya adalah bisa menghambat pertumbuhan awal tanaman jagung.

Tidak hanya itu saja, bahkan bisa membunuh tanaman jagung jika Anda memberikan jenis pupuk yang terlalu “panas”. Itulah kenapa para petani harus tahu betul cara memupuk jagung yang benar.

Pertanyaan pentingnya adalah apa jenis pupuk yang cocok digunakan saat jagung masih bibit dan benih? Jenis pupuk yang bisa Anda gunakan adalah kompos murni. Pupuk kompos murni seperti ini bisa memberi jagung nutrisi cukup. Tunas jagung pun lebih cepat pertumbuhannya.

Pemupukan Jagung pada Usia 8 sampai 10 Minggu

Langkah atau cara memupuk jagung yang benar agar cepat panen dan buahnya besar harus dilakukan ketika umur jagung 4 minggu. Kemudian pupuk lagi saat umurnya 8 sampai 10 bulan.

Saat umur jagung sudah memasuki 4 minggu, gunakan pupuk yang lebih kuat. Tujuannya adalah agar tanaman jagung bisa menghasilkan batang besar dan buah penuh.Fase ini bisa dikatakan sangat penting untuk dilakukan pemupukan.

Hal ini dikarenakan pada fase ini akar tanaman jagung akan menyerap daya sebanyak mungkin. Nitrogen salah satu contohnya. Bahkan bisa dikatakan jika nitrogen yang terkandung dalam tanah bisa cepat terkuras oleh tanaman jagung. Artinya memasoknya bisa menjadi bagian sangat penting dari jagung yang tumbuh hingga dewasa penuh.

Selain itu, fosfor juga sangat penting sama seperti kalium. Namun tidak pada tingkat yang sama dengan Nitrogen. Keduanya akan sangat membantu saat pengembangan akar dan tangkai yang kuat.

Ada cukup banyak jenis pupuk yang ada di pasaran. Tetapi kuncinya adalah cari yang memiliki rasio N-P-K yang mengandung nitrogen lebih tinggi. Namun jangan lupa untuk tetap menyediakan fosfor dan kalium juga. Rasio N-P-K ini merupakan singkatan dari nitrogen, fosfor, dan kalium dalam urutan tersebut.

Satu Dosis Lagi untuk Pupuk Jagung Manis

Cara memupuk jagung yang benar agar cepat panen dan buahnya besar terakhir ini khusus untuk jagung manis. Tujuannya adalah agar pertumbuhan tanaman jagung manis semakin optimal. Tujuan akhirnya sudah pasti adalah agar buahnya besar dan manis.

Untuk Anda yang menanam jagung manis, saat umurnya 8 sampai 10 minggu, berikan satu dosis pupuk 16-16-16 sekali lagi. Kemudian satu hal penting yang harus dicatat adalah aplikasikan dengan takaran 1/8 cangkir yang sama pada setiap dua tanaman. Sekali lagi diingatkan, ini hanya khusus diberikan untuk jagung manis saja.

Setelah itu, Anda tinggal duduk manis di rumah dan menunggu jagung manis bisa dipanen. Aplikasikan cara memupuk jagung di atas agar pertumbuhannya lebih cepat dan hasil buahnya pun besar-besar.

Pupuk memang memiliki efek yang cukup dominan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman jagung dan membuat buahnya lebih besar. Namun satu hal yang harus dicatat adalah caranya harus dilakukan dengan tepat.

Meskipun memupuk jagung mudah dilakukan, tetapi jangan sampai Anda salah dalam hal pengaplikasiannya. Semoga ulasan soal cara memupuk jagung yang benar agar buahnya besar dan cepat panen ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.