Breaking News
menanam sayuran di polybag

Cara Menanam Seledri di Polybag Selama 3 Bulan

Cara menanam seledri di polybag agar tumbuh subur dengan hasil panen melimpah tidaklah sulit. Untuk Anda yang memiliki hobi masak, sudah pasti sangat butuh tanaman hijau ini. Sayuran yang seringnya dimanfaatkan sebagai bumbu dan juga bahan tambahan pada berbagai masakan.

Meskipun menanam seledri di polybag sangatlah mudah, Anda tetap butuh pengetahuan dan pemahaman terkait dengan cara menanamnya. Dengan demikian seledri di dalam polybag bisa tumbuh subur. Sehingga hasil panennya pun melimpah.

Nah, terlepas dari itu semua, seledri ini termasuk jenis sayuran yang bisa dibudidayakan di mana saja. Baik itu di dataran tinggi maupun rendah. Jika memang seperti itu, lalu bagaimana cara menanam seledri di polybag?

Teknik Menanam Seledri di Polybag

Terdapat dua cara menanam seledri di polybag yang bisa Anda pilih. Cara pertama adalah dengan memperbanyak dari biji atau generatif. Sementara itu cara yang kedua adalah dengan memperbanyak dari anakan atau vegetatif.

cara menanam seledri di polybag
Benih seledri. Benih seledri berbentuk biji kecil. Anda juga bisa mendapatkannya secara online.

Lalu sebaiknya memilih cara yang mana? Untuk urusan memilih ini sebaiknya lihat tujuan Anda menanam seledri. Jika Anda ingin menanam seledri dalam jumlah besar, maka bisa memilih cara generatif.

Sementara itu jika tujuan menanam seledri hanya dalam skala kecil, misalnya menanam seledri di polybag, lebih mudah jika memilih perbanyak dari anakan atau vegetatif. Nah, sekarang pilih yang menurut Anda paling mudah.

Cara Pembibitan Seledri di Polybag

Terkait dengan cara pembibitan seledri ini, kembali lagi dengan teknik menanam seledri di atas tadi. Nah, untuk Anda yang memilih pembibitan vegetatif, pastikan Anda sudah memiliki tanaman seledri terlebih dahulu. Setelah itu Anda tinggal mengambil anakan seledri lalu tanam kembali di polybag.

Misalnya banyak yang belum memiliki tanaman seledri sebelumnya. Artinya dalam hal ini Anda memang benar-benar baru memulainya. Nah, untuk Anda yang berada di posisi seperti ini, maka pilihannya adalah melakukan pembibitan generatif dengan langkah-langkah seperti ini:

  1. Pertama-tama siapkan biji tanaman seledri. Setelah itu rendam dengan air hangat (suhu 50 hingga 60 derajat celcius) kira-kira 60 menit.
  2. Siapkan polybag. Setelah itu isi dengan campuran tanah dan pupuk kompos yang sebelumnya sudah diayak. Untuk perbandingannya adalah 2:1. Jaga agar polybag tidak terkena air hujan secara langsung dan cahaya matahari. Caranya Anda bisa membuat naungan di atasnya dengan plastik bening.
  3. Taburkan biji seledri ke dalam polybag. Setelah itu timbun tipis-tipis. Jangan lupa siram agar kelembapannya tetap terjaga.
cara menanam seledri di polybag

Jangan lupa untuk rutin menyiraminya. Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Saat menyiraminya jangan sampai terlalu basah. Umumnya bibit seledri ini sudah bisa dipindah ke polybag lain setelah 30 hari. Atau jika bibit sudah tumbuh 3 hingga 4 helai daun.

cara menanam seledri di polybag
Tempat saya menanam seledri ini sebenarnya kurang mendukung. Karena berlokasi di dataran rendah. Setelah sembilan hari dari menyemai, baru seperti itu benih seledri yang tumbuh.
Baru pada hari ke 12 HSS, semua benih sudah merata mulai berkecambah.

Cara mempercepat pertumbuhan bibit seledri pun sangat mudah. Anda tinggal menyemprotkan pupuk daun yang ditambah pupuk NPK sebanyak 10 gr/liter. Siramkan pada hari ke 20 sampai dengan 25.

Cara Menanam Seledri di Polybag

Setelah bibit seledri dirasa siap dipindahkan, maka cara menanam seledri di polybag sudah bisa Anda mulai. Namun sebelum memindahkannya, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan.

  1. Pertama-tama siapkan polybag terlebih dahulu. Dalam hal ini Anda bisa memilih polybag berukuran 40 x 50 cm. Setelah itu isi dengan media tanam. Media tanam sendiri berupa campuran dari tanah, arang sekam, dan kompos. Untuk perbandingannya adalah 1:1:1. Setelah Anda mencampurnya secara merata, ayak terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke polybag.
  2. Siramkan sedikit air pada polybag yang digunakan untuk pembibitan seledri. Setelah itu cabut bibit seledri. Buat lubang sedalam 3 cm pada media tanam. Masukkan bibit tadi lalu timbun kembali.

Jadi sebenarnya sesimpel itulah cara menanam seledri di polybag. Namun permasalahannya kemudian adalah merawatnya sampai seledri siap untuk dipanen. Tidak hanya itu saja, Anda pun harus merawatnya agar tumbuh subur. Sehingga hasil panennya pun akan melimpah.

Cara Merawat Seledri agar Tumbuh Subur

Agar tumbuh subur serta hasil panennya pun melimpah, butuh perawatan khusus setelah seledri ditanam. Pada dasarnya seledri termasuk jenis tumbuhan yang cukup rapun. Namun dari segi perawatannya sebetulnya tidak merepotkan. Berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan dalam merawat seledri.

  1. Penyiraman

Mula-mulanya, menyiram tanaman seledri dilakukan setiap pagi dan sore hari. Lakukan ini sampai setidaknya seledri berumur satu minggu. Setelah itu, kurangi durasi penyiraman seledri. Dalam hal ini seledri cukup dilakukan 2 sampai dengan 3 kali per minggu saja.

cara menanam seledri di polybag
Ini adalah seledri di polybag yang sudah berumur sekitar satu bulan. Harus mendapatkan sinar matahari tapi ada peneduhnya. Kalau tanpa peneduh, di dataran rendah seledri bisa mengalami tip burn.
Ini seledri yang sudah berusia sekitar 3 bulanan. Beberapa kali sudah di panen, karena tidak terdokumentasi dengan baik ya, fotonya seadanya.

Penting untuk Anda catat jika seledri ini merupakan jenis tanaman yang tidak butuh terlalu sering disiram. Sebab pada dasarnya media tanam seledri yang ada di polybag sudah cukup becek atau lembap.

  • Pemupukan

Agar subur dan hasil panennya melimpah, pemupukan adalah hal yang harus Anda lakukan. Nah, untuk Anda yang memilih mempraktikkan cara menanam seledri di polybag secara organik, penggunaan pupuk organik cair adalah pilihan terbaiknya.

Pupuk organik cair seperti ini bisa banyak sekali tersedia di toko-toko pertanian. Namun sebenarnya Anda pun bisa membuat pupuk organik sendiri. Caranya adalah siapkan 10 ml pupuk cair. Campur dengan menggunakan 1 liter air. Setelah itu siramkan secara merata ke seluruh tanaman seledri Anda.

  • Penanganan Hama

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah penanganan hama. Meskipun pada dasarnya budidaya seledri di polybag jarang sekali terserang oleh hama maupun penyakit. Namun jika memang permasalahan seperti ini terjadi, maka gunakan pestisida organik untuk membasminya.

Waktu Panen Budidaya Seledri

Pada umumnya seledri ini siap dipanen setelah berumur 60 sampai dengan 70 hari. Ini dihitung setelah Anda menanam seledri di polybag. Seledri juga bisa dipanen ketika tingginya sudah 20 sampai dengan 30 cm.

Kemudian direkomendasikan untuk memanen seledri pada pagi atau sore hari. Untuk pagi hari usahakan memanennya pada jam 7 sampai dengan 9 pagi. Sedangkan jika dipanen saat sore hari maka panen pada jam 4 hingga 6 sore.

Jika tujuan panen seledri adalah untuk Anda konsumsi sendiri, sebaiknya panen dilakukan dengan cara memotong bagian batang seledri. Kemudian sisakan bagian bonggolnya. Tujuannya untuk merangsang pembentukan tunas baru. Dengan demikian Anda tidak perlu untuk melakukan penanaman ulang lagi.

Sementara itu jika tujuannya adalah untuk dijual ke pasar, cara panennya sebaiknya langsung cabut saja dari polybag. Bersihkan bagian akarnya lalu buang daun yang terlihat rusak. Jadi seperti inilah tahapan cara menanam seledri di polybag yang mudah diikuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.