Breaking News
cara mengawinkan bunga krokot

Cara Mengawinkan Bunga Krokot untuk Menghasilkan Varian Warna Baru

Siapa bilang cara mengawinkan bunga krokot sulit dilakukan. Padahal sebaliknya, mengawinkan bunga krokot sangatlah mudah. Bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Bunga krokot ini termasuk jenis bunga yang bisa dengan mudah ditanam. Tanaman hias yang satu ini pun mudah ditemukan di mana saja. Bunga yang memiliki nama lain Moss Rose ini dikenal sebagai bunga yang menggambarkan suatu keindahan ini terlihat seperti mawar yang baru tumbuh.

Bunga krokot ini dikenal memiliki warna bunga yang sangat beragam. Nah, untuk menghasilkan varian warna baru, Anda bisa dengan cara mengawinkannya. Bagaimana caranya? Tenang saja, cara mengawinkan bunga krokot ini sangatlah gampang.

Jenis-Jenis Bunga Krokot

Sebelum mengulas cara mengawinkan bunga krokot, penting sekali untuk tahu jenis-jenisnya terlebih dahulu. Ini akan mempermudah Anda saat ingin menghasilkan varian baru dari bunga krokot.

  1. Bunga Krokot Tiger Crown/Moss Rose

Bunga krokot tiger crown ini merupakan jenis bunga Krokot yang merambat dan menjalar kalau digantung. Warna utama dari krokot jenis ini ada dua, merah dan kuning.

  • Krokot Tumpuk

Bunga Krokot tumpuk ini bentuknya mirip bunga mawar tapi versi kecil. Varian warna krokot tumbuk ini cukup beragam.

  • Krokot Ungu

Krokot ungu adalah bunga krokot yang seluruh bunganya berwarna ungu. Jenis satu ini mirip dengan krokot bertumpuk. Tetapi bedanya jenis ini hanya ada dalam satu warna.

  • BungaKrokot Gelang/Sutra Bombay

Krokot gelang ini termasuk jenis krokot yang banyak dirawat. Popularitasnya di beberapa daerah bahkan lebih tinggi dibanding krokot bertumpuk.

  • Bunga Krokot Portulaca Hana Misteria

Jenis ini mirip dengan Krokot Curly, poin utama dari bunga ini ada di daunnya. Daunnya berwarna merah muda dengan paduan hijau dan putih.

  • KrokotSutra Bombay Bunga Tumpuk

Jenis ini mirip dengan krokot tumpuk. Tetapi bedanya tumpukan di bunga ini lebih tinggi dan juga tebal. Bunganya yang halus menjadikan varian ini sering disebut krokot sutra. Ada cukup banyak varian warna dari jenis ini. Ada yang warna tunggal dan ada juga yang warnanya kombinasi.

Cara Mengawinkan Tanaman Bunga Krokot

Untuk Anda yang ingin mengawinkan bunga krokot supaya bisa menghasilkan varian warna baru, berikut caranya:

  1. Pilih Dua Indukan Bunga Krokot Berwarna Asli untuk Dikawinkan

Variasi bunga krokot yang paling umum ditemukan di Indonesia adalah merah muda, kuning, persik, merah, oranye, ungu, lavender, magenta, dan fuschia. Untuk menghasilkan warna bunga baru yang lebih kontras dan variasi bintik maupun garis, caranya bisa dengan melakukan persilangan.

Caranya pun sangat sederhana, Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pilih dua tanaman bunga krokot yang ingin Anda kawinkan. Ingat, pilih yang bunganya sudah mekar sempurna.
  • Ambil gunting lalu potong kurang lebih masing-masing 10 cm, atau buat setidaknya satu simpul.
  • Kemudian buang daun dan bunganya.
  • Selanjutnya letakkan batang tersebut di dalam wadah berisi air selama Anda menyiapkan pot untuk menanam.
  • Siapkan Pot dengan Media Tanam

Cara mengawinkan bunga krokot berikutnya adalah menyiapkan pot yang sudah diisi dengan media tanam. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan pot berukuran kecil.
  • Selanjutnya gabungkan campuran pasir, tanah, dan lumut gambut yang lembab namun dikeringkan dengan baik lalu masukkan ke pot.

Ingat betul, tanaman bunga krokot ini tidak menyukai tanah yang terlalu basah.

  • Tanam Bunga Krokot di Dalam Pot

Setelah pot yang sudah Anda isi dengan media tanam sudah disiapkan, cara mengawinkan bunga krokot berikutnya adalah namanya di dalam pot. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tanam batang tanaman bunga krokot yang sudah Anda buat simpul tadi ke dalam pot.
  • Kemudian benamkan sampai sekitar 7 cm ke dalam tanah.
  • Terakhir, tutupi bagian atas pot dengan kantong plastik. Tindakan ini dimaksudkan untuk mengunci kelembaban.
  • Letakkan di Bawah Sinar Matahari

Jika cara mengawinkan bunga krokot sampai pada langkah ketiga, langkah selanjutnya adalah pindahkan pot ke area yang terkena cahaya matahari langsung. Kemudian jaga terus kelembaban tanahnya. Caranya bisa dengan menyirami sesekali.

Jika berhasil, maka tanaman bunga krokot yang sudah Anda kawinkan tadi akan tumbuh akar baru dalam waktu sekitar dua minggu.

Cara Merawat Bunga Krokot agar Cepat Mekar

Setelah tahu seperti apa cara mengawinkan bunga krokot, hal penting selanjutnya adalah tahu bagaimana cara merawatnya agar bunganya cepat mekar. Satu hal yang penting untuk diingat adalah bunga ini sangat suka dengan tanah yang kering dengan pencahayaan matahari yang banyak.

Artinya jika tanaman bunga krokot Anda bunganya sulit mekar, maka hal pertama yang harus diperiksa kembali adalah dua faktor yang disebutkan tadi. Ingat juga, menanam bunga krokot di pot dengan drainase sangat disarankan. Tujuannya agar air cepat turun. Sehingga tidak membuat tanah di dalam pot lembab.

Bahkan akan lebih baik lagi jika menggunakan pot terakota. Sebab pot ini lebih cepat menyerap kelembaban. Kemudian jika ingin tanaman bunga krokot bunganya cepat mekar, pastikan mendapat setidaknya 6-8 jam sinar matahari secara langsung setiap harinya.

Jadi seperti itulah cara merawat bunga krokot agar cepat mekar. Semoga ulasan tentang cara mengawinkan bunga krokot ini bisa memberi manfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.