Breaking News
cara merawat bunga pukul sembilan

Cara Merawat Bunga Pukul 9 agar Rajin Berbunga

Meskipun tampak mudah namun ternyata cara merawat bunga pukul 9 tidak semudah kelihatannya. Bunga pukul 9 atau yang lebih familier disebut bunga krokot ini memiliki nama latin portulaca grandiflora.

Sesuai dengan namanya, bunga ini memiliki kebiasaan mekar sekitar pukul sembilan pagi. Dulu bunga ini lebih sering tumbuh secara liar. Namun kini mulai banyak yang menanamnya di dalam pot sebagai hiasan rumah.

Selain menjadi tanaman hias yang kini banyak digandrungi, bunga pukul 9 atau bunga krokot ini ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Sebelum mengulas lebih jauh bagaimana cara merawat bunga pukul 9, tidak ada salahnya untuk tahu terlebih dahulu apa saja manfaat bunga krokot untuk kesehatan.

cara merawat bunga pupuk 9

Manfaat Bunga Pukul 9 untuk Kesehatan Tubuh

Bunga pukul 9 ini juga dikenal sebagai tanaman depuratif. Hal ini dikarenakan membantu mengeluarkan racun dan produk limbah dari tubuh. Bunga krokot memiliki kemampuan untuk memurnikan darah dan cairan tubuh lainnya yang bertindak menjadi keringat dan pembersih darah.

Penting untuk diketahui, seluruh bagian bunga pukul 9 ini memiliki khasiat obat. Sayangnya masih jarang yang mengetahuinya. Sehingga yang terjadi adalah masih jarang yang mengambil manfaat dari bunga krokot.

padahal bunga pukul 9 ini memiliki kemampuan menjadi obat beberapa penyakit berbahaya, misalnya saja seperti sirosis hati dengan asites, pembengkakan di faring hepatitis, dan nyeri.

Tidak sampai disitu saja, jus tanaman bunga krokot juga sering dimanfaatkan sebagai lotion dan dioleskan pada luka bakar gigitan ular, gigitan serangga dan eksim. Kemudian biji bunga pukul 9 ini pun bisa dikonsumsi. Baik dalam bentuk masih mentah maupun sudah dimasak.

Akar bunga krokot juga aman untuk dikonsumsi. Namun hanya dalam bentuk matang. Bahkan daun atau biji tanaman hias ini bisa dikeringkan dan diubah menjadi bubuk yang sering ditambahkan ke sup, sereal, adonan, dan lain sebagainya.

Orang Cina mempercayai jika bisa dimanfaatkan sebagai obat tumor. Sementara itu orang Thailand sering memanfaatkan tanaman bunga pukul 9 sebagai obat sakit tenggorokan dan ruam pada kulit.

Ternyata khasiat bunga krokot ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Sayangnya masih banyak yang belum menyadarinya. Sehingga tidak mengherankan jika belum terlalu dimanfaatkan. Seringnya hanya dijadikan sebagai hiasan rumah saja.

Cara Merawat Bunga Pukul 9 atau Krokot

Setelah tahu apa saja manfaat bunga krokot, kini saatnya tahu juga seperti apa cara merawat bunga pukul 9. Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda praktekkan:

  1. Siapkan Media Tanah Yang Subur

Dalam hal ini Anda bisa mencampurkan tanah dengan pupuk kandang atau kompos. Namun jika tidak tersedia, media tanam untuk bunga pukul 9 bisa dicampurkan dengan sekam. Hal ini dimaksudkan agar media tanam tidak keras.

  • Tanaman Batang Bunga Pukul 9 dengan Rapat

Cara merawat bunga pukul 9 berikutnya adalah saat Anda menanamnya, pastikan agar ukurannya sama dan pendek. Hal ini dimaksudkan agar ketika tumbuh ukurannya dapat seragam.

Tujuan dari tindakan di atas adalah pada saat bunga krokot berbunga kelak, bunganya akan banyak dan juga terlihat cantik. Meskipun terlihat sepele namun hal sederhana semacam ini harus Anda perhatikan betul.

  • Tempatkan Bunga Krokot di Tempat yang Terkena Sinar Matahari

Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan betul dari cara merawat bunga krokot adalah tempatkan di tempat yang terkena paparan sinar matahari. Penting untuk diketahui jika bunga pukul 9 ini termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh maksimal dengan paparan sinar matahari secara.

Ingat untuk memberikan pupuk NPK biru setiap dua minggu sekali. Hal ini dimaksudkan agar daun kelihatan hijau, batangnya besar, dan bunganya menjadi lebih lebar.

Selain itu, pupuk NPK biru ini juga akan merangsang pembungaan bunga pukul 9. Untuk pemberian pupuk dilakukan dengan cara dicairkan terlebih dahulu. Baru setelah itu Anda siramkan ke media tanam.

  • Semprotkan Insektisida jika Ada Hama

Cara merawat bunga pukul 9 berikutnya adalah dengan cara menyemprotkan insektisida. Tindakan ini harus dilakukan jika tanaman bunga krokot ada hamanya. Terutama pada bunganya.

  • Lakukan Penanaman Kembali

Jika tanaman bunga pukul 9 sudah terlihat tua, ada baiknya untuk dilakukan penanaman kembali. Tindakan ini dimaksudkan agar bunga krokot lebih subur dan bunganya lebih lebat.

  • Pangkas Tanaman secara Rutin

Cara merawat bunga pukul 9 yang terakhir adalah rajin memangkasnya. Tujuannya adalah untuk memunculkan cabang-cabang baru. Selain itu agar bunga krokot menjadi rimbun. Bahkan jika tidak dipangkas secara rutin, akan menyebabkan tidak berbunga kembali.

Itulah beberapa khasiat bunga krokot untuk kesehatan. Sampai di sini Anda pastinya sudah tahu bagaimana cara merawat bunga pukul 9 agar rajin berbunga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.