Inti Cara Merawat Kaktus Agar Cepat Besar

Mudah, Begini Cara Merawat Kaktus Agar Cepat Besar Dan Sehat!

cara merawat kaktus agar cepat besar

Merawat tanaman kaktus bukanlah hal yang sulit. Tetapi, pemeliharaannya tidak seharusnya dilakukan secara sembarangan. Lantas, bagaimana cara merawat kaktus agar cepat besar?

Perawatan terhadap tanaman sangat diperlukan. Pemeliharaannya harus dilakukan setiap hari. Tujuannya supaya tanaman tumbuh sehat dan cepat besar.

Pertumbuhannya yang cepat bakalan menguntungkan. Bunganya bisa muncul sehingga melengkapi keindahan dari tampilan kaktus.

Di samping itu, kaktus ini pun dapat memperbanyak anakan. Nantinya, Anda dapat menjualnya supaya memperoleh penghasilan tambahan.

Sebelum tujuan ini tercapai, lakukan perawatan terhadap tanaman kaktus dengan tepat. Di sini, ada beberapa poin penting dalam cara merawat kaktus agar cepat besar yang perlu diperhatikan. Berikut ini poin utamanya.

Gunakan Tanah yang Sesuai

cara merawat kaktus agar cepat besar

Media tanam terbaik untuk kaktus ialah tanah yang bisa cepat kering. Ini menyesuaikan dengan lingkungan asal tanaman.

Diketahui jika kaktus ini konon berasal dari area bergurun pasir. Artinya, tanah di mana kaktus tumbuh memiliki sifat kering.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda membiarkan medianya sangat kering. Karena kenyataannya, setiap tanaman membutuhkan air untuk mendukung pertumbuhannya.

Kuncinya, tetap jaga kebutuhan kaktus. Di samping itu, pastikan supaya medianya tidak terlalu basah.

Untuk mendukung kebutuhan tersebut, penggunaan tanah yang sifatnya poros sangatlah pas. Artinya, ada rongga yang memungkinkan air dapat merasuk ke tanah hingga terbuang dengan cepat.

Cara menyiasatinya ialah dengan memanfaatkan campuran tanah, serabut kelapa, pasir hingga batu apung. Pemanfaatannya dengan perbandingan 1:1, sama besarnya.

Sirami pada Waktu yang Tepat

cara merawat kaktus agar cepat besar

Poin selanjutnya ini berhubungan dengan penyiraman. Poin ini biasanya luput dari perhatian. Terutama bagi pecinta tanaman hias yang baru saja menanam dan merawat kaktus.

Ingat, kaktus memang sudah menyimpan cadangan air di dalam tubuhnya. Dan tanaman ini pun bisa hidup meskipun dalam kondisi kering.

Tetapi, bukan berarti jika tanaman ini tidak membutuhkan air sama sekali. Melainkan, tanaman kaktus juga perlu penyiraman yang teratur.

Waktunya saja yang perlu dicermati. Dan ini menjadi salah satu bagian dari cara merawat kaktus agar cepat besar dan tumbuh subur.

Kapan waktunya? Idealnya, penyiraman ini dilakukan ketika kondisi tanahnya memang diperkirakan akan kering.

Ini bisa dilihat dari penampakan pada permukaan medianya. Jika disentuh dan hasilnya kering, berikan penyiraman.

Normalnya, penyiramannya dilakukan setiap 3 hari sekali. Tetapi, ada catatan khusus dalam penyiramannya.

Supaya areanya sesuai yang dikehendaki tanaman, penyiramannya cukup dengan menuangkan air ke area tumbuh. Tepatnya pada area dekat pangkal tanaman hingga seluruh media tanam.

Sebaliknya, hindari menyiramnya dengan cara mengguyur tubuh atau daunnya. Cara ini dinilai kurang tepat. Bahkan, ini bisa memicu permasalahan yang dikhawatirkan dapat membuat tanaman sering terserang penyakit.

Penuhi Jatah Sinar Matahari

Kaktus merupakan tanaman yang hidup normal dengan pencahayaan yang baik. Kebutuhan sinar mataharinya cukup banyak. Meskipun kenyataannya kaktus yang dipelihara merupakan jenis tanaman indoor atau dalam ruangan.

Penyinaran ini juga memungkinkan media tanam tidak terlalu basah akibat dari penyiraman yang Anda lakukan. Setidaknya, Anda masih bisa mengeringkan area tanam yang sebelumnya tidak sengaja disirami terlalu banyak.

Lalu, berapa lama waktu penyinaran dari tanaman kaktus? Karena Anda memelihara kaktus hias, cukupkan sinar matahari selama 4-5 jam di tiap harinya.

Anda bisa meletakkan tanaman ke luar rumah. Ketika sudah mendapatkan jatah sinar, Anda bisa memindahkannya lagi ke dalam ruangan.

Pupuk dengan Cara yang Tepat

Cara merawat kaktus agar cepat besar ini pun tidak bisa lepas dari pemberian pupuk. Anda perlu mengupayakannya jika ingin mendapatkan hasil yang optimal.

Mengenai cara pemupukannya, ini memang sedikit berbeda dari kebanyakan tanaman. Anda cukup melakukannya dua kali dalam setahun.

Pupuk pertama diaplikasikan sewaktu proses penanaman. Pupuk kedua cukup ditambahkan setiap satu tahun sekali.

Adapun pengaplikasiannya, tabur pupuk di media tanam. Kemudian, sisakan pupuk dengan kadar tertentu di atas media dan tutup begitu saja. Bisa menggunakan pupuk NPK, sebagai pupuk anorganik ataupun menggunakan organik. Kalau mau, kasih vitamin b1 malah lebih bagus.

Cara ini ditempuh supaya pupuk dapat tersimpan dalam media dalam kurun waktu yang lama. Dengan begitu, tanaman kaktus dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkannya untuk mendukung pertumbuhannya dari waktu ke waktu.

Jaga Suhu Area Tanam

Poin terakhir yang bisa mendukung pembesaran tanaman kaktus ialah kesesuaian suhu di mana kaktus tumbuh. Ini pun penting untuk dipahami oleh seseorang yang menanam kaktus.

Suhu yang dikehendaki kaktus di kisaran 15-34 derajat Celsius. Dan tanaman ini tidak seharusnya diletakkan di ruangan yang dilengkapi pendingin.

Apabila cara tersebut diaplikasikan secara tepat, pertumbuhan kaktus akan sesuai harapan. Kaktus dapat tumbuh subur dan besar.

Itulah kurang lebih informasi mengenai cara merawat kaktus agar cepat besar. Pahami metodenya dan praktikkan. Hasilnya, Anda akan melihat kaktus yang baru saja ditanam tumbuh optimal.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.