7 Asuransi Mobil All Risk

Kenal Lebih Dekat Tentang Asuransi Mobil All Risk Dan Keuntungannya

Sudahkah Anda beli asuransi untuk mobil kesayangan Anda? Jika kita memiliki mobil, maka penting untuk punya yang namanya asuransi mobil. Nah, asuransi all risk bisa jadi pilihan terbaik.

Memiliki mobil berarti Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Termasuk berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi di jalan raya dan langkah untuk memeliharanya. Di sinilah pentingnya asuransi untuk melindungi mobil dari berbagai risiko.

Jika tidak ingat harganya, mungkin kita bisa santai saja memakai mobil tanpa repot mengasuransikannya. Tetapi kenyataannya, mobil murah sekalipun dapat seketika membuat napas kita sesak kalau rusak atau hilang.

Asuransi bisa menjadi upaya perlindungan jangka panjang Anda terhadap mobil. Lebih utamanya dengan asuransi all risk. Anda dapat jadi lebih tenang saat berkendara sehari-hari menggunakan mobil pribadi Anda.

Asuransi all risk akan memberikan keringanan biaya jika terjadi hal tidak terduga pada mobil. Hal yang seperti apa saja itu? Sesuai namanya, all risk dapat menanggung hampir semua jenis risiko.

Itulah mengapa asuransi all risk dianggap lebih menguntungkan. Terlebih di Indonesia, kemungkinan terjadi risiko di jalan raya masih cukup tinggi. Sehingga asuransi mobil menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh pemilik mobil.

Apa Itu Asuransi Mobil All Risk?

Asuransi secara definisi, merupakan pertanggungan atau perjanjian antara dua pihak. Di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran alias premi. Sedangkan pihak lainnya memiliki kewajiban memberi perlindungan kepada pembayar iuran.

Yang dimaksud pihak satu ialah pemegang polis. Sementara pihak lain ialah perusahaan asuransi. Untuk asuransi mobil sendiri, jaminan perlindungan ditujukan untuk mobil. Di mana manfaat perlindungannya tergantung dari jenis asuransi yang dipilih.

Di Indonesia, jenis asuransi mobil yang paling umum ditemui ada dua yaitu asuransi all risk dan total loss only (TLO). Yang mana di antara keduanya, asuransi all risk menjadi yang paling banyak dipilih.

Asuransi mobil all risk adalah produk asuransi yang akan melindungi mobil dari semua kemungkinan risiko. Mulai dari kecelakaan, bencana alam hingga kehilangan. Asuransi ini dapat menanggung segala jenis kerusakan mobil.

Bahkan untuk kerusakan kecil sekalipun juga bisa diklaim. Seperti baret, lecet atau penyok. Apalagi yang tergolong berat seperti tabrakan, hilang akibat pencurian atau apapun itu. Kecuali jika memang ada pengecualian yang disepakati.

Sementara asuransi TLO hanya menanggung mobil dengan kerusakan di atas 75%. Di mana hal itulah yang menjadi pusat pembeda antara dua asuransi ini. Asuransi all risk memberi proteksi secara penuh, biasa disebut juga asuransi mobil komprehensif.

Apa Saja yang Ditanggung Asuransi All Risk?

Perlu Anda tahu, premi asuransi mobil all risk tergolong cukup tinggi. Bahkan bila Anda bandingkan dengan TLO, perbedaannya sangat kentara. Asuransi TLO memiliki premi yang jauh lebih rendah.

Namun hal tersebut harusnya tak jadi masalah. Karena besar premi yang ditetapkan itu sebanding dengan berbagai manfaat perlindungan yang diberikan. Lantas apa saja yang dapat ditanggung oleh asuransi mobil all risk? Berikut di antaranya:

  1. Mobil yang mengalami kecelakaan, tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dan terperosok.
  2. Mobil yang mengalami kerusakan karena perbuatan orang lain.
  3. Mobil yang hilang karena dicuri. Baik pencurian yang disertai dengan tindakan kekerasan maupun tidak.
  4. Mobil yang rusak karena kebakaran dan tersambar petir.
  5. Mobil dengan segala sebab dan risiko selama penyeberangan laut menggunakan kapal feri.
  6. Mobil mengalami kerusakan roda akibat kecelakaan.
  7. Biaya layanan derek serta pengangkutan ke bengkel mobil terdekat.

Yang Tidak Ditanggung Asuransi All Risk

Cakupan perlindungan yang ditawarkan asuransi all risk memang luas. Di mana hampir semua jenis risiko dapat ditanggung. Tetapi bukan berarti asuransi ini akan menjamin perlindungan terhadap seluruh risiko. Ada juga sejumlah pengecualian.

Ya, terdapat beberapa kondisi umum yang membuat pihak asuransi tidak akan memberi pertanggungan pada mobil. Tepatnya menolak membayarkan klaim yang coba diajukan. Asuransi mobil all risk tidak akan menanggung bila:

  1. Mobil rusak karena digunakan untuk perlombaan atau latihan mengemudi.
  2. Mobil digunakan untuk membawa atau mengangkut beban berlebih. Termasuk hewan atau barang yang tidak sesuai dengan fungsi mobil.
  3. Mobil mengalami kerusakan karena digunakan menarik atau mendorong benda lain.
  4. Mobil yang digunakan untuk kejahatan. Baik oleh pemegang polis maupun oleh keluarganya.
  5. Mobil hilang akibat kejadian di luar nalar. Contoh seperti penipuan dengan modus hipnotis.
  6. Mobil hilang dicuri oleh anggota keluarga sendiri. Termasuk saudara dan orang yang tinggal serumah.
  7. Mobil hilang karena pemilik menyerahkan atau menitipkan mobil pada orang tak dikenal secara sadar. Contoh seperti ketika parkir vallet.

Keuntungan Memilih Asuransi Mobil All Risk

Secara umum, asuransi merupakan pembayaran ganti rugi oleh pihak asuransi kepada pemegang polis. Sehingga kerugian finansial akibat suatu risiko dapat dihindari. Bisa dibilang, asuransi adalah jaminan perlindungan untuk keuangan Anda ke depannya.

Sementara asuransi mobil artinya asuransi yang diberikan terhadap mobil. Jadi apabila mobil butuh perbaikan, maka pihak asuransi yang akan membayar biayanya. Nah, dari 2 jenis asuransi mobil yang ada, asuransi all risk adalah yang paling menguntungkan.

Kenapa? Pasalnya dibanding TLO, memilih asuransi mobil all risk dapat memberi lebih banyak keuntungan. Apa saja itu?

  1. Mobil Mendapat Perlindungan Secara Total

Asuransi mobil pada dasarnya untuk memberikan perlindungan terhadap mobil. Tapi sudah disebutkan sebelumnya, asuransi TLO hanya untuk kasus kerusakan berat saja. Berbeda dengan asuransi all risk.

Asuransi all risk dapat melindungi mobil secara total. Dengan memilih asuransi ini, Anda tidak perlu lagi cemas akan segala macam kerusakan mobil. Kerusakan level ringan, berat maupun kehilangan dapat ditanggung. Semua biaya perbaikan apa pun akan dicover oleh pihak asuransi.

  1. Cakupan Manfaat Lebih Luas

Dilihat dari hal ini, asuransi all risk sangat berbeda dari asuransi yang lain. All risk memiliki cakupan manfaat yang lebih luas. Sangat berbanding dengan TLO yang hanya mencakup manfaat kerusakan dan kehilangan total.

Selain itu, asuransi mobil all risk juga menawarkan pilihan perluasan jaminan. Di mana asuransi ini juga bisa melindungi mobil dari sejumlah risiko khusus. Misal seperti bencana alam banjir, gempa bumi hingga huru-hara kerusuhan.

Tidak cuma itu, ada pula tanggung jawab pihak ketiga bila penyebab kecelakaan mengakibatkan pengendara lain terluka.

  1. Membuat Lebih Tenang dan Memberikan Rasa Aman

Karena asuransi all risk menanggung segala jenis risiko maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan apa pun. Sekalipun hanya baret kecil, Anda bisa melakukan klaim. Jadi tak perlu pusing saat ada hal buruk terjadi pada mobil.

Cukup dengan memiliki asuransi mobil all risk, Anda bisa tenang berkendara. Bila butuh perbaikan, Anda juga tidak usah memikirkan biaya. Sebab semuanya sudah tercover dengan asuransi. Hidup jadi lebih tenang dan aman.

Rekomendasi Asuransi Mobil All Risk di Indonesia

Mendaftar asuransi memang sangat mudah, cukup modal duit. Tetapi masalahnya, tidak semua perusahaan atau jasa asuransi itu baik. Asal-asalan saat memilih asuransi justru malah bisa berbalik merugikan. Anda tentu tidak mau itu terjadi kan?

Maka dari itu, pastikan pilih asuransi all risk yang terbaik. Adapun berikut ini adalah rekomendasi beberapa asuransi mobil all risk yang bisa Anda pilih:

  1. Asuransi Jasaraharja Putera

Nama asuransi ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. JP-Astor atau Jasa Raharja Putera merupakan asuransi dari perusahaan BUMN. Asuransi ini diakui merupakan salah satu asuransi mobil terbaik dengan premi murah.

Selain memiliki layanan all risk, JP-Astor juga melayani TLO. Dengan keunggulan memiliki rekanan bengkel luas dan puluhan kantor cabang di seluruh Indonesia. Untuk pengajuan klaim juga bisa dilakukan secara online.

  1. Asuransi Sinarmas

Manfaat perlindungan yang diberikan asuransi mobil Sinarmas tidak perlu lagi diragukan. Asuransi ini memungkinkan nasabahnya mengajukan klaim langsung ke bengkel rekanan.

Selain itu, terdapat juga jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Serta manfaat pertanggungan lain seperti menanggung risiko tabrakan di jalan hingga biaya derek sebesar 0,5%.

  1. Asuransi Allianz

Mobilku Grand adalah produk asuransi mobil all risk dari perusahaan Allianz. Asuransi ini menawarkan manfaat perlindungan terlengkap anti ribet. Dengan bantuan darurat selama 24 jam penuh.

Anda bisa menikmati manfaat seperti perlindungan banjir dan ongkos taksi bila mobil mogok. Kemudian jika terjadi pencurian mobil oleh sopir pribadi, asuransi ini juga akan memberikan ganti rugi.

  1. Asuransi ACA

Rekomendasi lainnya, ada asuransi all risk ACA yang bisa jadi pilihan. Asuransi ini menawarkan layanan khusus berupa mobil pengganti. Ada pula road side assistance yang akan membantu langsung di lokasi mobil mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati layanan tambahan lain. Seperti derek, ambulans, service center dan service warranty. Menariknya lagi, ACA juga punya paket khusus bernama asuransi mobil all risk Otomate Syariah.

  1. Asuransi Garda Oto

Tak mau ketinggalan, Astra juga menghadirkan asuransi all risk bernama Garda Oto. Produk asuransi ini memberikan banyak fitur tambahan disamping manfaat all risk utama. Di antaranya yaitu home survey dan pickup delivery service. Juga jaminan suku cadang asli, bantuan mobil derek dan kecelakaan 24 jam.

  1. Asuransi MAG

MAG juga menghadirkan produk asuransi all risk bernama Magna Mobil. Manfaat yang diberikan asuransi ini meliputi proteksi dari kerusakan dan kehilangan.

Bahkan yang menarik, asuransi Magna juga mencakup nilai kendaraan berikut perlengkapannya. Termasuk AC, audio sistem dan lainnya. Jadi benar-benar bisa dibilang total pertanggungannya.

  1. Asuransi Adira

Terakhir, ada produk asuransi all risk yang bagus dari Adira. Namanya Autocilin Auto Insurance. Asuransi mobil Autocilin menawarkan beragam kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya proses klaim mudah dan biaya premi terjangkau.

Selain menanggung kerusakan dan kehilangan mobil, asuransi all risk ini juga menawarkan perlindungan lebih. Seperti perlindungan TPL dan kecelakaan diri. Terdapat juga fasilitas pick up delivery hingga emergency roadside assistance.

Memilih asuransi all risk sebagai perlindungan untuk mobil memang lebih disarankan. Karena pertanggungan yang ditawarkan dapat memberikan proteksi secara penuh. Tapi ingat, memilih asuransi ini berarti Anda akan dihadapkan premi cukup tinggi. Karena itu, Anda harus baik-baik mempertimbangkan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.