Pilih Jenis Asuransi Mobil Yang Tepat Agar Tak Rugi Bandar

Pemilihan jenis asuransi mobil yang pas sangat penting bagi semua pemilik kendaraan roda empat. Sekarang ini, mobil ibarat kaki. Hampir semua masyarakat kelas menengah ke atas sudah menggunakan mobil sebagai moda transportasi utama.

Mobil bak sepatu yang melengkapi langkah penggunanya. Tak heran, jika banyak pemilik mobil rela merogoh kocek lebih dalam untuk memenuhi kebutuhan perawatan mobil. Tentu saja agar performanya tetap prima meskipun diajak kerja keras bagai kuda.

Sayangnya masih banyak yang awam tentang asuransi mobil. Padahal nilai penting dari  asuransi tak jauh beda dengan nilai merawat mobil itu sendiri lho. Hanya saja, Biaya perawatan mobil bisa serta merta dilihat dan dirasakan saat itu juga. Berbeda dengan asuransi yang akan terasa manfaatnya saat dibutuhkan.

Persepsi Masyarakat Tentang Asuransi Mobil

“Ah, untuk apa asuransi? Yang penting kan mobilnya dirawat”. Berapa banyak pemilik mobil yang memiliki pemikiran seperti itu?

Tanpa disadari, sebetulnya dana yang di alokasikan untuk membayar premi asuransi bisa dianggap sebagai dana darurat. Jika dihitung secara kasar, tentu dana yang dikeluarkan untuk premi asuransi bisa jauh lebih murah jika dibandingkan dengan resiko kerugian yang harus dibayar tanpa asuransi.

Salah satu alasan pemilik kendaraan ogah membeli asuransi adalah karena takut rugi. Banyak yang masih memiliki stigma negatif tentang asuransi mobil.

Premi yang harus dibayar setiap tahun terasa sia-sia jika tak dipergunakan. Padahal semakin tinggi daya guna kendaraan yang dimiliki, tentu diiringi dengan tingginya resiko kerusakan dan kecelakaan.

Terlebih bagi yang tinggal di kota besar. Mereka lebih akrab dengan kepadatan lalu lintas. Dan juga yang berdomisili di daerah rawan kriminal. Kemungkinan pencurian dan perampasan akan lebih tinggi, bukan?

Untuk menghapus stigma negatif tersebut, baiknya kenali terlebih dulu beberapa jenis asuransi mobil berikut ini. Akan banyak sekali informasi tentang manfaat dan kegunaan asuransi kendaraan khususnya mobil. Sekaligus akan digambarkan beberapa resiko yang umum terjadi pada pemilik kendaraan.

Alasan Membeli Asuransi Mobil

Dengan berbagai pilihan jenis asuransi mobil di atas, kira-kira produk asuransi mana yang paling cocok untuk Anda? Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Asuransi adalah salah satu bentuk mitigasi. Karena kecelakaan seolah tak bertuan. Bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan tak mengenal waktu dan tempat. Mobil yang sedang Anda parkir pun bisa jadi korban kecelakaan atau pencurian. Untuk itu diperlukan asuransi sebagai perlindungan.

Dengan memiliki asuransi, Anda juga akan terhindar dari pengeluaran besar akibat kerusakan mobil. Dana yang harus dibayarkan setiap tahun bisa dianggap sebagai dana darurat yang akan dipakai di waktu tertentu. Sehingga saat tiba waktunya, Anda tak perlu pusing lagi. Karena sudah memegang polis asuransi. Asalkan jenis asuransi mobil yang Anda pilih dapat mencakup keluhan Anda.

Alasan apalagi yang membuat Anda harus punya asuransi mobil?

Harga mobil yang sudah digunakan setiap tahun akan semakin menurun. Jika nilai jual menurun karena penggunaan, tentu saja bisa dianggap hal yang wajar. Namun yang membuat miris adalah ketika nilai jual mobil menurun karena kerusakan yang parah. Mobil juga tak memiliki nilai jual lagi apabila rusak berat akibat kecelakaan yang hebat.

Dengan asuransi mobil, hal semacam ini bisa dihindari. Pemegang polis asuransi mobil bisa melakukan klaim untuk kerusakan yang dialami mobil. Mobil yang sudah diperbaiki bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi. Bahkan, pihak asuransi bisa mengganti dengan mobil yang baru, jika sekiranya kerusakan mobil akibat kecelakaan tak bisa diatasi.

Begitu juga jika terjadi pencurian. Siapa yang bisa menjamin mobil Anda bebas dari pencurian atau perampasan?

Dengan memiliki asuransi mobil, Anda bisa sedikit lebih tenang. Karena jika kejadian buruk itu menimpa Anda, maka Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang asuransi terdekat. Dengan membawa beberapa bukti, maka Anda bisa langsung melakukan klaim asuransi untuk menggantikan mobil yang hilang.

Pertimbangan Dalam Membeli Asuransi Mobil

Memiliki banyak pertimbangan sebelum membeli asuransi bukanlah hal yang salah. Bahkan setiap calon nasabah wajib menggali informasi sebanyak mungkin tentang asuransi yang dibutuhkan.

Pastikan Anda membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi Anda. Karena asuransi adalah satu bentuk lain dari tabungan dana darurat yang bersifat jangka panjang. Jangan sampai niat awal untung menabung, malah menjadi buntung hanya karena tergiur promo atau salah memilih agen asuransi. Lalu bagaimana caranya memilih agen asuransi yang tepat?

Seperti jamur di musim hujan. Saat ini ada banyak sekali agen asuransi yang bisa ditemui. Namun, pastikan agen yang Anda pilih adalah agen resmi dari perusahaan asuransi  yang sudah terdaftar di OJK. Hal ini sangat penting. Karena menyangkut keuangan Anda.

Kemudian, pastikan produk yang Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan mudah tergiur promo yang bersifat sementara. Karena pada dasarnya asuransi adalah sifatnya jangka panjang.

Kemudian pastikan Anda mendapatkan informasi yang lengkap. Baik tentang premi, fasilitas dan apa saja yang termasuk ke dalam tanggungan asuransi dari produk yang Anda pilih.

Selain itu, Anda juga harus menanyakan tentang resiko, kewajiban dan cara klaim asuransi yang benar. Agar kelak Anda tak menemui kendala yang berarti ketika harus melakukan klaim Asuransi.

Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Ada beberapa jenis asuransi mobil yang biasanya digunakan oleh pemilik kendaraan di tanah air. Setiap jenis memiliki kelebihannya sendiri. Di antaranya sebagai berikut.

  1. All Risk Asuransi

Asuransi All Risk merupakan salah satu jenis asuransi yang sudah banyak dikenal oleh pemilik kendaraan roda empat. Perlindungan yang ditawarkan memang sangat menarik. Tak hanya untuk kecelakaan berat saja. Namun All Risk juga dapat menerima klaim dari nasabah yang mengalami kecelakaan kecil.

Premi yang harus dibayarkan pada jenis asuransi mobil All Risk terbilang cukup lumayan. Untuk menghitung secara umum, Anda bisa mengambil sekitar 2% dari harga mobil pribadi Anda. Premi ini harus dibayarkan setiap tahun.

Namun, dengan memilih asuransi jenis ini, Anda sudah tak perlu pusing lagi. Ketika mobil Anda mengalami kecelakaan kecil atau berat, Anda sudah bisa melakukan klaim. Tanpa ada nilai kerugian minimal.

Tak hanya itu, asuransi all risk juga mencakup kasus kehilangan mobil. Jadi mobil Anda yang hilang karena dicuri atau dibobol perampok, bisa langsung Anda klaim.

Bahkan jika Anda mengalami kecelakaan di jalan, Anda bisa langsung menghubungi pihak asuransi. Dalam waktu singkat, pihak asuransi akan mengirimkan mobil derek untuk membawa mobil Anda yang rusak ke bengkel yang sudah bekerja sama dengan pihak asuransi tersebut.

Rasanya premi tahunan yang harus dibayar sebanding dengan segala fasilitas yang ditawarkan. Apalagi jika menyangkut keamanan dan kenyamanan.

  1. Total Lost Asuransi (TLO) Asuransi

Jenis asuransi mobil TLO juga termasuk salah satu jenis asuransi yang cukup umum. Bahkan lebih banyak diminati oleh pemilik mobil karena memiliki tagihan premi tahunan yang sangat miring. Hanya saja, Asuransi TLO tak menerima klaim akibat kerusakan kecil pada mobil.

Asuransi Total Lost Only merupakan jenis asuransi yang mencakup kerusakan berat pada mobil. Kerusakan berat yang dimaksud adalah ketika mobil mengalami kerusakan dengan nilai 75% dari harga jual mobil sebelum mengalami kerusakan. Jika mobil hanya mengalami kerusakan dengan nilai di bawah itu, tentu saja klaim asuransi akan langsung ditolak.

Selain mencakup kerusakan besar, asuransi jenis ini juga bisa memberikan ganti rugi pada kasus kehilangan mobil. Mobil yang dicuri atau dirampas bisa diganti dengan mobil baru yang sejenis. Tentu saja setelah melalui beberapa prosedur. Salah satunya adalah dengan memberikan bukti. Seperti bukti CCTV dari tempat kejadian.

  1. Collisian Coverage

Jenis asuransi mobil ini termasuk eksklusif. Peminatnya rata-rata adalah penggila mobil antik, mobil mewah atau mobil yang memiliki harga selangit. Bukan hanya harga premi yang ditawarkan sangat mahal. Namun, nilai pertanggungan yang akan dibayarkan pun cukup fantastis.

Ya, bagi yang belum tahu, Collisian Coverage adalah salah satu jenis asuransi yang akan memberikan ganti rugi pada kerusakan mobil saat mengalami kecelakaan. Kecelakaan yang terjadi adalah akibat dari pengemudi mobil itu sendiri. Seluruh kerusakan akan diganti total. Bahkan pihak asuransi tak segan untuk mengganti dengan mobil baru.

Seperti yang diketahui budget yang harus dikeluarkan untuk kerusakan mobil mewah pasti sangat tinggi.  Kerusakan parah akibat kecelakaan yang terjadi pada mobil sport, mobil antik atau mobil mewah nilainya bisa jauh lebih besar dari harga mobil itu sendiri.

Nah, Bagi Anda yang memiliki mobil dengan jenis tersebut di atas, tak salah jika memilih Collisian Coverage sebagai salah satu bentuk perlindungan.

  1. Liability Insurance

Jenis asuransi mobil Liability Insurance memberikan perlindungan jauh lebih luas jika dibandingkan dengan jenis asuransi yang lain. Bagaimana tidak, dengan memilih jenis asuransi ini, bukan hanya kendaraan Anda saja yang terlindungi. Namun juga pengendara mobil.

Liability Insurance bisa digunakan untuk klaim kerusakan mobil, keperluan medis pengemudi dan orang yang terlibat dalam kecelakaan. Sehingga pengemudi dan penumpang yang berada dalam satu mobil akan mendapatkan jaminan layanan kesehatan sesuai kebutuhan. Baik cedera maupun yang mengakibatkan kematian. Semua akan masuk ke dalam klaim asuransi.

Bahkan jika terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain, kendaraan tersebut juga bisa masuk ke dalam daftar klaim pemegang polis asuransi Liability Insurance. Klaim asuransi untuk pihak ke tiga ini dibutuhkan form khusus yang berisi tentang kesepakatan bersama.

Namun demikian, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ditolaknya klaim asuransi. Yang pertama adalah jika pengemudi mobil saat kecelakaan belum memiliki Surat Ijin Mengemudi. Atau masih di bawah umur.

Yang kedua adalah jika kecelakaan terjadi karena pelanggaran lalu lintas. Selebihnya akan ditinjau melalui survey yang dilakukan oleh pihak asuransi.

  1. Personal Injury Protection

Jenis asuransi mobil ini belum banyak dikenal di Indonesia. Personal Injury Protection memang sudah banyak dipakai di negara berkembang, seperti Amerika dan Eropa. Sedangkan di Asia, baru beberapa negara saja yang menggunakannya. Sebut saja Korea dan Jepang.

Dalam Personal Injury Protection, perlindungan penuh diberikan kepada kendaraan, pengendara dan penumpang. Asuransi jenis ini juga akan memberikan kompensasi tambahan saat terjadi kecelakaan.

Berbagai jenis asuransi mobil beserta cara memilih produk asuransi yang tepat sudah dibahas. Jadi, kira-kira produk asuransi mana yang pas untuk Anda?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.