Harga Asuransi Mobil Toyota Mahal? Bisa Disesuaikan Dengan Budget Kok!

Bagi pemilik kendaraan roda empat, Asuransi mobil toyota wajib  masuk ke dalam salah satu list kebutuhan pokok. Mengapa demikian? Karena dengan memiliki asuransi, maka berbagai resiko kerugian dapat dikurangi.

Namun, sebelum membeli asuransi, baiknya kenali dulu beberapa hal yang memiliki kaitan erat dengan asuransi tersebut. Karena ada banyak sekali rumor terkait baik buruknya produk asuransi.

Stigma tentang asuransi pada masyarakat Indonesia saat ini memang belum begitu baik. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pemilik kendaraan pribadi yang belum memiliki asuransi. Padahal asuransi adalah perlindungan.

Bagi pemegang polis asuransi, Anda harusnya memiliki perasaan lebih aman dibandingkan dengan yang belum memegang polis asuransi. Sayangnya, masih banyak sekali masyarakat yang berpikir negatif tentang keberadaan asuransi kendaraan.

Buruknya pendapat masyarakat tentang produk asuransi disebabkan oleh berbagai hal. Yang paling banyak terjadi adalah adanya korban dari agen asuransi bodong. Untuk mencegah hal itu terjadi, baiknya lakukan pembelian asuransi di kantor cabang asuransi resmi.

Asuransi Mobil Tak Mencakup Semua Kerugian Yang Dialami Nasabah

Pada prinsipnya, teliti sebelum membeli adalah hal yang paling penting. Tentu banyak sekali kabar yang menyatakan bahwa tak semua kerugian nasabah akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Pernyataan itu tentu saja tak sepenuhnya salah. Karena memang ada jenis asuransi yang hanya akan menanggung sebagian kerugian saja. Atau ada kategori kerugian khusus yang bisa masuk ke dalam klaim asuransi. Lalu, apa yang harus diperhatikan agar semua kerugian bisa ditanggung oleh pihak asuransi?

Ada dua jenis asuransi kendaraan roda empat yang umum ditawarkan oleh pihak asuransi. Yang pertama dikenal dengan TLO atau Total Lost Only.

Kategori asuransi ini umumnya hanya dapat menanggung kerugian yang dialami oleh nasabah ketika kerusakan kendaraan mencapai 75% dari harga jual mobil sebelum mengalami kerusakan. Dengan kata lain, jenis asuransi ini hanya akan mengganti biaya perbaikan mobil yang dalam kondisi parah.

Mobil yang rusak berat akibat kecelakaan bisa masuk ke dalam kategori asuransi TLO. Namun jika mobil mengalami kecelakaan dengan kerusakan ringan, seperti baret atau nilai yang tak mencapai 75% dari harga mobil, maka pihak asuransi tidak akan memberikan ganti rugi.

Tak hanya kerusakan saja. Asuransi  TLO atau Total Lost Only juga akan menanggung kehilangan mobil. Bagi nasabah yang mengalami pencurian mobil bisa melakukan klaim. Jadi pada intinya, Asuransi TLO hanya akan menanggung kerugian besar yang dialami oleh nasabah atau pemilik mobil.

Kategori asuransi berikutnya adalah Asuransi Mobil Toyota All Risk. Pada asuransi jenis ini nasabah akan mendapatkan perlindungan penuh. Baik kerugian yang besar maupun yang kecil. Tak heran jika Asuransi All Risk memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi TLO.

Meskipun asuransi All Risk siap mengganti setiap kerusakan maupun kerugian yang dialami oleh nasabah, namun tetap ada hal yang tak bisa ditanggung sepenuhnya oleh pihak asuransi. Kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian pribadi merupakan salah satu penyebab dari tidak dikabulkannya klaim asuransi.

Jika hal itu terbukti, maka pemilik kendaraan akan diberikan kewajiban untuk membayar dengan jumlah tertentu. Namun pihak asuransi tetap akan menyelesaikan sisanya.

Harga Asuransi Mobil Mahal

Salah satu rumor terbanyak yang beredar di kalangan masyarakat adalah mahalnya harga asuransi mobil toyota. Padahal jika dihitung dengan jeli, harga asuransi yang ditawarkan tentu tak sebanding dengan tingkat keamanannya.

Tak heran jika masih banyak masyarakat yang enggan untuk membeli asuransi mobil. Padahal bagi pemilik kendaraan roda empat, asuransi adalah kebutuhan.

Biaya asuransi sangat beragam. Harga yang dipatok tentu saja disesuaikan dengan jenis dan harga mobil, daerah domisili dan jenis asuransi yang dipilih. Meskipun beragam, namun kita bisa menghitung biaya asuransi mobil secara umum.

Untuk asuransi TLO atau Total Lost Only biaya asuransi yang dikenakan sekitar 0,20%-0,78% dari harga mobil. Angka ini sesuai dengan jenis mobil dan wilayah domisili.

Mari ambil contoh sederhana, Anda memiliki mobil dengan harga Rp. 200.000.000,00. Maka untuk asuransi TLO atau Total Lost Only besaran premi yang harus dibayar adalah sekitar  Rp. 400.000 –  Rp. 1.560.000,00 setiap tahun.

Dengan besaran angka tersebut sudah dapat melindungi Anda dari kerugian akibat pencurian dan kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan berat pada mobil.

Harga Asuransi Mobil Toyota All Risk tentu saja berbeda dengan TLO. Karena All Risk melindungi seluruh kemungkinan kerusakan yang dialami oleh mobil para nasabah. Baik itu kerusakan kecil, berat hingga kehilangan mobil akibat pencurian. Tak heran jika premi yang harus ditanggung nasabah juga terbilang cukup tinggi.

Untuk menghitung harga asuransi All Risk tak jauh berbeda. Yaitu sekitar 2,08 %-2,29% dari harga mobil.

Misalnya jika harga mobil Anda adalah Rp. 200.000.000,00. Maka premi asuransi All Risk yang harus dibayarkan setiap tahunnya adalah sekitar Rp. 4.160.000,00 – Rp. 4.580.000,00. Meskipun terbilang mahal, namun asuransi All Risk sangat bermanfaat.

Jenis ini sangat berguna bagi Anda yang tinggal di kota besar.  Kerusakan kecil akibat goresan saat jalanan macet, perusakan akibat pencurian interior mobil hingga pencurian mobil itu sendiri bisa ditanggung.

Harga premi asuransi TLO dan All Risk memang terpaut cukup jauh. Bagi Anda yang ingin membeli asuransi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing.

Sulitnya Klaim Asuransi Mobil

Masalah lain yang seringkali muncul terkait asuransi kendaraan adalah klaim asuransi yang sulit cair. Nah, sebelum melakukan klaim asuransi, pastikan dulu, apakah asuransi yang Anda miliki dapat mencakup kerugian yang sedang alami.

‘Sudah Jatuh, tertimpa tangga’. Pepatah ini seringkali muncul ketika nasabah asuransi mengalami kesulitan saat ingin melakukan klaim. Merasa sudah membayarkan kewajibannya secara rutin. Namun saat dibutuhkan, malah tak bisa diandalkan. Pernah kan demikian?

Ada hal yang perlu dipahami. Bahwa tak semua kerugian nasabah bisa masuk ke dalam klaim asuransi. Salah satu hal yang membuat klaim asuransi tak bisa diteruskan adalah kerusakan akibat kelalaian pribadi.

Namun demikian, biasanya pihak asuransi akan memberikan solusi. Tak semua biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Nasabah hanya perlu membayar sebagian saja. Dan sisanya akan diselesaikan oleh pihak asuransi.

Berbeda lagi jika Nasabah Asuransi TLO mengajukan klaim kerusakan ringan kendaraan mereka. Hal ini tentu akan ditolak. Karena asuransi TLO hanya akan menanggung kerusakan berat yang mencapai 75% dari nilai jual mobil sebelum mengalami kerusakan.

Jadi, sebetulnya tak sulit untuk melakukan klaim asuransi. Asalkan semua prosedur dan tata caranya sudah sesuai. Namun, jika klaim yang dilakukan tidak sesuai dengan prosedur dan tidak disertai dengan bukti yang lengkap, tentu saja klaim asuransi akan ditolak.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Nasabah bisa melakukan komunikasi dengan agen asuransi resmi terkait. Dengan begitu Nasabah akan dibantu untuk menyelesaikan dan mendapatkan petunjuk. Tentang berkas apa saja yang masih perlu dilengkapi. Dan langkah apa yang masih harus dilakukan agar klaim asuransi bisa segera diproses.

Prosedur Klaim Asuransi Yang Rumit

Stigma buruk lain tentang asuransi adalah Klaim yang tak diproses. Banyak nasabah yang mengeluh tentang rumitnya prosedur klaim asuransi. Sebetulnya, prosedur itu pastinya sudah dijelaskan sejak awal. Dan jika mengalami kesulitan, tentu bisa mencari informasi di kantor cabang asuransi terdekat.

Untuk klaim asuransi mobil Toyota, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan. Seperti polis asuransi yang asli dan fotocopy. Kemudian, siapkan juga  fotocopy SIM dan STNK mobil yang mengalami kerusakan atau kehilangan.

Anda juga membutuhkan Surat keterangan dari kepolisian yang disertai dengan bukti-bukti. Seperti foto kendaraan yang rusak, kronologi yang terjadi secara tertulis dan formulir klaim asuransi yang sudah diisi secara lengkap.

Setelah semua persyaratan dirasa sudah lengkap, jangan tunda untuk segera mendatangi kantor asuransi terdekat. Usahakan laporan ini dilakukan dalam waktu 1×24 jam. Semakin cepat laporan dibuat, maka klaim asuransi Anda juga akan segera diproses.

Saat melaporkan kejadian, usahakan untuk memberikan keterangan secara jelas dan masuk akal. Karena nantinya pihak asuransi akan melakukan survey untuk melihat secara langsung.

Setelah survey dilakukan dan pihak asuransi merasa layak untuk menerima klaim, maka tuntutan Anda akan segera diproses. Lalu, bagaimana jika kerusakan yang terjadi akibat ulah orang ke tiga?

Nah, kasus ini juga banyak terjadi. Mobil mengalami kecelakaan saat dipinjam oleh teman atau saudara. Untuk kasus ini, maka dibutuhkan surat pernyataan tertulis bahwa yang bersangkutan tak memiliki asuransi.

Rugi Menjadi Nasabah Asuransi Mobil

Masih banyak yang berpikir memiliki asuransi kendaraan bukan hal yang penting. Bahkan ada juga yang berpikir membayar sejumlah uang untuk asuransi adalah sebuah kerugian. Padahal asuransi adalah suatu bentuk pencegahan terhadap kerugian yang lebih besar.

Mengeluarkan uang dengan nilai jutaan setiap tahun memang bukan nilai yang kecil. Tapi jika dibandingkan tingkat keamanan yang ditawarkan, tentu saja ini menjadi hal lai yang perlu dipertimbangkan.

Terlebih bagi Anda yang kehidupan sehari-harinya tak bisa lepas dari kendaraan pribadi. Setiap hari harus mengendarai mobil. Pulang dan pergi melewati jalanan yang ramai. Tentu saja Anda sedang mendatangi banyak resiko. Baik kecelakaan ringan bahkan yang berat sekalipun. Tak ada yang ini celaka, itu pasti. Namun mengantisipasi kerugian karena kecelakaan adalah hal lain.

Untuk meminimalisir pengeluaran dalam hal asuransi, Anda bisa melakukan perbandingan. Saat ini sudah banyak sekali jasa asuransi mobil Toyota yang memberikan harga bersaing. Setiap harga yang ditawarkan tentu sudah komplit dengan fasilitas yang akan Anda peroleh. Sisanya tinggal sesuaikan dengan ekonomi masing-masing.

Memang benar, mengeluarkan uang sedikit lebih besar dari budget bulanan kita bukan hal yang mudah. Apalagi jika masih ada deretan daftar kebutuhan rutin yang harus dibayar.

Namun, ada satu hal yang perlu dipahami. Seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan. Asuransi tentu bisa mencegah kerugian yang lebih besar.

Asuransi mobil Toyota bisa jadi pertimbangan bagi yang ingin membeli perlindungan untuk mobil kesayangan. Dengan harga yang dapat disesuaikan dengan budget. Tentu semua bisa diperhitungkan dengan lebih matang. Yang penting, semua aman dan semua nyaman, kan?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.