5 Asuransi Mobil Terbaik 2022 yang Perlu Di Bandingkan

Kenal Lebih Dekat Kriteria Asuransi Mobil Terbaik dan Tips Memilihnya

Memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi memang lebih nyaman. Kita tidak perlu naik transportasi umum jika mau pergi kemana pun. Betulkan? Nah, apakah Anda juga punya mobil sendiri? Sebagai perlindungan, sudahkah Anda mengasuransikannya?

Mobil merupakan aset yang memiliki nilai cukup tinggi. Jadi sudah sewajarnya pemilik mobil berusaha merawat dan melindungi sebaik mungkin. Salah satunya yaitu dengan mempertimbangkan beli asuransi kendaraan untuk mobil.

Pengertian umum dari asuransi sendiri dapat diartikan sebagai ganti rugi finansial oleh pihak perusahaan kepada nasabah asuransi. Sebagai bentuk jaminan perlindungan dari berbagai macam risiko tidak terduga di masa mendatang.

Dalam hal ini, asuransi mobil berarti asuransi yang diberikan terhadap mobil. Jadi misal ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil seperti kecelakaan, kerusakan atau kehilangan, maka pihak asuransi dapat memberikan perlindungan.

Di Indonesia, asuransi mobil juga telah ada banyak ditawarkan. Anda bisa membelinya dengan mudah kapan pun sesuai keinginan. Namun untuk mendapat yang terbaik, sebaiknya perhatikan juga kriteria dan tipsnya sebelum membeli asuransi.

Ragam Jenis Asuransi Mobil

Sebelum melangkah lebih jauh untuk beli asuransi mobil terbaik. Tahukah Anda kalau asuransi mobil menawarkan beberapa jenis?

Ya, asuransi mobil juga punya beberapa jenis pilihan. Di mana dari setiap jenis asuransi itu dapat diberikan perlindungan dengan manfaat asuransi masing-masing. Maka dari itu, pastikan Anda pahami dulu jenis-jenisnya sebelum membeli.

Adapun di Indonesia, ada dua jenis asuransi mobil yang paling umum ditawarkan. Yaitu asuransi TLO (total loss only) dan asuransi all risk. Selain itu, ada juga jenis gabungan yang bisa Anda temukan. Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan berikut ini:

  1. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Total Loss Only merupakan jenis asuransi mobil yang hanya dapat diajukan jika kendaraan mengalami kerusakan di atas 75 %. Atau apabila terjadi kehilangan total seperti karena pencurian atau perampasan mobil.

Sederhananya, asuransi mobil TLO hanya bisa diklaim jika kerusakan membuat mobil tidak bisa digunakan lagi. Sementara jika kerusakan masih di bawah 75 % maka jasa asuransi tidak akan menanggungnya.

  1. Asuransi Mobil All Risk

Sesuai namanya, All Risk menanggung semua risiko. Artinya, jenis asuransi mobil ini akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan mobil. Mulai dari yang tingkat kerusakannya ringan, berat hingga kehilangan.

Tidak heran jika premi asuransi all risk cenderung lebih tinggi dari TLO. Karena kerusakan berupa baret kecil sekalipun juga akan ditanggung.

Selain itu, asuransi mobil all risk juga memberikan beberapa perluasan jaminan. Seperti kasus banjir, huru-hara, gempa bumi dan perlindungan lainnya.

  1. Asuransi Mobil Gabungan

Selain TLO dan all risk, ada juga asuransi mobil gabungan. Jenis asuransi satu ini biasanya berlaku saat Anda pertama membeli cicilan mobil. Di mana Anda akan mendapat pertanggungan all risk selama tahun pertama pembelian. Kemudian sisanya berupa pertanggungan TLO.

Kriteria Asuransi Mobil yang Bagus

Semua orang pasti ingin memastikan mobilnya mendapat perlindungan terbaik. Karena itu, asuransi dipilih untuk memberi manfaat proteksi. Akan tetapi, tidak semua produk asuransi mobil bagus loh. Beberapa justru ada yang merugikan.

Lantas, yang bagaimana asuransi mobil terbaik itu? Anda bisa temukan produk asuransi mobil yang bagus dengan melihat beberapa kriterianya berikut ini:

  1. Terdaftar dan Diawasi OJK

Produk asuransi dari perusahaan yang telah terdaftar di OJK sudah pasti aman. Hal itu karena OJK akan mengawasi seluruh kegiatan dan praktek asuransinya. Sementara jasa asuransi yang tidak terdaftar belum tentu tepercaya. Oleh karena itu, selalu cek dulu apakah jasa asuransi sudah terdaftar atau belum.

  1. Proses Klaim Mudah

Kriteria berikutnya, asuransi memiliki proses klaim yang mudah. Asuransi yang memberi manfaat terbaik tidak akan mempersulit pengajuan klaim. Sebaliknya, klaim akan diproses dengan cepat sesuai aturan.

Berbeda dengan asuransi yang proses klaimnya sulit. Anda tidak akan mendapat pertanggungan secara maksimal. Bahkan bukan tidak mungkin klaim akan bolak-balik ditolak.

  1. Premi dan Manfaat Proteksi Sepadan

Nilai premi yang ditetapkan masing-masing perusahaan memang berbeda-beda. Sudah sepatutnya asuransi mobil terbaik memiliki premi sesuai manfaat yang diberikan. Asuransi yang preminya tinggi sementara manfaat yang diberikan nol, jelas bukan pilihan bagus.

  1. Pelayanan Maksimal

Asuransi mobil yang bagus harus memiliki kriteria ini. Pelayanan yang diberikan terhadap nasabah cepat dan manfaat maksimal sesuai polis. Pelayanan ini bisa Anda nilai dari CS, proses klaim hingga transparansi dalam pertanggungan.

  1. Terkenal Memiliki Reputasi Baik

Ini merupakan ciri asuransi mobil terbaik yang paling mudah diketahui. Anda pastinya pernah mendengar kabar tentang asuransi A atau B. Atau asuransi yang populer karena reputasinya yang baik. Ingat, asuransi yang bagus sudah pasti dikenal baik di kalangan banyak orang.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik yang Tepat

Setelah tahu jenis dan kriterianya, sekarang saatnya Anda memilih asuransi mobil. Nah, sudah tahu mana yang ingin Anda beli? Atau justru masih bingung?

Ada begitu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produknya. Tidak heran jika kita seringkali dibuat kebingungan memilih. Apalagi jika ada yang menawarkan premi murah, jelas itu sangat menggiurkan.

Namun jika Anda ingin asuransi mobil terbaik, sebaiknya jangan mudah tergoda harga murah. Sebab itu sangat berisiko membuat Anda rugi nantinya. Lebih baik, perhatikan tips-tips berikut ini untuk memilih asuransi yang tepat untuk Anda:

  1. Ketahui Harga Premi yang Ditetapkan

Membeli asuransi berarti harus rutin menyisihkan sejumlah dana untuk premi. Itu sebabnya, penting mengetahui harga premi sebelum membeli. Jangan sampai besarannya melebihi kemampuan finansial Anda.

Coba lakukan perbandingan harga premi dari beberapa produk asuransi. Pilihlah yang sekiranya paling sesuai dengan kantong Anda. Namun tetap perhatikan juga manfaat asuransi yang akan diberikan.

  1. Pilih Jenis Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Setidaknya ada 2 jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih. Yaitu asuransi TLO dan asuransi all risk. Anda harus tahu asuransi mobil jenis apa yang Anda butuhkan.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih jenis asuransi mobil terbaik:

  • Berapa usia mobil? Jika sudah tua, lebih baik TLO. Tapi jika masih muda, sebaiknya all risk.
  • Seberapa ramai jalanan di tempat Anda? Jika ramai, pilih all risk.
  • Apakah kriminalitas di kota Anda parah? Jika iya, lebih baik pilih TLO.
  • Berapa dana yang dapat Anda siapkan untuk bayar premi? Jika terbatas, setidaknya lebih aman ada TLO.
  1. Bandingkan Produk Asuransi

Tips berikutnya, bandingkan produk asuransi mobil dari berbagai jasa penyedia. Layaknya membeli barang, Anda juga perlu menilai mana yang paling bagus dari banyak pilihan. Jangan hanya mencari dari satu perusahaan asuransi saja. Anda setidaknya harus cari 2-3 perusahaan yang menyediakan asuransi mobil untuk melakukan perbandingan.

  1. Pertimbangkan Asuransi dari Perusahaan yang Kredibel

Kredibilitas perusahaan asuransi juga perlu Anda pertimbangkan. Sebab produk asuransi mobil terbaik harus berasal dari perusahaan yang bagus. Maka dari itu, periksa dulu reputasi dan riwayat perusahaan asuransi yang akan Anda beli. Cari tahu lebih banyak lagi informasi yang akurat untuk mengukur kredibilitasnya.

  1. Perhatikan Bengkel Rekanannya

Paling tepat, pilih asuransi mobil yang memiliki jaringan bengkel rekanan luas. Terutama yang jarak bengkelnya tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Selain itu, pastikan juga bengkel memiliki kualitas dan terlesensi yang baik. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah saat melakukan perbaikan dan klaim.

  1. Pelajari dan Pahami Polis Asuransi

Di dalam polis tertulis kesepakatan asuransi yang harus dipatuhi pada periode tertentu. Karena itu, pastikan untuk mempelajarinya lebih dulu. Pahami dengan baik apa saja yang ada di dalam kontrak kerjasama tersebut.

Pasalnya setelah polis ditandatangani, maka itu akan berjalan mutlak sesuai yang tertera. Termasuk untuk pembayaran premi dan klaim asuransi.

Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Memilih asuransi mobil memang gampang-gampang susah. Apalagi bagi Anda yang baru pertama membeli. Maka dari itu, untuk membantu Anda menentukan pilihan, berikut ini beberapa asuransi mobil terbaik yang direkomendasikan:

  1. Asuransi Mobil ACA

Asuransi mobil ACA memiliki 2 pilihan polis, yaitu All Risk dan TLO. Sementara produk terbaiknya ada 3, yaitu Otomate ,Otomate Smart dan Otomate Solitare. Ketiganya memiliki harga premi dan manfaat yang berbeda sesuai polis.

Namun yang lebih menarik, asuransi mobil ini juga memberikan fasilitas mobil pengganti selama perbaikan di bengkel.

  1. Asuransi Mobil Sinarmas

Sinarmas menawarkan 2 pilihan produk asuransi mobil. Di antaranya, Asuransi Mobil Gabungan Sinarmas (all risk) dan Asuransi Mobil TLO Sinarmas.

Peserta asuransi ini akan mendapatkan manfaat polis seperti call center 24 jam. Serta menanggung kerusakan total hingga kehilangan. Keuntungan istimewa dari asuransi Sinarmas ini adalah gratis ongkos taksi selama mobil di bengkel.

  1. Asuransi Mobil Garda Oto

Salah satu asuransi kendaraan yang sudah cukup populer adalah Gardo Oto. Ini merupakan produk asuransi milik Astra Finansial. Dengan kelebihan utama ialah menawarkan sejumlah kemudahan bagi penggunanya. Seperti proses klaim yang mudah melalui berbagai channel dan layanan darurat 24 jam.

  1. Asuransi Mobil Allianz

Rekomendasi asuransi mobil terbaik selanjutnya adalah MobilKu dari Allianz. Manfaat asuransi ini meliputi asuransi mobil all risk dan TLO. Yakni berupa ganti rugi kerusakan hingga santunan meninggal dunia.

Asuransi mobil ini memiliki tiga paket asuransi yang bisa dipilih. Pertama yaitu Allianz MobilKu ECO yang memiliki harga terjangkau. Kedua, Allianz MobilKu Suka-suka yang manfaatnya bisa disesuaikan keinginan. Ketiga, Allianz MobilKu Grand yang memberikan paket perlindungan lengkap.

  1. Asuransi Mobil AXA Auto Insurance

AXA Auto Insurance memiliki produk asuransi mobil bernama Smartdrive. Yang memberikan perlindungan dan rasa aman saat berkendara. Di mana terdapat berbagai jenis manfaat yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Yang paling menguntungkan dari asuransi ini ialah waktu perbaikan mobil yang lebih singkat. Proses klaimnya juga cukup cepat dan ada layanan CS 24 jam.

Memiliki asuransi memang sangat penting sebagai jaminan proteksi terhadap mobil. Apalagi bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Karena itu, usahakan pilih asuransi mobil terbaik untuk perlindungan yang maksimal.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.