Breaking News

Cara Memperbanyak Bunga Keladi dan Mudah Dipraktekkan Sendiri di Rumah

Sebenarnya cara memperbanyak bunga keladi mudah dan gampang. Dengan catatan langkahnya harus tepat. Penasaran, maka baca ulasan ini sampai selesai. Maka Anda akan bisa mempraktekkannya sendiri di rumah.

Caladium atau keladi dikenal sebagai salah satu tanaman hias favorit yang banyak dicari orang akhir-akhir ini. Tahukah Anda jika bunga keladi ini ada lebih dari 1.000 varietas dengan warna dan juga corak yang berbeda-beda pula.

Bunga keladi umumnya memiliki bentuk daun menyerupai hati dan berwarna-warni. Bentuknya yang indah membuat bunga keladi sangat cocok jika dijadikan untuk dekorasi rumah. Cara merawat keladi biar indah.

Mengenal Bunga Keladi

cara memperbanyak bunga keladi

Sebelum mengulas lebih jauh tentang bagaimana cara memperbanyak bunga keladi, penting juga untuk mengenalnya terlebih dahulu. Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), berikut ciri-ciri bunga keladi ini:

  1. Tinggi bunga keladi mencapai 60 cm.
  2. Umbi bunga keladi membulat
  3. Bunga ini memiliki daun berukuran besar
  4. Bunga keladi memiliki pangkal berlekuk.
  5. Bunga ini memiliki tulang daun sangat mencolok, tepi daun rata, warna daun beragam mulai putih kehijauan dengan tulang daun berwarna hijau, hijau pada tepinya namun merah menyala di tengahnya, serta hijau pada tepinya dan merah muda dibayangi putih pada bagian tengahnya.

Bunga keladi dikenal bisa tumbuh dengan baik di tanah dengan tekstur lembab,  gembur, dan subur. Tanaman hias ini berasal dari Amerika tropis. Untuk saat ini bunga dengan daun cantik ini sudah tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, Indonesia salah satunya.

Cara Memperbanyak Bunga Keladi

Untuk Anda para pecinta bunga keladi, berikut ini cara memperbanyaknya yang mudah dipraktekkan sendiri di rumah:

  • Cacah umbi
cara memperbanyak bunga keladi

Caladium atau keladi bisa diperbanyak atau dikembangan dengan metode cacah umbi. Caranya pun terbilang sangat mudah. Dalam hal ini Anda tinggal pecahkan kemudian pisahkan umbi keladi menjadi beberapa bagian. Setelah itu tanam umbi tadi dengan cara seperti pada umumnya.

  • Rimpang

Cara memperbanyak bunga keladi berikutnya adalah dengan memanfaatkan rimpangnya. Caranya pun sama mudahnya dengan metode cacah umbi. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong bagian rimpang atau batangnya kira-kira 5 cm.

Perhatikan, saat memotong batangnya, pastikan calon akarnya terlihat. selanjutnya tanam rimpang bunga keladi di pot yang sebelumnya sudah Anda isi dengan tanah subur. Jangan lupa campur dengan pupuk.

  • Stek

Cara berikutnya yang bisa Anda pilih adalah dengan cara stek. Potong bagian batangnya kira-kira 10 cm. Selanjutnya tanam bagian batangnya di media lain yang sudah Anda siapkan.

  • Biji

Cara memperbanyak bunga keladi berikutnya adalah dengan memanfaatkan bijinya. Seperti yang diketahui, bunga ini memiliki biji setelah proses penyerbukan berakhir. Namun perlu diingat jika proses penyerbukan bunga keladi ini membutuhkan campur tangan makhluk lain, manusia misalnya.

Nah, setelah muncul biji bunga keladi, selanjutnya cuci bersih terlebih dahulu. Kemudian keringkan. Terakhir, semai atau sebar di media tanam yang sudah disiapkan.

Cara Memperbanyak Bunga Keladi di Pot Lain

Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah untuk memperbanyak bunga keladi di pot lain:

  • Keluarkan secara Keseluruhan Tanaman Keladi dari Pot
cara memperbanyak bunga keladi

Cara memperbanyak bunga keladi lainnya adalah dengan repotting. Berikut caranya:

  • Balikkan tanaman dari pot
    • Tekan pinggiran tanah agar bunga keladi mudah terlepas dari pot

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengeluarkan bunga keladi dari por dengan cara menggali tanahnya. Tetapi cara ini berpotensi melukai akar bunga keladi. Jika Anda memilih cara ini, sebaiknya berhati-hati.

  • Pisahkan Batangnya

Penting untuk diketahui jika batang bunga keladi umumnya tumbuh berkelompok. Kemudian setiap kelompok tumbuh secara terpisah. Memahami hal semacam ini bisa lebih mudah membuat Anda tahu di mana posisi tepat untuk membaginya.

Iris tanah yang ada di antara kelompok batang bunga keladi yang akan dipisahkan dengan menggunakan jari. Setelah itu tarik secara perlahan supaya batang bisa terpisah.

Pastikan juga setiap kelompok batang memiliki akarnya sendiri-sendiri. Ingat untuk tidak memotong batang miliki suatu kelompok. Sebab ini bisa membuat bunga keladi tidak akan bertahan sebab tidak memiliki akarnya sendiri.

  • Tempatkan Batang yang Sudah Terpisah di Pot Lain
cara memperbanyak bunga keladi

Cara memperbanyak bunga keladi selanjutnya adalah tempatkan kelompok batang yang baru Anda pisahkan tadi ke pot yang berbeda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan tanaman keladi lebih banyak.

  • Isi Pot dengan Tanah

Selanjutnya isi pot tadi dengan tanah. Ada baiknya Anda letakkan tongkat lalu ikat ke batangnya. Ini agar bisa membantu bunga keladi tetap berdiri tegak. Hal ini dikarenakan batang keladi ini cukup lunak dan sering membungkuk. Terlebih saat mencari sinar matahari.

  • Sirami Tanaman Baru

Ingat, bunga keladi ini mudah stres saat akarnya terganggu. Untuk mengurangi stres, caranya dengan memberinya nutrisi. Air adalah hal utama yang sangat dibutuhkan bunga keladi. Atau beri vitamin b1 untuk tanaman.

  • Tempatkan Umbi di Pot

Terkadang saat membersihkan tanah dan membagi batang Anda akan menemukan umbi bunga keladi. Kumpulkan umbu tersebut lalu isi dengan tanah lalu tempatkan umbi di pot baru.

Jangan kubur umbi bunga keladi secara penuh. Cukup tekan ke dalam tanah. Artinya setengah bagian umbi masih terlihat di permukaan.

Jadi seperti itulah beberapa cara memperbanyak bunga keladi sendiri di rumah yang mudah dipraktekkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.