Breaking News
cara menanam anggrek vanda

Cara Menanam Anggrek Vanda agar Subur dan Rajin Berbunga

Cara menanam Anggrek Vanda sebenarnya tidaklah sulit. Yang cukup sulit sebenarnya adalah bagaimana agar subur dan rajin berbunga. Itu adalah dua kesulitan yang sering dikeluarkan oleh para pecinta Anggrek Vanda.

Anggrek vanda dikenal sebagai salah satu jenis anggrek yang populer akan keindahan bunganya. Vanda sendiri sebenarnya berasal dari bahasa sansekerta yang berarti Indah atau cantik.

Anggrek Vanda

Namun tidak hanya itu saja yang menarik dari Anggrek Vanda ini. Selain bunganya yang cantik dan indah, juga memiliki keunikan akarnya yang menggantung tanpa media tanam. Pasalnya anggrek ini biasanya mendapat nutrisi dari udara, angin, dan juga air.

Apakah anggrek Vanda tahan cuaca panas?

Anggrek vanda lebih tahan terhadap panas. Anggrek vanda ini mampu dan baik jika mendapatkan sinar matahari dari pagi sampai sore. Tapi tetap, kelembapan di sekitarnya harus dipertahankan tetap tinggi.

Cara Menanam Anggrek Vanda

Untuk Anda yang tertarik ingin menanam Anggrek Vanda, berikut cara menanam Anggrek Vanda agar subur dan rajin berbunga:

  • Siapkan Media Tanam
cara menanam anggrek vanda
Media tanam anggrek vanda, pecahan pakis

Seperti biasanya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan media tanam terlebih dahulu. Penting untuk dicatat, Anggrek Vanda ini paling cocok ditanam dalam pot hias.

Siapkan segera pot hias dengan ukuran sesuai selera Anda. Selanjutnya beri pot tersebut tanah sebagai media tanamnya. Selain menggunakan tanah, Anda sebenarnya juga bisa menggunakan bahan lain, arang sabut kelapa, potongan pakis, atau pecahan batu misalnya.

  • Siapkan Tiang Penahan Batang
cara menanam anggrek vanda
cara menanam anggrek vanda
Anggrek vanda yang menggunakan penyangga tanaman

Langkah kedua dari cara menanam Anggrek Vanda adalah menyiapkan penahan batang. Hal ini dikarenakan batang Anggrek Vanda ini cenderung memanjang. Nantinya jika Anda tidak mengikat dan membiarkannya begitu saja, maka batangnya akan menjalar keluar tak beraturan.

Nah, agar supaya tanaman Anggrek Vanda Anda ingin terlihat indah, maka disarankan untuk menggunakan tiang penahan batang. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan kawat. Dengan demikian, batang tanaman hias ini pun bisa lebih rapi dan indah.

  • Penempatan Pot
cara menanam anggrek vanda
Penempatan anggrek vanda yang tepat, supaya mendekati habitat aslinya. Penempatan yang baik seperti itu menentukan kelembapan udara di sekitar anggrek vanda.

Tempatkan pot Anggrek Vanda ditempat yang sudah Anda siapkan. Tetapi satu hal yang harus dicatat adalah anggrek ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup supaya pertumbuhannya bisa maksimal.

Pilihlah tempat yang sekiranya bisa mendapatkan akses cahaya matahari yang cukup. Kemudian, Anggrek Vanda ini juga butuh sirkulasi udara yang teratur. Artinya tempatkan pot di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik.

Itulah  cara menanam Anggrek Vanda yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Agar tumbuh subur dan rajin berbunga, penting juga untuk tahu cara merawat tanaman hias satu ini. Bagaimana tipsnya?

Tips Merawat Anggrek Vanda

Setelah tahu bagaimana cara menanam Anggrek Vanda, penting untuk diketahui juga bagaimana cara merawatnya. Dengan demikian anggrek bisa tumbuh subur dan juga rajin berbunga.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips merawat Anggrek Vanda yang bisa Anda aplikasikan:

  • Kebutuhan Sinar Matahari
cara menanam anggrek vanda
sinar matahari pagi sangat penting untuk anggrek vanda

Penting untuk diketahui jika jenis anggrek ini membutuhkan sinar matahari sebanyak 70-80% dengan temperatur 18-35 derajat Celcius. Sebab jika kurang sinar matahari, tanaman hias ini akan susah untuk berbunga.

  • Panyiraman

Tanaman hias ini bisa Anda siram sehari dua kali. Utamanya saat musim kemarau. Penyiraman Anggrek Vanda bisa Anda lakukan saat pagi dan sore hari. Siram semua bagiannya, kecuali bunga atau knop.

Jika dijumpai tanaman anggrek Vanda daunnya keriput, ini menandakan jika mengalami dehidrasi. Selain daunnya keriput, dehidrasi juga bisa ditandai dengan akar baru yang tidak muncul.

Jika Anggrek Vanda Anda mengalami hal seperti itu, maka segera masukkan bagian akarnya ke dalam baskom atau wadah lain yang diisi air. Lakukan ini sampai daunnya kembali segar.

Selain itu, untuk mengatasinya Anda juga bisa melakukan infus water. Caranya isi air ke dalam plastik lalu masukkan akarnya ke dalamnya dan ikat. Cara lain yang bisa Anda coba juga adalah dengan meletakkan Anggrek Vanda di atas kolam.

  • Sirkulasi Udara
cara menanam anggrek vanda

Cara menanam Anggrek Vanda agar tumbuh subur dan rajin berbunga berikutnya adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara. Ingat, tanaman hias ini butuh sekali sinar matahari yang maksimal. Namun tidak hanya itu saja, Anggrek Vanda juga butuh hembusan angin yang cukup.

Dengan kata lain, pertumbuhannya akan semakin maksimal jika mendapatkan sirkulasi udara yang maksimal. Artinya jangan letakkan Anggrek Vanda di dalam ruangan.

  • Pemupukan

Sama halnya seperti jenis anggrek pada umumnya, agar pertumbuhan Anggrek Vanda cepat dan subur, butuh yang namanya pemupukan. Namun satu hal yang harus dicatat adalah penggunaan pupuk harus disesuaikan dengan usianya.

Gunakan pupuk dengan kadar nitrogen yang tinggi untuk pupuk pertumbuhan. Sementara itu gunakan pupuk dengan kadar fosfor yang tinggi untuk pupuk pembungaan.

Pupuk gandasil B adalah pupuk khusus untuk pembungaan, sangat bagus digunakan untuk anggrek.
Vitamin b1 di atas sangat bermanfaat untuk menyehatkan tanaman hias. Bisa dipakai juga buat aglonema.

Untuk pengaplikasian pupuk sendiri, minimal satu kali dan maksimal dua kali dalam seminggu. Ingat lakukan tindakan pemupukan Anggrek Vanda ini secara teratur. Kemudian waktu terbaik untuk pemupukannya adalah di pagi hari sebelum jam 8 atau saat sore hari setelah jam 4. Semprot kebagian daun anggrek.

  • Pencegahan Hama

Cara menanam Anggrek Vanda agar subur dan rajin berbunga yang terakhir adalah pencegahan hama. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan fungisida dan juga insektisida.

Pada saat musim hujan, biasanya serangan banyak disebabkan jamur. Tindakan yang bisa dilakukan adalah semprotkan fungisida merek apapun keseluruh bagian tanaman kecuali bunganya.

Jamur yang sering menyerang anggrek vanda adalah jamur fusarium, penyabab layu fusarium.

Saat musim penghujan Anda bisa semprotkan fungisida 1-2 kali dalam seminggu. Namun saat musim kemarau sebaiknya lakukan 1 kali saja dalam sebulan.

Sementara itu untuk mengatasi Anggrek Vanda dari serangan ulat, kutu bunga, kutu daun, kumbang pemakan bunga, hingga belalang, langsung saja Anda semprotkan insektisida 1 kali dalam sebulan di musim penghujan.

Pada saat musim kemarau, seringnya akan ada banyak jenis hama yang harus diatasi dengan penggunaan insektisida. Disarankan untuk tingkatkan penggunaan insektisida sebanyak 2 kali dalam sebulan.

Itulah cara merawat Anggrek Vanda yang bisa Anda contoh. Semoga ulasan terkait dengan cara menanam Anggrek Vanda agar subur dan rajin berbunga ini bisa memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.