Breaking News
cara menanam bunga calathea

Cara Menanam Bunga Calathea agar Tumbuh Subur dan Sehat

Cara menanam bunga calathea sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Namun yang sulit adalah bagaimana cara membuat bunga calathea tumbuh subur dan sehat. Tetapi sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan. tips perawatan khusus calathea.

Bunga calathea menjadi salah satu jenis bunga yang populer beberapa tahun ini. Daun bunga calathea yang memiliki corak dan warna menarik, mampu memikat banyak pecinta tanaman hias di Tanah Air.

Bunga calathea ini dikenal tidak membutuhkan banyak cahaya matahari. Maka dari itu, bunga calathea ini sangat cocok jika ditempatkan sebagai dekorasi di dalam ruangan. Tertarik untuk menamanya, berikut cara menanam bunga calathea.

cara menanam bunga calathea

Cara Menanam Bunga Calathea

Cara atau langkah menanam bunga calathea pada dasarnya sangat mudah dan tidak ribet. Bahkan untuk para pemula sekalipun tidak akan merasa kesulitan. Untuk Anda yang tertarik ingin mencobanya, berikut ini langkah-langkah saat ingin menanam bunga calathea:

cara menanam bunga calathea
  1. Siapkan bibit calathea, bisa ambil anak daun yang sehat dan pisahkan dengan akarnya.
  2. Siapkan juga media tanamnya. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan akar pakis, daun bambu yang busuk, pupuk kandang, ataupun sekam. Siapkan juga pot ukuran sedang atau besar.
  3. Selanjutnya masukkan media tanam yang sudah Anda siapkan tadi pada pot. Jangan lupa untuk membuat lubang tanamannya sedalam kira-kira 5-10 cm. Pastikan ukuran potnya besar.
  4. Masukkan bibit bunga calathea ke dalam lubang tanah yang sudah Anda buat tadi. Kemudian dipadatkan media tanam yang ada di sekitar bibit. Tujuannya agar bibit bunga calathea tidak mudah roboh. Hal ini dikarenakan akar bunga masih belum cukup kuat untuk menahan batang berdiri tegak.
  5. Setelah bunga calathea ditanam di pot, jangan lupa untuk memberikan air agar media tanam tetap lembab.
  6. Terakhir, letakkan pot di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan habitat bunga calathea ini hidup di pedalaman hutan lembab. Dalam hal ini Anda bisa meletakkannya di teras ataupun di dalam rumah.

Cara Merawat Bunga Calathea

Setelah tahu bagaimana cara menanam bunga calathea, penting juga untuk diketahui bagaimana cara merawatnya. Dengan demikian, bunga calathea Anda akan tumbuh subur dan juga sehat.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan bunga calathea, berikut ini cara merawat bunga calathea yang penting untuk Anda ketahui:

  • Pencahayaan

Bunga calathea ini sangat cocok ditempatkan di bagian rumah dengan pencahayaan yang rendah. Penting untuk dicatat, bunga calathea ini tidak bisa tumbuh dengan baik di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Jika ini tetap Anda lakukan, maka daun bunga calathea akan memutih.

Tempatkan bunga calathea pada bagian ruangan yang memiliki pencahayaan redup. Dengan demikian tidak akan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Biasanya, semakin gelap daunnya, Calathea Ornata misalnya, maka semakin rendah pula kebutuhan cahayanya.

  • Kelembaban

Hal penting berikutnya yang harus diketahui setelah tahu cara menanam bunga calathea adalah soal kelembaban. Maksudnya bagaimana? Ternyata bunga ini sangat menyukai lingkungan yang lembab.

Meskipun demikian, ada cukup banyak varietas bunga calathea yang dapat adaptif dengan tingkat kelembapan yang lebih rendah. Namun idealnya bunga ini menyukai tingkat kelembaban 50 persen atau lebih.

Sementara itu, beberapa jenis bunga calathea yang lebih sensitif membutuhkan tingkat kelembaban yang lebih tinggi, yaitu sekitar 60 persen.

Sebagai solusinya, Anda bisa meningkatkan tingkat kelembaban udara di ruangan dengan cara menggunakan humidifier. Selain itu juga bisa dengan meletakkan pot di atas nampan yang berisi kerikil dan air.

Kenapa demikian, kerikil bisa mencegah pot terendam air. Penguapan air secara alami juga akan membantu menjaga kelembaban udara yang ada di sekitar tanaman. Bunga calathea juga sangat senang dikelompokkan bersama, yang bisa meningkatkan kelembaban secara keseluruhan.

  • Air

Hal penting berikutnya yang harus diketahui setelah tahu bagaimana cara menanam bunga calathea adalah kebutuhan air. Catat dan ingat betul jika semua jenis bunga calathea suka dengan air yang disaring atau di deklorinasi.

Dalam hal Anda bisa mengisi semprotan penyiram lalu biarkan semalaman. Tujuannya adalah untuk menghilangkan klorin. Sementara itu jika ada bahan kimia lain dalam air keran, maka coba Anda gunakan air yang sudah disaring atau disuling.

  • Media Tanam

Hal penting berikutnya yang harus diketahui setelah tahu bagaimana cara menanam bunga calathea adalah terkait dengan media tanam. Catat dan ingat betul, bunga ini memang sangat suka dengan tanah yang lembab. Tetapi bukan berarti tanah yang basah.

Maka dari itu, coba campurkan 50% pot tanah, 20% kulit anggrek, 20% arang, dan 10% perlit. Hal penting lain yang harus Anda catata adalah bunga calathea ini tidak suka dengan tanah yang kering.

Maka dari itu, setiap beberapa hari sekali, coba tempelkan satu jari Anda ke tanah untuk melihat apakah medianya terasa kering atau masih lembab. Jika sudah kering, sirami dengan banyak air. Tetapi jangan sampai tergenang.

  • Pot plastik atau terakota

Pernahkah Anda mendengar jika bunga calathea tidak dapat tumbuh dengan baik di pot terakota? Padahal pot terakota ini sangat baik digunakan untuk bunga calathea. Hal ini dikarenakan pot jenis ini akan membantu akar bunga tetap lembab, namun tidak basah.

Pot terakota ini mampu menyerap kelembaban berlebih. Selain itu juga membuat tanah lembab secara optimal. Tetapi jika Anda tinggal di rumah dengan kondisi yang kering, pertimbangkan betul untuk tetap menggunakan pot plastik.

Pastikan betul pot memiliki lubang drainase. Pasalnya karena kelebihan air bisa menyebabkan akar bunga calathea busuk.

Bagaimana apakah sudah siap untuk menanam bunga calathea sendiri di rumah. Semoga ulasan mengenai cara menanam bunga calathea agar subur dan sehat ini bisa bermanfaat.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.