Cara Merawat Calathea Multicolor

Cara Merawat Calathea Multicolor Agar Tumbuh Subur Dan Tampil Sempurna

cara merawat calathea multicolor

Perlu disadari jika calathea memerlukan penanganan khusus supaya penampilannya lebih sempurna. Lantas, tahukah Anda bagaimana cara merawat calathea multicolor tersebut?

Calathea multicolor merupakan tanaman indoor. Sukanya dengan suasana yang gelap dan lembap.

Kalau ditempatkan di area yang banyak sinar, justru tanaman ini bisa bermasalah. Ini bisa membuat tanaman tidak tampil seperti yang diharapkan.

Bagi Anda yang memiliki calathea multicolor, silahkan cermati informasi mengenai cara merawat calathea multicolor yang dibagikan di sini. Berikut ini poin utama dalam memelihara calathea.

Kenapa calathea daunnya menguning?

Daun calathea yang menguning bisa jadi karena tanaman ini terlalu sering disiram jadinya terlalu banyak air. Calathea tidak suka kalau kebanyakan air, jadi coba kurangi atau hentikan penyiraman terlebih dahulu.

Media Tanam

cara merawat calathea multicolor

Salah satu kunci untuk mendukung pertumbuhan tanaman terletak pada media yang digunakan untuk menempatkannya. Medianya harus sesuai. Tujuannya supaya tanaman dapat tumbuh secara sempurna.

Perihal media tanam, calathea ini memerlukan media tanam yang ringan. Artinya, medianya bisa menyerap air serta mudah pula untuk mengalami penguapan.

Medianya tidak terlalu keras yang membuat akar tanaman sulit menyebar. Begitu pula, menyulitkan dalam menemukan zat makanan yang terdapat dalam tanah.

Idealnya, medianya terbuat dari campuran antara tanah, sekam mau pun cocopeat. Media campuran ini memungkinkan akar tanaman lebih leluasa untuk menjelajah atau pun menyebar.

Di samping itu, media ini pun lebih terjaga kelembapannya. Bahkan, memudahkan air keluar sehingga tidak menyebabkan areanya tergenang.

Penyiraman

Berapa kali tanaman calathea disiram?

Menyiram calathea sehari sekali saja sudah cukup ya. Boleh disiram setiap hari setiap pagi atau sore dengan air yang secukupnya. Jangan sampai media tanam menjadi becek. Itu tidak bagus untuk calathea.

cara merawat calathea multicolor

Seperti halnya tanaman lain, Calathea Multicolor juga suka dengan area yang sedikit lebih lembap. Namun, bukan berarti jika areanya tergenang.

Anda seharusnya lebih jeli dalam menyediakan kebutuhan tersebut. Usahakan untuk penyiramannya, area tanam hanya terbasahi dengan air.

Lantas, kapan waktunya untuk melakukan penyiraman? Penyiraman paling ideal dilakukan ketika permukaan dari media tanam mulai kering.

Tentu saja, metode ini memerlukan ketelitian dari pemilik tanaman. Artinya, pemiliknya harus rutin dalam memeriksa kondisi medianya setiap hari.

Ketika medianya tampak kering, barulah tanaman perlu disiram. Tentunya, penyiramannya dilakukan secara teratur.

Kemudian yang tak kalah penting, cara merawat calathea multicolor yang berhubungan dengan penyiraman ini seharusnya menggunakan air yang jernih. Maksudnya, kualitas dari airnya memang sangat baik.

Setidaknya, air tidak mengandung klorin. Jika mengandung zat ini, dikhawatirkan jika pertumbuhan tanaman dapat bermasalah.

Untuk memastikan air di rumah bebas dari klorin, Anda bisa mengendapkan air selama satu malam. Air yang sudah diendapkan ini nantinya bisa digunakan untuk menyiram calathea multicolor.

Penyinaran

Apakah calathea bisa di dalam rumah?

Bisa ya, calathea bisa ditempatkan secara indoor atau di dalam rumah. Tempatkan di bagian sudut rumah yang terang tapi tidak terkena sinar matahari secara langsung.

cara merawat calathea multicolor

Perlu diingat bahwa calathea multicolor ini punya sensitivitas tinggi terhadap cahaya. Artinya, tanaman ini memiliki kecenderungan tumbuh lebih optimal ketika tidak diletakkan dengan cahaya.

Apabila calathea multicolor ini terlalu banyak terpapar sinar, justru keindahan corak warna tanaman dapat berubah. Pada akhirnya, penampilannya akan kurang menarik.

Menyadari hal ini, sudah semestinya Anda menjauhkan tanaman dari cahaya. Baik itu dari cahaya matahari atau pun cahaya lampu.

Usahakan agar tanaman ini berada di area yang minim cahaya. Dengan begitu, tampilan tanaman ini akan jauh lebih menawan hati.

Kelembapan Area

Perawatan lain yang harusnya dilakukan oleh pemilik tanaman calathea ialah menjaga kelembapan area sesuai dengan yang dikehendaki. Hal ini menjadi salah satu syarat penting dalam menumbuhkan tanaman dengan sempurna.

Kelembapan yang dibutuhkan sekitar 50% dari kelembapan ruangan. Dengan kelembapan ini, tanaman akan lebih subur serta daunnya akan lebih indah.

Untuk menyiasati area yang lebih lembap, Anda dapat meletakkan nampan yang diisi dengan kerikil dan air. Kemudian, letakkan pot berisi tanaman di atasnya.

Cara ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga kelembapan. Karena metode ini memungkinkan kerikil dapat terhindar dari terendam air. Kemudian air yang berada di bawahnya akan menguap sehingga mampu menjaga kelembapan area tanaman.

Pemupukan Calathea Multicolor

Pemupukan pun sangat penting meskipun calathea color terbilang tidak begitu membutuhkan banyak zat makanan. Tetapi, pupuk ini bisa membantunya dalam mempertahankan bagian tubuh tanaman agar lebih terjaga.

Contohnya daunnya dapat terus bertahan tanpa mengalami kekeringan atau layu. Bahkan, pupuk dapat mendorong pada kemunculan anakan hingga tunas baru.

Mengenai pemberian pupuknya, berikan setiap satu bulan sekali. Tentunya, pastikan bahwa dosisnya sesuai dengan takaran.

Fungsinya, tanaman tidak mati lantaran kebanyakan pupuk. Atau, kekurangan sehingga pertumbuhannya terlambat.

Untuk jenis pupuknya, kita bisa menggunakan pupuk NPK atau gandasil. Mengenai cara pakainya, biasanya sudah ada di kemasannya ya. Kita juga bisa memberikan vitamin b untuk calathea ini.

Repotting Calathea

Ketika tanaman sudah mulai membesar dan banyak anakannya, tentu saja Anda perlu memindahkan calathea multicolor ini ke tempat baru. Untuk melakukannya, lakukan dengan hati-hati.

Siapkan pot yang lebih besar dan sediakan media tanam yang dikehendaki. Kalau sudah, angkat tanaman beserta tanah/medianya yang sebelumnya beberapa persen saja.

Usahakan agar akarnya tidak putus saat diangkat. Kemudian, pindahkan ke pot baru yang ukurannya lebih besar dari pada tanaman.

Setelah dipindahkan, sirami tanaman tersebut. Asumsinya, medianya mulai menyatu dan tanahnya pun mulai menjadi lembap.

Demikianlah beberapa cara merawat calathea multicolor yang dapat dicoba di rumah. Praktikkan, maka Anda akan melihat tanaman hias ini memunculkan sisi terbaiknya dalam mempercantik ruangan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.