Cara Menanam Pakcoy Di Polybag Dengan Mudah

x
Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Haira Seed SistemNFT

Cara menanam pakcoy di polybag kali ini saya coba untuk bagikan kepada Anda sekalian. Karena siapa tahu bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda yang suka berkebun.

Biasanya, pakcoy ini di tanam secara hidroponik. Karena pakcoy hidroponik sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Baik itu pakcoy hidroponik NFT maupun pakcoy hidroponik sederhana.

Beberapa jawaban dari pertanyaan di bawah ini akan membuat kita semakin semangat untuk mulai menanam pakcoy. Karena dari jawaban – jawaban tersebut, menanam pakcoy akan menjadi semakin mudah.

Berapa hari benih pakcoy tumbuh?

Benih pakcoy bisa tumbuh dalam waktu 2 – 3 hari. Dengan kelembapan media yang selalu terjaga serta kualitas benih masih OK, hanya 2 – 3 hari sejak di semai, benih pakcoy sudah mulai berkecambah.

Berapa lama menanam sawi pakcoy?

Menanam sawi pakcoy dari semai sampai panen membutuhkan waktu antara 30 – 36 hari. Tergantung dari lokasi pakcoynya. Kalau sinar matahari bagus dan tidak terlalu panas, 30 hari saja pakcoy sudah bisa untuk dikonsumsi.

Berapa harga bibit pakcoy?

Bibit pakcoy murah kok. Kemasan urban, bibit pakcoy di bandrol antara 10 – 12 ribu saja.

Berapa jarak tanam pakcoy?

Idealnya sih sekitar 20 – 25 cm sudah bisa. Tapi saya untuk ukuran polybag 40 cm, saya beri dua. Satu dipinggir dan satunya dipinggirnya lagi.

Meskipun mudah, bukan berarti menanam pakcoy di polybag tanpa kendala. Ada beberapa kendala yang kemungkinan kita temui. Dan akan saya bagikan juga di artikel ini.

Cara Menanam Pakcoy Di Polybag mulai dari Penyemaian hingga Panen

Cara menanam pakcoy di polybag pada dasarnya sangatlah mudah. Pakcoy sendiri termasuk jenis sayuran yang berasal dari keluarga cruciferous. Pakcoy ini sebenarnya masih satu keluarga dengan kembang kol, kubis, dan brokoli.

Media tanam menggunakan polybag memang kini semakin populer. Utamanya untuk mereka yang tinggal di perkotaan. Yang mana sudah sangat minim sekali sisa lahan yang ada di sekitar rumahnya.

Dalam hal ini sayur-sayuran adalah jenis tanaman yang bisa dengan mudah dibudidayakan menggunakan polybag ini. Contohnya seperti pakcoy. Salah satu jenis sayuran yang bisa mudah ditanam menggunakan polybag. Nah, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara menanam pakcoy di polybag?

Langkah – langkah Cara menanam Pakcoy di Polybag

Di atas tadi sedikit sudah disinggung jika menanam pakcoy di polybag sangatlah mudah. Selain itu dikatakan pula jika pakcoy termasuk jenis sayuran yang bisa dengan mudah tumbuh di polybag. Artinya pakcoy ini masuk dalam kategori jenis tanaman yang cocok ditanam dengan menggunakan media polybag.

Nah, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara menanam pakcoy dengan media polybag?

  1. Tahap Penyemaian

Sebelum menanam pakcoy di polybag, pastinya benih harus disemaikan terlebih dahulu. Cara penyemaian ini pun sebenarnya sangat mudah. Seperti inilah langkah penyemaian benih pakcoy:

  • Siapkan media tanamnya yang berupa campuran tanah yang sudah Anda ayak, arang sekam, dan kompos. Kemudian untuk perbandingannya adalah 1:1:1.
  • Setelah itu masukkan media tanam tadi ke dalam pot tray atau tray semai. Kemudian siram menggunakan air secukupnya hingga merata. Tunggu beberapa saat sampai air tidak lagi menetes dari lubang yang berada di ujung bawah pot tray atau tray semai.
  • Setelah air tidak lagi menetes, buat lubang semai dengan kedalaman kira-kira 0,5 cm. Masukkan satu benih pakcoy pada tiap lubang semai yang sudah Anda buat tadi. Setelah semua lubang terisi, maka tutup kembali lubangnya.
  • Agar benih pakcoy cepat berkecambah, sangat disarankan untuk menutup persemaian dengan plastik berwarna gelap atau sejenisnya. Nantinya dalam waktu 2 atau 3 hari, benih pakcoy sudah berkecambah.

Setelah benih pakcoy mulai berkecambah, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik. Usahakan persemaian ini selalu terkena sinar matahari secara langsung. Kemudian usahakan jangan sampai terkena air hujan.

Jangan lupa juga untuk rutin menyiram persemaian pakcoy ini tiap pagi dan sore hari. Kemudian agar supaya pertumbuhannya bisa lebih optimal lagi, antara 3 hingga 5 hari harus Anda beri pupuk.

Saya kira langkah – langkah penyemaian pakcoy di atas sudah sangat jelas. Anda ikuti saja dan presentasi keberhasilannya sangat tinggi.

Karena kemarin saya menggunakan semaian sisa untuk hidroponik, maka seperti ini gambarnya.

cara menanam pakcoy di polybag
gambar tersebut adalah semaian pakcoy yang rencananya saya tanam secara hidroponik. Karena jumlahnya lebih, jadi saya tanam di polybag saja.
  1. Tahap Penanaman

Cara menanam pakcoy di polybag berikutnya adalah tahap penanaman. Tahap penanaman ini bisa Anda lakukan setelah bibit pakcoy berumur 1 hingga 2 minggu. Namun sebelumnya jangan lupa juga untuk menyiapkan polybag.

cara menanam pakcoy di polybag
ini adalah media tanam yang sudah saya siapkan di polybag. Medianya bisa pakai tanah, kompos, sekam dengan perbandingan 1:1:1. atau tanah, sekam dan pasir dengan perbandingan yang sama.

Setelah itu, siapkan media tanam pakcoy. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan campuran tanah, arang sekam, dan pupuk kompos. Ingat perbandingannya adalah 1:1:1. Barulah kemudian Anda masukkan ke dalam polybag.

Agar pakcoy bisa tumbuh subur, Anda bisa menambahkan pupuk NPK sebanyak 1 sendok makan untuk polybag berukuran besar. Namun untuk yang berukuran kecil, Anda cukup memberikan setengah sendok makan saja.

Setelah itu campurkan pupuk NPK tadi hingga merata dengan media tanam lainnya. Siram lalu diamkan polybag 1 sampai dengan 2 minggu. Ingat, untuk proses pemindahan bibit pakcoy ke polybag sebaiknya Anda lakukan saat sore hari.

pakcoy yang sudah saya pindah di polybag. Kita lihat ukuran polybagnya, kalau ukurnnya kecil kurang lebih 30 cm an, dua pakcoy per polybag terlalu rapat. Nanti kalau pakcoynya besar akan berdesakan.

Ingat juga untuk menyiram terlebih dahulu bibit pakcoy yang akan Anda pindah ke polybag. Tujuannya adalah agar supaya tidak stres. Barulah Anda pindahkan bibit pakcoy satu persatu kemudian siram. Nah, untuk penyiraman berikutnya sebaiknya Anda lakukan 1 hingga 2 hari sekali.

Kebetulan, saya lupa untuk mendokumentasikan proses pertumbuhan pakcoy saya yang di polybag. Karena terlalu fokus pada hidroponiknya.

  1. Tahap Pemupukan

Cara menanam pakcoy di polybag berikutnya adalah tahap pemupukan. Tujuan pemupukan ini sudah pasti agar pakcoy bisa tumbuh secara cepat dan sempurna. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan pupuk NPK.

Pupuk NPK ini sebaiknya Anda berikan setiap 5 atau 7 hari sekali. Kemudian gunakan sistem kocor pada saat memupuk pakcoy di polybag. Caranya adalah dengan melarutkan pupuk NPK ini ke dalam air dengan dosis 1 gram per liternya.

Memberikan pupuk dengan sistem kocor menurut saya adalah cara yang terbaik. Karena pupuk sudah terlarut dalam air dan siap diserap oleh akar tanaman. Ini bisa memacu pertumbuhan pakcoy menjadi lebih cepat.

Untuk sayuran daun, pupuk NPK saja sudah cukup sampai pakcoy di panen. Karena mendia tanamnya sudah ada komposnya.

Tentang jenis NPK nya, ada banyak yang bisa dijadikan pilihan. Misalnya pupuk NPK mutiara, yara mila, phonska dan yang lainnya.

  1. Perawatan pakcoy

Perawatan pakcoy yang di polybag diantaranya adalah mencabuti rumput liar yang tumbuh di permukaan polybag. Supaya unsur hara dari pupuk fokus hanya untuk pakcoynya.

Selain itu, pakcoy merupakan sayuran yang sangat disukai oleh hewan seperti serangga.

Diantaranya adalah:

  • Belalang
  • Capung
  • Kupu – kupu
  • Ayam
  • Terkadang lalat juga
  • Dll

Capung, kupu – kupu dan lalat menjadikan pakcoy sebagai tempat berkembang biak mereka. Mereka akan meletakkan telur – telurnya.

Telur – telur ini setelah menetas akan menjadi ulat. Ulat ini nanti memakan daun pakcoy sebagai pakan utamanya.

pakcoy ini dimakan ulat. karena tahunya telat, maka daun mudanya hampir habis dimakan oleh ulat.
  1. Tahap Panen

Butuh waktu sekitar satu bulan untuk memanen pakcoy di polybag. Cara memanennya Anda tinggal mencabutnya atau bisa memotong pangkal batangnya.

Nah, agar tidak mudah layu, setelah Anda panen sebaiknya taruh pakcoy di tempat yang teduh. Atau, pakcoy yang sudah di cabut, kita celupkan akarnya ke dalam air. Pakcoy tidak akan layu selama berhari – hari. Yang tidak punya kulkas bisa mencoba cara ini.

Alternatif lain dalam memanen pakcoy adalah kita ambil daun pakcoy yang bagian bawah saja. Sisakan daun yang bagian atas. Nanti kalau daun atas sudah besar, bisa kita panen lagi.

Dokumentasi seadanya dari pakcoy di polybag.

cara menanam pakcoy di polybag
cara menanam pakcoy di polybag
cara menanam pakcoy di polybag
cara menanam pakcoy di polybag
cara menanam pakcoy di polybag

Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan

Ternyata tidak salah Anda budidaya pakcoy sendiri di rumah. Pasalnya sayuran ini ternyata mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari sumber vitamin A, C, K, B6, asam folat, kalsium, hingga antioksidan betakaroten.

Nah, setelah Anda tahu bagaimana cara menanam pakcoy di polybag, kini saatnya untuk mengetahui apa saja manfaat pakcoy untuk kesehatan. Manfaat pakcoy untuk kesehatan diantaranya seperti:

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ternyata pakcoy ini termasuk jenis sayuran yang sangat baik untuk mata. Hal ini berkat adanya kandungan vitamin A serta antioksidan beta karoten yang cukup berlimpah yang ada di dalam pakcoy.

Dalam hal ini pakcoy dikatakan bisa membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu juga dikatakan mampu mencegah dari berbagai penyakit mata. Mulai dari katarak, mata kering, hingga degenerasi makula.

  1. Mencegah Kanker

Dengan Anda mencari tahu cara menanam pakcoy di polybag, sekarang Anda tahu jika ternyata pakcoy bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan di dalam sayuran ini terkandung senyawa kimia bernama flavonoid dan juga isothiocyanate yang di klaim mampu mencegah kanker.

Ada banyak penelitian yang membuktikan jika kedua senyawa tadi memiliki kemampuan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas serta zat karsinogenik yang menjadi pemicu kanker.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Agar terhindar dari berbagai permasalahan pencernaan, Anda harus memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. Nah, ternyata pakcoy ini termasuk jenis sayuran yang kaya akan kandungan serat di dalamnya.

Di tambah lagi pakcoy ini termasuk sayuran rendah karbohidrat. Selain rendah karbohidrat juga aman dikonsumsi oleh penderita IBS (Irritable Bowel Syndrome) dan penyakit Crohn.

  1. Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Penyakit Jantung

Pakcoy adalah salah satu jenis sayuran yang secara alami bisa membantu mengontrol tekanan darah sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini berkat kandungan kalsium dan kalium yang ada pada sayuran ini.

Selain itu dikatakan juga jika pakcoy memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi produksi senyawa penyebab kerusakan pada pembuluh darah dan juga otot jantung. Hal ini berkat kandungan vitamin B6 dan folat yang terkandung di dalamnya.

  1. Memperkuat Tulang

Pakcoy ternyata menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Pasalnya di dalam sayuran ini terkandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan vitamin K.

Sebenarnya tidak hanya sebatas itu saja manfaat pakcoy untuk kesehatan. Pasalnya dikatakan juga jika sayuran ini di klaim sebagai sumber nutrisi yang baik untuk para ibu hamil, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga menyehatkan kulit dan rambut. Itulah kenapa tidak ada alasan lagi untuk tidak segera mempraktikkan cara menanam pakcoy di polybag.

Demikian cara menanam pakcoy di polybag, semoga bermanfaat.

Please Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *