Apa Saja Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia? Ini Ragam Hingga Keuntungannya

Semua orang berisiko jatuh sakit. Bahkan meski sekarang Anda sehat, tidak ada jaminan besok juga baik-baik saja. Setiap manusia, kapan saja bisa merasakan sakit. Nah, sebagai bentuk perlindungan, kira-kira apa yang sudah Anda siapkan?

Terkait finansial, Anda pastinya sudah menyiapkan dana darurat. Dana yang bisa Anda gunakan di situasi tidak terduga seperti sakit. Tapi ternyata, itu saja tidak cukup. Anda juga harus punya yang namanya asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan adalah sebuah produk finansial berbentuk perlindungan kesehatan bagi peserta asuransinya. Di Indonesia, asuransi ini terdiri dari beberapa jenis. Untuk itu, sebaiknya ketahui dulu apa saja jenisnya sebelum beli asuransi kesehatan.

Penting, pastikan juga untuk hanya memilih asuransi kesehatan terbaik. Yang mana dari segala manfaat yang diberikan, Anda bisa merasakan banyak keuntungan. Memastikan Anda mendapat proteksi kesehatan maksimal tanpa merasa dirugikan.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

Bagi orang awam, semua asuransi kesehatan mungkin terlihat sama saja. Yang berbeda hanya dari perusahaan asuransinya. Padahal sebenarnya, setiap asuransi memberikan perlindungan yang berbeda. Tergantung dari jenis asuransi kesehatannya.

Ya, asuransi kesehatan juga memiliki beberapa jenis yang beragam. Itulah kenapa setiap asuransi kesehatan bisa memiliki premi dan manfaat yang berbeda. Nah, berikut adalah ragam jenis asuransi kesehatan di Indonesia dilihat dari beberapa kategori.

  1. Berdasarkan Kepemilikan Badan Penyelenggara

Jika dilihat berdasarkan perbedaan kepemilikan badan yang menyelenggarakan, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua yaitu:

  • Asuransi Kesehatan Pemerintah

Asuransi kesehatan ini dikeluarkan dan diatur oleh pemerintah. Asuransi dari pemerintah ini bisa dikatakan merupakan asuransi kesehatan paling populer di Indonesia. Salah satu contohnya yaitu BPJS Kesehatan.

Kelebihan dari BPJS Kesehatan, ada 3 pilihan kelas yang bisa disesuaikan kebutuhan. Jaminan jenis penyakitnya juga sangat luas. Begitu pun halnya dengan jaringan rumah sakitnya. Namun sayangnya, sistem pelayanannya terbilang kurang baik.

  • Asuransi Kesehatan Swasta

Kebalikan dari pemerintah, jenis asuransi kesehatan swasta dikelola oleh sebuah badan atau perusahaan swasta. Asuransi kesehatan yang satu ini sangat banyak dijumpai di Indonesia.

Setiap perusahaan asuransi mempunyai kebijakan sendiri. Baik itu terkait jaminan penyakit, premi atau masa tunggu klaim. Yang menguntungkan, peserta asuransi ini tidak perlu lama antre untuk pengobatan.

  1. Berdasarkan Jenis Perawatannya

Asuransi kesehatan di Indonesia juga dibedakan berdasarkan jenis perawatan. Setidaknya ada dua jenis asuransi jika dilihat dari hal ini. Pertama yaitu asuransi kesehatan rawat inap (In-Patient Treatment). Kedua, yaitu asuransi kesehatan rawat jalan (Out-Patient Treatment).

  1. Berdasarkan Biaya yang Ditanggung Peserta

Jika dilihat dari biaya yang ditanggung oleh peserta, asuransi kesehatan dibagi menjadi 3 jenis. Yaitu sebagai berikut:

  • Asuransi untuk Rawat Inap

Jenis asuransi ini ditujukan bagi Anda yang perlu jaminan untuk fasilitas rawat inap di rumah sakit. Asuransi kesehatan biasanya akan mengcover semua biaya atas fasilitas rawat inap.

Biaya tersebut mencakup biaya kamar inap, biaya perawatan oleh dokter serta pembedahan. Juga termasuk obat-obatan dan biaya lainnya terkait dengan rawat inap.

  • Asuransi untuk Rawat Jalan

Asuransi ini biasanya digunakan untuk menanggung semua biaya rawat jalan. Maksudnya, biaya pengobatan rutin yang mana pasien tidak perlu menginap. Biaya ini termasuk biaya administrasi dan biaya pemeriksaan. Juga seluruh biaya lainnya yang berhubungan dengan rawat jalan.

  • Asuransi untuk Manfaat Khusus

Satu lagi jenis asuransi kesehatan di Indonesia berdasarkan biaya yang ditanggung. Asuransi untuk manfaat khusus akan menanggung atas biaya fasilitas tambahan. Seperti penggunaan ambulans, biaya laporan medis, biaya alat-alat medis seperti kursi roda, tongkat dan lainnya.

  1. Berdasarkan Pihak yang Ditanggung

Jenis asuransi kesehatan lainnya bisa dilihat dari pihak yang ditanggung. Dapat Anda ketahui, ada dua jenis asuransi berdasarkan hal itu. Antara lain:

  • Asuransi Kesehatan Individu

Maksudnya adalah asuransi kesehatan yang hanya memberikan manfaat pada satu individu saja. Jadi pembayaran premi akan ditanggung sendiri dan tidak ada bantuan dari manapun.

  • Asuransi Kesehatan Kelompok

Yaitu asuransi kesehatan yang memberikan manfaat kepada sekelompok individu. Misalnya seperti keluarga atau perusahaan.

Untuk karyawan, premi biasanya hanya sebagian yang perlu dibayarkan individu. Sedangkan sebagian lagi akan ditambah dari bantuan perusahaan di mana individu itu bekerja.

  1. Berdasarkan Pembayaran Klaim

Berikutnya, jenis asuransi kesehatan bisa dilihat berdasarkan pembayaran klaim. Ada dua tipe pembayaran yang biasa digunakan perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia, yaitu:

  • Cashless

Asuransi dengan sistem ini bisa dibilang yang paling praktis digunakan. Cashless adalah jenis pembayaran yang dilakukan di muka. Yaitu dalam bentuk premi yang harus rutin dibayar sesuai ketentuan.

Pada jenis asuransi ini, pihak asuransi biasanya akan memberikan kartu asuransi pada pesertanya. Jadi ketika sedang berobat, Anda hanya tinggal menunjukkan kartu itu ke pihak rumah sakit. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pembayaran lagi.

  • Reimburse

Jenis pembayaran ini mengharuskan peserta asuransi membayar sendiri dulu seluruh biaya rumah sakit. Baru setelah pengobatan dan perawatan selesai, peserta dapat mengajukan klaim pada pihak asuransi. Tujuannya untuk mendapatkan penggantian biaya.

Dalam hal ini, Anda harus bawa serta bukti berupa dokumen rekam jejak pengobatan. Sehingga klaim reimburse bisa diproses dan cepat diterima. Kemudian uang biaya rumah sakit seluruhnya akan diganti.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi kesehatan di Indonesia memang beragam. Tapi terlepas dari itu, semua asuransi kesehatan bertujuan memproteksi dari berbagai risiko kesehatan. Baik dengan mendukung perawatan medis ataupun melindungi keuangan Anda.

Adanya beragam jenis asuransi ditujukan agar sesuai kebutuhan. Sehingga dari manfaat yang diberikan, Anda jadi bisa merasa lebih dilindungi. Terlebih cukup dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa mendapat sejumlah keuntungan berikut:

  1. Cover Biaya Kesehatan

Dari tahun ke tahun, biaya kesehatan terus meningkat. Harga alat-alat kesehatan terus naik diikuti dengan harga obat, perawatan dan lainnya. Maka tak heran jika biaya pengobatan kini semakin melonjak.

Asuransi kesehatan bisa mengcover semua pengeluaran tersebut. Sesuai dengan yang tertera di dalam polis yang Anda miliki. Bahkan jika jenis asuransi cashless, Anda tidak perlu mengeluarkan uang jaminan.

  1. Pelayanan Kesehatan Lebih Layak dan Luas

Layanan kesehatan yang diberikan memang disesuaikan premi yang dibayarkan. Tapi tentu saja, semuanya layak dan memadai. Baik meliputi fasilitas rawat inap, rawat jalan, pemeriksaan lab dan lain sebagainya. Beberapa asuransi kesehatan di Indonesia bahkan menawarkan fasilitas pemeriksaan gratis. Dengan catatan, telah memenuhi syarat yang ditentukan.

  1. Waktu Lebih Efisien

Keuntungan lainnya, waktu Anda bisa jadi lebih efisien dengan memiliki asuransi kesehatan. Kenapa begitu? Contoh ketika harus berobat, Anda tidak perlu repot cari biaya pengobatan karena ada asuransi. Jadi tindakan penanganan bisa lebih cepat dilakukan. Anda pun tidak perlu memikirkan biaya lagi.

  1. Memberikan Rasa Tenang

Penyakit tidak bisa diprediksi kapan datang. Itulah kenapa rasa was-was sering muncul meski kita sehat. Asuransi kesehatan bisa dijadikan sebagai proteksi di saat tidak terduga. Sehingga dapat memberikan rasa tenang dan lebih aman.

  1. Sebagai Investasi dan Tabungan Masa Depan

Biasanya, perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia tidak hanya memberikan proteksi kesehatan. Mereka juga membuat kebijakan pengembalian dana setelah masa berlaku polis habis. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang disepakati.

Dalam hal ini, asuransi kesehatan bisa sekaligus sebagai investasi tabungan. Jadi selain mendapat jaminan layanan kesehatan, Anda juga bisa sekalian menabung untuk masa depan.

  1. Meminimalisir Risiko Kerugian

Asuransi kesehatan memang tidak bisa mencegah kita terkena penyakit. Tetapi setidaknya, itu bisa meminimalisir risiko kerugiannya. Baik secara fisik maupun finansial saat mendadak ada yang sakit. Kemungkinan harta habis karena biaya pengobatan yang fantastis dapat dihindari.

  1. Terhindar dari Utang

Tak dipungkiri, banyak orang yang mendadak terlilit utang setelah jatuh sakit. Memang tidak ada yang salah dengan meminjam uang untuk biaya pengobatan. Tapi tentu saja itu menjadi utang yang harus dikembalikan.

Jika punya asuransi kesehatan, hal semacam itu tidak akan terjadi. Semua biaya rumah sakit akan dicover asuransi. Jadi Anda tidak perlu cari pinjaman uang.

Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Dapat kita lihat, ada banyak sekali asuransi kesehatan di Indonesia. Maka dari itu, tidak heran banyak yang bingung mau beli yang mana. Nah, untuk membantu Anda, berikut daftar beberapa asuransi kesehatan terbaik di Indonesia:

  1. Manulife MiUltimate HealthCare

Manulife merupakan perusahaan yang berasal dari Kanada. Perusahaan ini telah masuk di Indonesia sejak 1989. Salah satu produk asuransi kesehatan terbaiknya adalah MiUltimate HealthCare (MiUHC).

Polis manulife ini dapat menanggung biaya rawat inap, biaya melahirkan serta biaya pembedahan. Juga biaya perawatan gigi hingga konsultasi psikologis. Di mana klaim bisa dilakukan di seluruh Indonesia maupun di luar negeri.

  1. Prudential PRUPrime HealthCare

Perusahaan Prudential sudah berdiri dari 1995. Produk asuransi kesehatan yang dimiliki bernama PRUprime Healthcare. Asuransi ini memberikan jaminan biaya rawat inap dengan perlindungan sampai 85 tahun. Menariknya, asuransi ini juga menawarkan perlindungan di seluruh negara.

  1. Allianz SmartHealth Maxi Violet

Asuransi kesehatan asal jerman ini merupakan salah satu yang terbaik. Asuransi Allianz termasuk asuransi kesehatan di Indonesia yang wajib dipertimbangkan. Dengan produk asuransi unggulan, yaitu SmartHealth Maxi Violet.

Produk asuransi tersebut menawarkan penanggungan biaya ICU, rawat inap dan rawat jalan. Juga biaya perawatan gigi hingga pembedahan dan lainnya.

  1. AIA Hospital & Surgical Protection

Asuransi kesehatan lainnya adalah AIA Hospital & Surgical Protection. Asuransi dari perusahaan Hong Kong ini menjamin penggantian biaya perawatan medis di rumah sakit. Dengan manfaat utama rawat inap dan pembedahan hingga ke luar negeri.

  1. AXA Mandiri

Asuransi AXA Mandiri menghadirkan polis dengan manfaat yang sangat lengkap. Bahkan termasuk salah satu yang terlengkap di Indonesia. Di mana asuransi ini menanggung mulai dari bea kamar inap hingga santunan meninggal dunia akibat kecelakaan. Selain itu, ada juga produk asuransi kesehatan untuk orang tua.

Memiliki asuransi kesehatan memang bukan hal wajib bagi setiap orang. Tapi sebagai bentuk proteksi diri dari risiko kesehatan, mempunyai asuransi ini tentu penting. Maka dari itu, usahakan Anda membeli asuransi terbaik untuk perlindungan maksimal.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.