Breaking News

4 Pupuk Dasar Semangka yang Baik

Pupuk dasar semangka sangat mempengaruhi terhadap hasil panen. Selain itu, aplikasi pupuk dasar pada budidaya semangka bisa menyediakan unsur hara lebih cepat terhadap tanaman. Oleh karena itu, jenis pupuk dasar yang tepat harus segera di upayakan supaya bisa membantu para petani lebih sejahtera.

Kita akan fokus pada pembahasan pupuk dasar semangka. Karena merupakan satu bagian topik penting dalam budidaya semangka. Selain itu juga tulisan fokus dan pendek biar betah yang baca.

Terkadang, masih banyak petani yang belum mengetahui jenis pupuk dasar apa yang baik untuk semangka. Terutama untuk petani muda yang belum pernah menanam semangka. Karena pupuk dasar yang murah dan hasilnya bagus, banyak jenisnya. Jadi, saya kira tepat kalau mencari informasinya di sini.

Jenis pupuk dasar semangka.

Pupuk dasar biasanya diberikan saat pengolahan lahan. Sebelum penanaman atau pindah tanam di lakukan.

Hal ini supaya pupuk benar – benar tercampur secara merata dengan tanah dan akhirnya haranya sudah siap di serap oleh tanaman.

Untuk jenisnya, pupuk dasar yang bisa digunakan untuk semangka bisa berasal dari pupuk organik maupun anorganik.

Silahkan pilih pupuk dasar untuk semangka

1 . Pupuk kandang, ZA, SP-36 dan KCL

Pupuk kandang bisa mengunakan pupuk dari kotoran sapi, kambing atau ayam. Harus pupuk kandang yang sudah siap pakai. Dosisnya adalah sekitar 1 kg per lubang tanam semangka.

Cara fermentasi kotoran kambing, cara fermentasi kotoran sapi, cara fermentasi kotoran ayam.

Untuk pupuk ZA, SP-36 dan KCL dosisnya masing – masing adalah 15 gram, 30 gram dan 15 gram per lubang tanam semangka.

2 . Pupuk dasar Fertipos dan NPK 16-16-16

Fertipos dan NPK 16 -16 -16 masing – masing 100 kg di berikan secara merata di setiap lubang tanam semangka. Ini pilihan pupuk dasar yang harus difikirkan secara masak – masak. Karena ini rekomendasi dari saprotan utama.

Fertipos adalah pupuk yang mengandung fosfat dan magnesium serta ada unsur hara mikronya juga. Spesifikasinya adalah sebagai berikut: P2O5 (Phosphate) max : 20%, MgO (Magnesium Oxide) : 3%, S (Sulfur) : 1%, B2O3 (Boron) : 0,2%.

Harganyapun mungkin juga mahal. Makanya, apakah biayanya tidak terlalu tinggi jika biasanya semangka ketika panen raya harganya jatuh.

3 . Pupuk Dasar semangka Bokashi dan NPK

Bokashi adalah pupuk organik (kandang) yang sudah difermentasi. Setelah melalui proses fermentasi, pupuk menjadi terurai kandungannya sehingga siap di serap oleh semangka.

Jumlah bokashi yang optimal adalah 7,5 ton/hektar. Untuk NPK nya adalah 350 kg/hektar.

Berdasarkan penelitian, jumlah bokashi dan NPK tersebut hasilnya paling optimal dibandingkan dengan bokashi 10 ton/hektar dan NPK 700 kg/hektar.[1]

4 . Pupuk Dasar semangka kotoran ayam

Kotoran ayam mengandung unsur hara yang paling tinggi jika dibandingkan dengan kotoran kambing ataupun sapi.

Menggunakan kotoran ayam untuk pupuk dasar tanaman semangka memberikan pertumbuhan hasil yang bagus. Berdasarkan penelitian, kotoran ayam 10 ton/hektar adalah jumlah yang tepat.[2]

Kotoran ayam di taburkan secara merata ke lahan dua minggu sebelum di lakukan penanaman. Lebih baik lagi kalau diberikan mulsa untuk penanamannya.

Kenapa jumlah pupuk organik yang digunakan sebagai pupuk dasar berbeda beda? Kalau ini menurut saya tergantung dari tingkat kesuburan tanahnya.

Menurut saya kita bisa menggunakan pupuk kandang yang 7,5 ton/hektar atau yang 10 ton/hektar.  Tidak masalah, kalau semakin banyak, maka tanah akan semakin subur.

Tinggal bagaimana kita memberikan perawatan semangka supaya buahnya besar.

Referensi

[1] Muhadan Syah , Husna Yetti , Sri Yoseva. Pengaruh Pemberian Bokashi dan NPK Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Semangka (Citrullus vulgaris Schard). Jom Faperta Vol 3 No. 2 Oktober 2016.

[2] Manurung, Masna & Sokip, Ahmad & Puspitorini, Palupi. (2016). PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK KANDANG DAN JENIS MULSA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SEMANGKA (Citrullus vulgaris,Schard) DI MUSIM HUJAN. VIABEL: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian. 10. 37-52. 10.30957/viabel.v10i1.112.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.