Manfaat Asam Humat Untuk Padi Pengaruhnya Seperti Ini

Asam humat untuk padi bisa membuat padi mampu menyerap nitrogen lebih tinggi, pertumbuhannya lebih tinggi, jumlah anakan padi lebih banyak, produksi gabah lebih banyak dengan bobot gabah yang menthes. Selain itu,  asam humat untuk padi juga menghemat dalam penggunaan pupuk NPK.

Peran asam humat untuk padi

asam humat untuk padi

Ada beberapa poin yang bisa kita jabarkan untuk menjelaskan manfaat asam humat untuk padi ini. Pada intinya, tanaman padi bisa menghasilkan produksi yang maksimal jika tanahnya subur.

Tanah yang subur ini harus memenuhi unsur seperti tanah yang subur, terdapat bahan organik yang cukup, serta mempu menyediakan unsur hara bagi tanaman padi.

Oleh karena itu, ketiga hal yang saya maksud di atas adalah:

  1. Tanah mengandung bahan organik yang tinggi.
  2. Tanah banyak mengandung banyak unsur hara.
  3. Unsur hara yang tersedia tidak mudah tercuci atau hanyut oleh air. Mengingat padi hampir selalu tergenang oleh air.

Apakah ke-tiga hal tersebut bisa dipenuhi semua oleh asam humat? TIDAK.

Asam humat tidak berfungsi untuk memenuhi ketiga hal tersebut. Akan tetapi, asam humat bisa memaksimalkan dan membantu meningkatkan ketiga hal tersebut.

Hal ini karena asam humat memiliki sifat dan manfaat yang sangat banyak untuk lahan pertanian.

Secara khusus, tentang pengertian asam humat dan manfaatnya sudah saya tulis di postingan yang lalu. Ini link artikelnya, manfaat asam humat.

Silahkan kunjungi link tersebut jika ingin mengetahuinya. Saya apresiasi untuk kunjungan Anda.

Dengan begitu, kita disini akan fokus pada bagaimana asam humat bisa meningkatkan hasil padi saja. Untuk tanaman lain, akan kita sendirikan pembahasannya.

Tentu saja saya juga akan menyampaikan data pendukung yang bisa dipercaya. Yaitu sebuah jurnal penelitian yang metode risetnya sudah teruji secara ilmiah.

Selanjutnya, informasi – informasi yang penting kita sampaikan dengan penyampaian yang sederhana sehingga mudah difahami. Kalau mau sulit, ya baca jurnalnya.

Inilah peran asam humat untuk padi yang bisa dijadikan dasar untuk menggunakannya.

  • Pemupukan nitrogen yang dilakukan bersamaan dengan asam humat dapat meningkatkan ketersediaan nitrogen dalam Peran asam humat adalah untuk memperlambat lepasnya nitrogen menjadi nitrat.
  • Dengan semakin tinggi ketersediaan nitrogen dalam tanah, maka pertumbuhan padi pada fase vegetatif menjadi lebih tinggi. Tinggi tanaman dan jumlah anakan padi menjadi lebih besar daripada padi yang tidak diberi asam humat.

Berdasarkan penelitian, jumlah asam humat dan pupuk rekomendasi yang memberikan hasil terbaik adalah 3 kg asam humat/hektar dan NPK 15-15-15 240 kg/hektar.

Perlakuan pemberian asam humat dan pupuk NPK Phonska 15-15-15 dapat meningkatkan serapan nitrogen pada tanaman padi pada umur 4 MST dan 7 MST, pertumbuhan vegetatif tanaman, residu nitrogen dalam tanah, pH tanah, dan C-organik tanah. Perlakuan A3 (Asam Humat 3 kg ha-1 + Phonska 240 kg ha-1) menghasilkan serapan N tertinggi pada umur 4 MST dan 7 MST yaitu 1,03 g tanaman-1 dan 1,77 g tanaman-1, tanaman padi tertinggi yaitu 41,70 cm, jumlah anakan tertinggi yaitu 8 anakan, dan meningkatkan residu nitrogen (0,23%) dalam tanah, pH, dan C-organik tanah tertinggi.[1]

Asam humat untuk padi pupuk lebih efektif

asam humat untuk padi

Pemupukan untuk padi yang kebanyakan orang lakukan, masih terbilang belum efektif. Metode pemupukan dengan cara ditebar masih banyak unsur hara yang terbuang.

Salah satu penyebabnya adalah terjadinya fiksasi amonium. Fiksasi amonium ini adalah berubahnya amonium menjadi nitrat.

Nitrat memang sumber N yang bagus bagi tanaman. Akan tetapi, untuk padi yang tergenang air, nitrat akan mudah sekali tercuci dan hanyut terbawa air. Sehingga, akan banyak Nitrogen yang terbuang dari sawah.

Makanya, kita sering mendapatkan informasi kalau untuk padi, sumber N yang bagus adalah urea. Bukan N dari nitrat.

Dari hasil sebuah riset, pemupukan padi dengan ditebar efeisiensinya hanya sekitar 30% saja.[2]

Jika kita bisa mengatasi kehilangan pupuk yang 70%, maka pendapatan para petani bisa ditingkatkan. Bahkan mungkin hasilnya akan signifikan.

Asam humat yang memiliki sifat tukar kation yang tinggi, dapat digunakan untuk pemupukan supaya serapan unsur hara NPK semakin tinggi. Terutama unsur Nitrogen.

Berbagai penelitian menunjukkan peningkatan hasil tanaman dari 11,4% sampai 22,3%. Asam humat meningkatkan mineralisasi N pada awalawal musim sebesar rata-rata 9,6%, dan meningkatkan ketersediaan P dengan mengkomplek ion menjadi bentuk lebih stabil hingga ion P dapat dipertukarkan pada proses penyerapan oleh tanaman.[2]

Seperti itu kira – kira gambaran manfaat asam humat untuk padi. Semoga bermanfaat. Bantu share artikel ini supaya banyak yang tahu.

Referensi

[1] Yulia Nuraini*, Annisauz Zahro. Pengeruh Aplikasi Asam Humat dan Pupuk NPK Terhadap Serapan Nitrogen, Pertumbuhan Tanaman Padi Di Lahan Sawah. Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian,  Universitas Brawijaya, Jl. Veteran Malang 65145. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan Vol 7 No 2 : 195-200, 2020.

[2] Tita Rustiati. Uji Efektivitas Pupuk Majemuk NPK yang Ditambah Asam Humat terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Padi. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Sukamandi. AGROTROP, 3(2): 93-103 (2013).

Please Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *