Breaking News
asuransi Kesehatan murah

Cari Asuransi Kesehatan Murah? Ini Tipsnya Agar Tak Salah Pilih

Sudahkah Anda memiliki asuransi kesehatan? Sekarang ini, mahalnya premi bukan lagi alasan untuk belum memilikinya. Asuransi kesehatan murah kini bisa didapat dengan mudah. Ya asal tahu tipsnya, Anda tidak perlu takut salah pilih.

Asuransi kesehatan menjadi salah satu asuransi vital yang wajib dimiliki. Tidak hanya bagi orang tua, tapi juga kalangan muda. Sayangnya, tak sedikit yang masih menganggap remeh. Tanpa tahu ada banyak alasan asuransi ini penting dimiliki.

Kebanyakan orang umumnya memang enggan beli asuransi kesehatan karena dianggap mahal. Premi asuransi dinilai terlalu menguras pengeluaran bulanan. Padahal faktanya, asuransi dengan harga murah juga tidak sulit didapat. Mau tahu tipsnya?

Mengenal Apa Itu Asuransi Kesehatan

Punya atau tidak asuransi kesehatan, Anda pasti pernah mendengar istilah ini. Asuransi memang bukan hal baru di masyarakat. Walau tak dipungkiri, banyak yang belum jelas memahami apa yang dimaksud asuransi kesehatan. Nah, tahukah Anda apa itu?

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang akan menanggung risiko kesehatan pada tertanggung. Asuransi ini akan mengcover sebagian atau seluruh biaya perawatan atas penyakitnya. Baik meliputi biaya medis, bedah, obat-obatan dan lainnya.

Sederhananya, asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang dapat meringankan beban biaya rumah sakit. Jadi semisal Anda atau anggota keluarga jatuh sakit, biayanya akan ditanggung asuransi jika punya asuransi kesehatan ini.

Meski demikian, ketentuan dan layanan setiap asuransi kesehatan akan berbeda-beda. Tidak semua risiko dan biaya mungkin akan ditanggung asuransi. Semua itu tergantung manfaat yang tertera dalam polis asuransi yang dipegang.

Polis sendiri adalah kontrak perjanjian kerja sama antara perusahaan asuransi dengan nasabah (pemegang polis). Di mana di dalamnya memuat beberapa hal terkait asuransi yang dibeli. Seperti risiko penyakit yang ditanggung, manfaat yang diberikan, besaran uang premi dan lain sebagainya.

Untuk mendapat perlindungan dari asuransi kesehatan ini, Anda harus memiliki polis asuransi. Anda juga wajib membayar premi sesuai yang disepakati. Tidak mahal, asal cerdas memilih Anda bisa dapat premi asuransi kesehatan murah.

Kenapa Perlu Asuransi Kesehatan?

Banyak yang bilang asuransi kesehatan itu penting. Bahkan wajib dimiliki setiap orang. Namun faktanya, tidak sedikit juga yang masih ragu membelinya. Bukan karena besar preminya melainkan mengira-ngira ‘seberapa penting asuransi kesehatan ini’?

Ya, banyak orang masih belum paham pentingnya asuransi kesehatan. Padahal dengan memiliki asuransi ini, ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Memangnya kenapa sih kita perlu asuransi kesehatan?

Sebenarnya alasannya simpel saja. Yaitu karena asuransi kesehatan dapat membantu meringankan beban finansial akibat biaya kesehatan. Selain itu, beberapa hal berikut juga menjadi alasannya:

  1. Biaya Kesehatan Itu Semakin Mahal

Sejak awal, biaya kesehatan itu tidak murah. Apalagi dari tahun ke tahun, terlihat biayanya itu semakin mahal. Kenaikan setiap tahunnya tidak bisa dibilang kecil. Anda tidak bisa hanya mengandalkan tabungan untuk ke depannya.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kenaikan biaya itu tidak akan berpengaruh besar. Beban biaya kesehatan bisa diringankan oleh asuransi. Jadi bisa dibilang, asuransi kesehatan murah sekalipun bisa melindungi finansial Anda nantinya.

  1. Siapa pun Berisiko Sakit

Memang, tidak ada siapa pun yang ingin sakit dan berobat. Namun tidak ada juga yang dapat memastikan seseorang akan sehat selamanya. Saat ini Anda mungkin masih muda dan sehat. Tapi siapa yang tahu nanti di hari tua?

Namanya manusia pasti bisa jatuh sakit. Apalagi seiring bertambah usia, risiko terkena penyakit menjadi semakin tinggi. Maka dari itu, asuransi kesehatan bisa digunakan untuk berjaga-jaga.

  1. Menekan Risiko Bangkrut Karena Besarnya Biaya Kesehatan

Nyatanya, tidak sedikit orang yang hartanya habis dipakai berobat. Bolak-balik jual aset untuk membayar biaya pengobatan rumah sakit.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, masalah itu tentu dapat dicegah. Disinilah pentingnya asuransi kesehatan yang akan mengcover biaya pengobatan. Di mana biaya yang perlu Anda keluarkan akan ditanggung perusahaan asuransi.

Anda cukup bayar premi asuransi sesuai ketentuan. Jika ingin lebih ringan, pilih asuransi kesehatan murah yang lebih terjangkau. Dengan begitu, risiko bangkrut karena mahalnya biaya kesehatan dapat lebih dihindari.

  1. Memberi Efisiensi Waktu hingga Cara Pembayaran

Hal ini juga termasuk salah satu alasan pentingnya asuransi kesehatan. Fasilitas yang diberikan oleh asuransi akan membuat Anda lebih nyaman berobat.

Saat harus ke rumah sakit, asuransi kesehatan bisa membuat waktu lebih efisien. Pertama, Anda jadi tidak perlu buang waktu memikirkan biaya lagi. Anda dapat langsung ke rumah sakit tanpa harus pikir ulang.

Penanganan juga bisa didapatkan dengan cepat. Cukup tunjukkan kartu asuransi, maka penanganan dapat segera dilakukan. Pihak rumah sakit juga tidak akan menanyakan biaya administrasi lebih dulu. Sebab beban pembayaran nantinya akan langsung dilimpahkan ke pihak asuransi.

  1. Bisa Jadi Jaring Pengaman Keuangan

Meski harus bayar premi per bulan, asuransi nyatanya bisa jadi jaring pengaman. Terutama dalam kondisi tidak terduga. Tidak ada yang tahu kapan penyakit bisa datang. Tidak ada pula yang tahu pada saat itu Anda ada biaya atau tidak.

Walau sudah punya dana darurat sekalipun, itu bisa saja kurang. Muda dan sehat tidak menjamin seseorang akan terus sehat.

  1. Memberi Rasa Aman dan Tenang

Jujur saja, biaya tidak terduga seringkali menjadi beban pikiran. Seperti saat ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit. Jika tidak punya asuransi, mau tidak mau kita pasti akan memikirkan bagaimana agar mendapat biaya pengobatan.

Berbeda lagi jika ada asuransi kesehatan yang mengcover. Anda pasti akan lebih tenang saat menghadapi kondisi seperti itu. Saat sehat, Anda juga akan merasa lebih aman dan dilindungi.

Dengan asuransi ini, tidak ada lagi rasa was-was bila terjadi hal tidak terduga di masa depan. Anda pun tidak akan takut akan membebani keluarga dengan biaya pengobatan jika jatuh sakit.

 

Tips Mendapat Asuransi Kesehatan Murah yang Bagus

Tak dipungkiri, asuransi kesehatan selama ini dikenal ‘mahal’. Premi yang harus dibayar per bulannya cukup dalam mengocek kantong. Namun itu hanya jika Anda tidak selektif memilih asuransi. Nyatanya, asuransi kesehatan yang murah juga ada banyak.

Tapi bagaimana dengan manfaatnya? Tak perlu khawatir. Anda bisa mengikuti tips-tips di bawah ini untuk mendapat asuransi kesehatan yang bagus dan murah:

  1. Jangan Hanya Fokus Pada Premi Murah

Siapa yang tidak mau dapat harga murah, semua orang pasti suka. Begitu juga saat mencari asuransi kesehatan. Premi murah pasti menjadi hal pertama yang diperhatikan. Tapi ingat, jangan hanya fokus pada hal itu.

Selain premi, perhatikan juga ketentuan yang tertulis dalam polis. Jangan sampai karena tergiur premi asuransi kesehatan murah, Anda malah jadi rugi.

  1. Bandingkan dengan Polis Lain

Anda mungkin perlu melakukan sedikit riset untuk hal ini. Cobalah cari dan lihat beberapa polis asuransi yang ada. Masing-masing polis itu pasti memiliki premi dan manfaat yang berbeda. Untuk itu, coba bandingkan.

Polis asuransi memuat informasi hak dan kewajiban peserta asuransi. Di mana untuk dapat yang murah dan tepat, pilihlah yang sesuai risiko. Maksudnya, yang bisa mengcover risiko yang mungkin terjadi di hidup Anda.

  1. Pilih Produk Asuransi Kesehatan Murni

Ada dua jenis asuransi kesehatan yang biasa ditawarkan. Pertama yaitu asuransi kesehatan murni. Kedua, asuransi kesehatan plus investasi atau unit link. Kalau mau cari yang murah, pilihlah asuransi kesehatan murni.

Pasalnya, premi asuransi unit link cenderung lebih mahal. Dalam unit link, premi akan dibagi untuk manfaat asuransi dan investasi.

Sementara dalam asuransi murni, premi sepenuhnya dimaksimalkan untuk biaya kesehatan saja. Jadi preminya lebih murah dan nilai pertanggungan lebih tinggi.

  1. Hanya Beli Rider yang Dibutuhkan

Istilah rider adalah manfaat yang bisa disertakan dalam polis sebagai tambahan proteksi. Rider sebenarnya fitur yang cukup menguntungkan. Namun jika Anda ingin asuransi kesehatan murah, ada baiknya dihindari. Sebab adanya tambahan manfaat ini akan membuat premi asuransi jadi lebih mahal.

Atau setidaknya, pastikan hanya membeli rider yang dibutuhkan. Sebab semakin banyak rider maka semakin mahal pula premi yang harus dibayar.

  1. Pelajari Polis dengan Teliti

Usahakan agar Anda paham betul setiap poin yang ada di dalam polis. Terutama mengenai manfaat asuransi yang didapat. Termasuk di dalamnya, pengecualian untuk risiko kesehatan tertentu. Serta sejumlah penyakit berat yang mungkin tidak tercover dalam tanggungan.

Selain itu, pelajari juga metode klaimnya. Apakah cashless atau reimbursement. Perhatikan pula adanya masa tunggu untuk mengajukan klaim. Karena biasanya, asuransi kesehatan murah pun punya masa tunggu.

  1. Ambil Asuransi Sejak Masih Muda

Asal Anda tahu, semakin tua usia maka bisa semakin mahal preminya. Pemegang asuransi yang masih muda umumnya berkesempatan dapat premi lebih murah.

Hal itu karena semakin tua usia, semakin besar risiko terkena penyakit. Sehingga sebagai konsekuensinya, premi jadi lebih mahal. Untuk itu, sebaiknya Anda ambil asuransi sejak muda agar bisa mendapat premi asuransi kesehatan murah.

  1. Beli Asuransi Saat Sedang Promo/Diskon

Untuk dapat yang murah, pertimbangkan membeli asuransi di momen yang bisa lebih menguntungkan. Misal saat ada promo atau diskon produk asuransi.

Sebagai contoh pada momen pandemi. Beberapa perusahaan asuransi ada yang memberi manfaat lebih dengan premi yang sama. Ada juga yang memberi premi lebih rendah dengan manfaat sama. Jelas lebih menguntungkan bukan?

  1. Manfaatkan Broker Asuransi

Satu lagi tips agar dapat asuransi kesehatan murah, Anda bisa pakai jasa broker. Broker asuransi adalah sebuah badan atau individu yang akan memberi bantuan dan menjembatani antara klien dengan perusahaan asuransi.

Jasa ini bisa Anda manfaatkan jika masih ragu memilih asuransi yang bagus. Di mana peran broker ialah mengenali kebutuhan dan kondisi keuangan Anda saat memilih asuransi. Sehingga tahu mana yang tepat agar tidak salah pilih.

Broker juga dapat memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang aman. Juga ikut andil menjembatani proses negosiasi kedua belah pihak. Intinya, broker akan membantu Anda dalam membeli asuransi kesehatan.

Nah, sekarang Anda sudah tahukan kenapa asuransi kesehatan itu perlu? Bagaimana pun, sangat penting memiliki asuransi kesehatan. Maka dari itu, Anda tak perlu ragu lagi untuk membelinya. Apalagi sekarang juga sudah ada banyak yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.