Breaking News
cara menanam krokot di pot

Cara Menanam Krokot di Pot Subur dan Cepat Berbunga

Kini banyak yang mencari informasi mengenai cara menanam krokot di pot. Sebenarnya bukan sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya bunga krokot memang semakin memancarkan keindahannya saat ditanam pada media pot.

Bagi pecinta tanaman hias, sepertinya sudah sangat familiar dengan bunga krokot. Selama ini krokot lebih sering tumbuh liar di halaman atau pekarangan rumah. Namun saat ini sudah mulai banyak yang menanamnya di media pot.

Cara menanam krokot di pot juga sangat mudah. Ini menjadi kabar menyenangkan untuk Anda yang ingin ikut trend yang lagi booming saat ini. Meskipun mudah namun bukan berarti bisa dilakukan secara sembarangan. Oleh sebab itu penting untuk tahu bagaimana cara yang benar saat menanam bunga krokot pada media pot.

cara menanam krokot di pot

Mengenal Pesona Bunga Krokot

Sebelum mengulas lebih jauh bagaimana cara menanam krokot di pot, tidak ada salahnya untuk mengenal pesona bunga yang ingin Anda tanam ini. Memiliki nama lain Moss Rose, bunga krokot dikenal sebagai jenis tanaman rendah yang memiliki ukuran 15-20 cm.

Bunga ini dikenal mudah sekali tumbuh dan menyebar di sekitar areanya. Bunga krokot memiliki bentuk kelopak yang indah. Warna kelopaknya tunggal. Ada yang berwarna merah, kuning, putih, merah muda, dan orange. Namun ada pula yang kelopaknya berwarna campuran.

Sekilas, bunga krokot ini hampir mirip dengan bunga mawar. Maka dari itu tidak mengejutkan jika bunga krokot ini memiliki nama lain Moss Rose. Bunga ini termasuk tanaman hias yang tahan kering dan panas.

Itulah kenapa krokot ini tidak hanya tumbuh subur di pekarangan rumah, namun juga bisa tumbuh dengan baik di pot atau area tropis. Meskipun demikian, tetap penting untuk tahu bagaimana cara menanam krokot di pot yang benar.

Tidak masalah jika bunga krokot ini terkena paparan sinar matahari secara langsung. Maka dari itu bunga ini sangat pas jika diletakkan di bagian-bagian rumah yang terkena sinar matahari secara intens.

Cara Menanam Bunga Krokot

Untuk Anda yang tertarik untuk membudidayakan bunga krokot di pot, berikut beberapa tips menanam bunga krokot agar tumbuh subur dan cepat berbunga:

1.    Menanam Bunga Krokot

Tanam bibit bunga krokot pada media tanah yang gembur atau humus dan tidak terlalu basah. Ingat, bunga ini akan sulit hidup jika ditanam pada tanah yang terlalu padat dan sulit diairi.

Untuk meletakkan bibit bunga krokot, sebarkan dengan jarak sekitar 10-15 cm. Kemudian jangan terlalu dalam. Tujuannya agar supaya bisa terkena paparan sinar matahari. Letakkan pot pada area yang terkena sinar matahari secara intens.

cara menanam krokot di pot
kita bisa ambil krokot liar untuk di pindahkan di pot

2.    Siram Secara Teratur

Cara menanam krokot di pot yang harus dicatat adalah berkaitan dengan penyiraman. Meskipun bunga krokot termasuk tanaman hias yang cukup tahan kering, tetapi Anda tetap butuh menyiramnya secara teratur. Utamanya dalam beberapa minggu pertama setelah ditanam.

Dikarenakan akar bunga krokot ini tergolong pendek, dibutuhkan perhatian yang cukup ekstra pada awalnya. Jangan lupa untuk siram bunga ini secara rutin antara 3-5 hari sekali.

Ketika benih bunga krokot mulai tumbuh, penyiraman bisa Anda kurangi. Tujuannya adalah untuk menghindari pembusukan pada akar bunga. Jika sudah tumbuh dengan baik, Anda cukup menyemprotnya dengan air secukupnya untuk perawatan harian.

3 . Pupuk Bunga Krokot dengan Tidak Berlebihan

Cara menanam krokot di pot yang harus dicatat selanjutnya adalah dalam hal pemupukan. Tanaman hias yang satu ini termasuk cukup unik. Sebab tidak butuh ekstra pupuk untuk bisa tumbuh subur.

Bahkan disarankan agar mengurangi pemberian pupuk berlebih. Sebab justru bisa menghambat pertumbuhan bunga krokot. Idealnya berikan sedikit pupuk pada bagian akarnya dengan menggunakan butiran pupuk organik.

Jenis pupuk yang baik untuk krokot adalah mkp, gandasil B, grow more dan NPK.

4 . Usahakan Area Terpisah

Dikarenakan bunga krokot akarnya pendek, maka tidak bisa bersaing dengan bunga atau jenis tanaman hias lainnya. Maka dari itu hindari menanam jenis tanaman hias lain pada pot yang sama.

Kemudian jangan lupa untuk rutin membersihkan are pot dari gulma atau jenis tanaman liar lain. Dengan demikian, penyerapan nutrisi bunga krokot menjadi semakin maksimal.

5 . Pilih Pot atau Kotak Terpisah

Cara menanam krokot di pot berikutnya yang harus dicatat adalah bunga ini termasuk jenis tanaman hias yang sangat ideal jika dibudidayakan dalam pot atau wadah khusus.

Jika dibudidayakan di pot, kedalaman tanah bisa diatur sedemikian rupa. Sehingga pertumbuhannya pun bisa semakin maksimal. Bisa dengan pot dinding, pot gantung, maupun pot biasa.

Jangan lupa untuk terus mengawasi pertumbuhan bunga krokot. Jika memang dibutuhkan, semprotkan insektisida. Pastikan juga tidak ada gulma yang tumbuh. Pastikan juga bebas dari serangan bakteri dan jamur. Semoga ulasan mengenai cara menanam krokot di pot agar tumbuh subur dan cepat berbunga ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.