Pupuk Untuk Bayam Hasil Maksimal

Pupuk untuk bayam akan membuat pertumbuhan bayam menjadi lebih cepat, batang cepat tinggi dan daunnya lebih lebar serta lebih hijau. Tanaman ini akan merespon dengan cepat terhadap pupuk yang kita berikan.

Awal – awal pertumbuhan, bayam memang terlihat lama tumbuhnya. Tapi, ketika sudah agak tinggi, sekitar 2 mingguan, pertumbuhannya menjadi sangat cepat. Ini adalah waktu yang sangat penting untuk memberikan pupuk pada tanaman bayam. Lalu,

Apakah bayam perlu di pupuk?

Tergantung kondisi kesuburan tanah ya. Jika tanahnya kurang subur, maka bayam perlu sekali untuk dipupuk. Kalau tanah tandus dipakai buat nanam, maka tanaman akan tumbuh kurus dan kurang subur. Jadi, perlu sekali untuk memberikan pupuk pada bayam.

Pupuk apa yang cocok untuk bayam?

Pupuk yang cocok untuk bayam ada banyak alternatif ya. Bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk kimia. Sesuai prinsip masing – masing ya, kalau mau organik pakai pupuk kandang sudah cukup.

Berapa umur tanaman bayam?

Bayam adalah tanaman yang berumur pendek. Dari awal semai sampai panen hanya butuh waktu kurang lebih 21 – 25 hari. Kalau benih bagus dan penyemaian berjalan normal, 21 hari saja bayam sudah bisa dipanen.

Pupuk untuk bayam cabut

Bebagai macam pupuk bisa digunakan untuk memupuk bayam. Bisa skala rumah tangga, kebun, atau budidaya secara komersil.

Karena bayam termasuk sayuran daun, maka pupuk untuk bayam ini tidak perlu macem – macem. Paling banter bayam sudah cukup dengan pupuk kandang, NPK atau urea. Kebutuhan paling tinggi adalah Nitrogen, karena paling banyak dibutuhkan untuk fase vegetatifnya (pertumbuhan).

Nah, pupuk yang banyak kandungan Nitrogennya ini banyak jenisnya. Nanti kita akan bahas satu per satu. Khusus berbagai jenis pupuk untuk bayam dan kita bandingkan hasilnya.

Pupuk kandang untuk bayam

Pupuk kandang termasuk dalam pupuk organik untuk bayam. Jadi, bagi teman – teman yang menanam bayam secara organik, gunakan pupuk kandang ini.

Bisa menggunakan pupuk kandang kambing, pupuk kandang sapi, pupuk kandang ayam atau pupuk kompos dari daun – daunan.

Mana yang paling bagus? Sama bagusnya, tapi kalau kita bisa memilih pupuk kandang ayam yang paling bagus karena kandungan nitrogennya paling tinggi. Tapi, terkadang beberapa teman – teman lebih mudah menemukan pupuk kandang sapi, kambing atau sebaliknya. Jadi, buat mudah saja ya.

Cara aplikasi pupuk kandang untuk bayam

Pupuk kandang digunakan sebagai pupuk dasar. Yaitu pupuk yang dicampur saat pengolahan lahan sebelum penyemaian atau penanaman bayam. Waktunya 3 hari sebelum tanam.

Caranya adalah pupuk kandang ditabur di permukaan tanah atau lahan yang akan di tanami. Kemudian diolah bersama dengan tanah. Bisa dicangkul atau traktor kecil itu.

Pupuk dasar ini aplikasinya top soil. Yaitu pada kedalaman sampai 30 cm saja dari permukaan tanah. Tidak perlu dalam – dalam karena akar bayam tidak terlalu dalam menghujam.

Untuk jumlahnya, 1 – 3 kg pupuk kandang per meter persegi. Semakin banyak pupuk kandangnya, maka insyaAllah hasil bayamnya juga meningkat.

Berdasarkan penelitian,

Pemberian pupuk kandang mampu meningkatkan hasil tanaman bayam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak dosis pupuk kandang yang diberikan, maka semakin tinggi pula hasil yang didapatkan.[1]

Pupuk urea untuk bayam

Selain menggunakan pupuk organik, budidaya bayam juga bisa menggunakan pupuk urea. Urea adalah pupuk sintetis yang kandungan nitrogennya sangat tinggi, yaitu 46 %. Tapi nitrogennya dalam bentuk amoniak.

Jumlah urea yang digunakan untuk bayam adalah sebanyak 15 gram/m2 atau sama dengan 150 kg/hektar. Bisa digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan pupuk organik.

Waktu aplikasi pupuk urea ini pada saat tanaman bayam berumur 7 HST dan 14 HST. Cara aplikasi urea ini dengan membenamkannya di dekat batang bayam. Jaraknya sekitar 3 cm. Setelah itu, dilakukan penyiraman supaya tanaman tidak terbakar atau keracunan urea.

Berdasarkan penelitian yang sama, menggunakan pupuk kandang 3 kg/m2 dan urea 15 gram/m2 memberikan hasil pertumbuhan dan produksi bayam yang paling tinggi.[1]

Pupuk urea memang bagusnya di gunakan bersama dengan pupuk organik. Karena urea hanya mengandung unsur nitrogen saja. Padahal tanaman membutuhkan hara makro mikro yang cukup banyak. Jadi, unsur lain seperti P,K, Mg, Ca dan unsur mikro bisa disuplai dari pupuk organik.

Pupuk npk untuk bayam

npk untuk bayam contoh

Pupuk NPK adalah pupuk majemuk yang mengandung 3 unsur makro utama, yaitu Nitrogen (N), Fosfor (P) dan Kalium (K). Ketiga unsur tersebut sangat penting dan selalu dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak.

Tapi untuk jenis pupuk NPK tertentu, produsen sudah menambahi haranya, misalnya Magnesium dan Sulfur. Jenis NPK tersebut secara lengkap ada di link pada paragraf ini.

Kita bisa mengaplikasikan pupuk NPK untuk bayam ini dengan cara membuat parit pemupukan berjarak ± 3 cm dari larikan benih.

Untuk jumlahnya, NPK untuk bayam ini bisa menggunakan dosis sebagai berikut:

562,5 kg/hektare  atau

750 kg/hektare.

Dosis ini setara dengan masing – masing 56 gram/m2 atau 75 gram/m2.

Kedua dosis tersebut, berdasarkan  penelitian hasil pertumbuhan bayam yang paling tinggi. Diantaranya Tinggi tanaman paling tinggi, bobot lebih tinggi, jumlah daun paling banyak dan ukuran daunnya paling lebar.[2]

Sebagai tambahan informasi, pupuk NPK yang digunakan adalah pupuk NPK 16-16-16. Pupuk NPK jenis ini biasanya merek NPK mutiara, Pak tani, Yara Mila dan masih ada yang lainnya.

Seperti itu ya, pupuk bayam kali ini. Silahkan di coba bagi yang ingin menanam bayam, baik itu di kebun sendiri atau yang mau budidaya bayam juga bisa.

Terima kasih.

Referensi

[1] Daning Eka Septyarini. 2018. Pengaruh Pupuk Kandang dan Pupuk Urea pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bayam (Amaranthus hybridus). Universitas Brawijaya Fakultas Pertanian, Malang.

[2] Ahmad Fillah Ghifari, Mochammad Roviq dan Koesriharti. Pengaruh Dosis Pupuk Majemuk NPK terhadap Hasil dan Kandungan Vitamin C Dua Varietas Bayam (Amaranthus tricolor L.) Jurnal Produksi Tanaman Vol. 7 No. 10, Oktober 2019: 1780–1788.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.