Cara Menanam Kemangi DI Polybag Dari Biji

Cara menanam kemangi di polybag dengan menggunakan benih yang berasal dari bijinya. Kenapa saya lebih menyukai dengan biji? Karena menurut saya tingkat kegagalannya rendah. Memang banyak artikel yang menulis tentang cara menanam kemangi dengan stek. Akan tetapi saya sudah mencoba yang dari benih (biji). Jadi, saya bagikan di artikel kali ini.

Mungkin lain kali, kalau saya pernah melakukannya, akan saya tambah di artikel ini. Atau mungkin di artikel tersendiri. Akan tetapi untuk kali ini, cara menanam kemangi di polybag ini mulai dari biji ya.

Cara menanam kemangi sangatlah mudah. Saya berani menjaminnya, tidak banyak kerepotan, tidak rewel, paling hanya nyirami saja.

Apa itu tanaman kemangi?

Kemangi termasuk tanaman herbal yang banyak digunakan dalam menu masakan. Terutama sebagai lalapan, kemangi sangat digemari di wilayah Asia, khususnya Indonesia.

Kemangi dikenal oleh asing dengan sebutan lemon basil. Sedangkan untuk nama latinnya adalah O. basilicum var. anisatum Benth. Asalnya, kemangi adalah persilangan antara basil amerika Ocimum americanum  dan basil biasa (Ocimum basilicum).

Basil biasa gambarnya kurang lebih seperti ini.

cara menanam kemangi di polybag

Sedangkan basil amerika seperti ini. Tapi gambar bunganya saja.

cara menanam kemangi di polybag

Untuk kemangi, lebih mirip yang basil Amerika. Tapi, kemangi sudah menjadi tanaman tropis.

Kemangi bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai dataran tinggi. Boleh mendapatkan sinar matahari yang cukup lama.

Kandungan herbal kemangi

Sebagai tanaman herbal, kemangi memiliki manfaat yang sangat luas. Memang rata – rata hanya dikonsumsi, tapi dengan mengkonsumsinya kita bisa memperoleh manfaat lebih.

Biasanya, tanaman herbal dengan aroma yang kuat memiliki kandungan atau senyawa kimia yang bermacam – macam. Jika ditelisik lebih detail, masing – masing senyawa penyusun tersebut memiliki fungsi yang spesifik.

Beberapa kandungan yang dimiliki oleh kemangi diantaranya adalah:

  • Vitamin A, B, C,
  • betakaroten,
  • kalsium,
  • magnesium,
  • fosfor,
  • protein,
  • karbohidrat,
  • lemak,
  • zat besi,
  • flavonoid,
  • arginin,
  • anetoldan
  • boron
  • Serta minyak atsiri.

Untuk minyak atsiri pada kemangi senyawa – senyawa kimia yang terkandung adalah metil chaviol, linalool, eugenol, metil eugenol, fenchyl alkohol, limoenene, α-pinene, β-pinene, β-caryophyllene, thymol, camphene, α-bergamonete, geranial, geranial asetat, 1,8 – cineol, estragole, cineol, α-cubebene, nerol,methyl cinnamate, dan linalil asetat.

Misalnya untuk flavonoid dan eugenol, dia bisa berfungsi untuk anti radikal bebas. Mengkonsumsi kemangi, kita bisa memperoleh manfaat dalam peningkatan daya tahan tubuh.

Masih ada beberapa manfaat lainnya. Kita tuliskan nanti pada bagian akhir, daftar manfaat dari kemangi ini. Kita langsung saja ke langkah atau cara menanam kemangi di polybag ini.

Langkah cara menanam kemangi di polybag

Langkah yang harus dilakukan poinnya kurang lebih seperti ini.

  1. Menyiapkan media tanam
  2. Menyemai kemangi
  3. Merawat
  4. Pemanenan kemangi.

Sesederhana itu. Tapi untuk lebih detailnya, silahkan lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

Menyiapkan media tanam untuk kemangi

Harus punya polybag. Karena mau menanam di polybag. Ukurannya minimal 35 cm x 35 cm. Ukuran tersebut sudah lumayan, kalau ada yang 40 x 40 malah lebih bagus.

Selanjutnya untuk isi polybagnya, media tanam. Kalau ada komposnya malah bagus.

Pakai media tanam campuran antara tanah dan kompos. Perbandingannya 1:1.

Kalau terpaksa tidak punya kompos, pakai perbandingan tanah dan sekam bakar. Perbandingannya sama, tanah 1 bagian dan sekam bakar 1 bagian.

Menyemai benih kemangi

Benih kemangi, kalau hendak menanam bijinya, bisa kita dapatkan dengan dua cara. Pertama, beli. Kedua, dengan mengambil dari bunga kemangi yang sudah kering. Bunga kemangi kita urut dengan tangan sampai bijinya terkumpul. Lalu kita tanam.

cara menanam kemangi di polybag

Menanamnya tinggal di sebar saja di permukaan media tanam. Menyebarnya secara merata, jangan mengumpul jadi satu.

Kemudian menutupnya dengan tanah atau media tanam tipis – tipis saja. Tebalnya kira – kira ya 1 cm an.

Setelah itu disiram dengan air dan dijaga supaya permukaan media tanam tetap lembap. Dalam sehari, menyiram dua kali sehari sudah cukup untuk menjaga kelebapannya.

Kalau benihnya bagus, dalam 3 – 5 hari benih kemangi sudah mulai berkecambah.

Merawat kemangi di polybag

Perawatan ini sejak benih kemangi mulai berkecambah sampai akhir. Daftar perawatan yang perlu dilakukan:

  • Mencabuti rumput liar.
  • Memberi pupuk.

Menyiram harus dilakukan dengan hati – hati, terutama kalau kemangi masih kecil – kecil. Dikhawatirkan kalau guyuran air terlalu deras, bisa membuat patah batang kemangi yang masih lunak.

cara menanam kemangi di polybag

Nah, nanti kalau kemangi sudah agak besar, menyiram dengan debit yang agak besar tidak masalah. Supaya cepat dan hemat waktu.

Rumput liar pasti ada. Terutama kalau kita pakai kompos, biasanya rumput liar tumbuh lebih banyak. Rumput liar ini dibuang saja, karena bisa mengganggu tanaman utama dalam menyerap nutrisi.

Pupuk untuk kemangi sangat sederhana. Kalau di awal penyiapan media tanam kita sudah menggunakan kompos, itu saja sebenarnya sudah cukup.

Kemangi bisa tumbuh dengan subur meski hanya pakai kompos saja.

cara menanam kemangi di polybag

Kemangi ini satu minggu dari mulai sprouting

Kecuali media tanam tidak memakai kompos, misalnya hanya tanah dan sekam bakar, ada baiknya kalau kita menambah pupuk.

Pupuk standard saja, misalnya pupuk NPK. Boleh pakai NPK 16-16-16 atau NPK 15-15-15. Jenis NPK ini banyak sekali, biar gampang saja, pakai salah satu NPK di atas.

Pemupukan dengan NPK ini diberikan setiap 1 minggu sekali, dengan menambahkan 1 sendoh tek untuk setiap polybag. Ditaruh di bagian pinggir dari polybag, jangan langsung di bawah kemangi (tepat di pangkal batang).

Untuk hama, kemangi sepertinya tidak banyak hama yang menyerang. Tapi tergantung jenis tanaman di sekitar kemanginya.

cara menanam kemangi di polybag

usia kemangi 3 minggu dari mulai sprouting

Misalnya seperti ini. Kita menanam kemangi di polybag dan beberapa jenis tanaman lainnya misalnya bayam, cabe, terong, kangkung, tomat, buncis,melon,  oyong, kacang panjang, dan lain sebagainya.

Jika tanaman selain kemangi banyak hamanya, maka kemungkinan besar hama tersebut juga berpindah menyerang kemangi. Meskipun jumlahnya tidak banyak, biasanya tetap ada.

Jadi, untuk soal hama pada kemangi, kita tidak perlu terlalu risau.

Panen kemangi di polybag

Kemangi dipanen ketika tingginya sudah sekitar 20 – 30 cm. Tergantung kebutuhan juga sih.

Kemangi usia 4 minggu, dari sprouting. Usia ini kemangi bisa dipanen untuk kemangi cabut.

Tambah seminggu lagi, kemangi sudah lebih besar lagi. tapi ini sudah mulai akan berbunga.

Kalau butuhnya untuk dijual, maka judulnya jadi kemangi cabut. Kemangi di panen dengan cara di cabut, kemudian diikat dan di jual.

Jika seperti itu, maka kemangi harus dipanen sebelum berbunga. Sudah berbunga juga tidak masalah, tapi kan perlu waktu lebih lama.

Untuk kebutuhan sendiri, kemangi biasanya diambil bagian pucuknya. Di patahin pakai tangan saja.

Nanti kemangi akan tumbuh tunas baru dan semakin megar vigornya. Semakin lama akan semakin besar dan semakin banyak tunasnya.

Semakin bagus, tapi nanti memerlukan penyiraman yang frekuensinya lebih sering.

Seperti itu ya, cara menanam kemangi di polybag. Semoga bisa bermanfaat.

Please Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *