Cara Menanam Kangkung di Polybag 21 Hari panen

Pada dasarnya cara menanam kangkung di polybag bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Apalagi kangkung sendiri dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang paling mudah untuk ditanam atau dibudidayakan. Manfaatnya juga banyak. Selain untuk sayuran sendiri, kangkung bisa diberikan untuk pakan ternak. Misalnya untuk pakan lele, kelinci, dan sebagainya.

Jika anda hobi berkebun, kangkung ini wajib ada di kebun kita. Karena kangkung ini mudah ditanam, tidak repot perawatan dan tentunya bergizi tinggi untuk menu kita.

Nah, metode tanam menggunakan polybag kini tengah banyak digemari masyarakat. Sebab lahan sempit bisa Anda sulap menjadi lahan pertanian. Salah satunya adalah menanam sayur-sayuran.

cara menanam kangkung di polybag

Dalam hal ini, kangkung bisa menjadi salah satu jenis sayuran yang bisa dipilih. Apalagi selain dikenal sangat menyehatkan, kangkung juga termasuk sayuran yang memiliki periode tanam yang cukup pendek.

Jika lokasi kebun Anda bagus, maka kangkung bisa dipanen dalam waktu 21 hari. Hanya tiga minggu saja.

Asalkan sinar matahari cukup, air cukup (jangan sampai layu) dan pupuk diberikan dengan cukup.

Langkah langkah penanaman Kangkung di Polybag

Ada beberapa tahapan terkait dengan cara menanam kangkung di polybag ini. Namun sebelumnya Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis kangkung yang ingin Anda budidayakan.

Nah, untuk di Indonesia sendiri, jenis kangkung yang paling banyak dibudidayakan adalah kangkung darat dan kangkung sawah. Kemudian ketika Anda ingin membudidayakannya, ada dua opsi yang bisa dipilih.

Berikut ini adalah langkah langkah penanaman kangkung di polybag secara singkat.

  1. Mempersiapkan Polybag

    Dikarenakan Anda ingin mempraktikkan cara menanam kangkung di polybag, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan polybagnya terlebih dahulu. Pilih saja polybag dengan ukuran yang Anda inginkan. Setelah itu jangan lupa untuk memberi lubang kecil pada bagian bawah polybag.

    Ukuran polybag yang ideal minimal yang 35 cm x 35 cm. Kalau ada 40 cm x 40 lebih bagus. Kalau kita membeli polybag, biasanya sudah ada lubang – lubangnya. Jadi, kita tidak perlu repot untuk melubanginya sendiri.

  2. Mempersiapkan Media Tanam

    Setelah membeli polybag sejumlah yang Anda butuhkan, kini saatnya untuk membuat media tanam untuk kangkung. Untuk media tanamnya sendiri menggunakan campuran antara tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1. Artinya untuk jumlah tanahnya lebih banyak.

    Atau Anda juga bisa menambah arang sekam juga. Nah, jika ingin menambahnya dengan arang sekam, jumlahnya harus sedikit saja. Setelah media tanam kangkung siap, masukkan ke polybag yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Kemudian diamkan kira-kira 1 sampai dengan 2 hari.

    Campuran mediat tanam alternatif adalah hanya menggunakan tanah dan sekam bakar. Perbandingannya 1:1. Nanti kita bisa mendapatkan media tanam yang cukup banyak untuk mengisi polybag.

  3. Menanam bibit kangkung


    Tahapan cara menanam kangkung di polybag selanjutnya adalah tahap penanaman. Untuk tahap penanaman ini tergantung opsi mana yang Anda pilih. Jika Anda memilih opsi tidak melakukan penyemaian atau langsung tanam, maka tinggal menaruh beberapa bibit kangkung ke dalam polybag. 

    Berbeda cara ketika Anda memilih melakukan penyemaian terlebih dahulu. Anda harus memindahkan dari tempat penyemaian bibit kangkung ke polybag yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

    Nah, pada saat Anda melakukan pemindahan ini harus dilakukan secara hati-hati. Jangan sampai saat dipindah akar kangkung rusak. Hal ini berpotensi besar akan mengganggu proses pertumbuhan kangkung itu sendiri.

    Kemudian buatlah lubang di polybag dengan kedalaman 10 hingga 15 cm. Setiap polybag cukup 3 lubang saja. Setelah itu Anda tinggal memasukkan dua bibit kangkung pada setiap lubang tadi.

    Kalau untuk kangkung, menurut saya lebih praktis kalau kita menyemai langsung di polybag saja. Lebih praktis dan hasilnya sama baiknya.

    Caranya kita tinggal sebar saja benih kangkung di permukaan media tanam. Kemudian kita tutup tanah secukupnya. Jangan tertalu tipis dan jangan terlalu tebal. Kira – kira setebal satu ruas jari orang dewasa.

    Lalu, kita sirami secara rutin pada pagi dan sore hari. Karena permukaan media cepat kering jadi jangan sampai benih kekeringan. Kondisi yang lembab dan konstan sangat dibutuhkan benih kangkung supaya cepat berkecambah.cara menanam kangkung di polybag

  4. Merawat kangkung di polybag

    Tahap perawatan adalah salah satu tahapan paling krusial dalam cara menanam kangkung di polybag. Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir. Soalnya kangkung tergolong jenis tanaman yang sangat mudah dari segi perawatannya.

    Apalagi kangkung dikenal sebagai jenis tanaman yang mudah tumbuh dan tidak mudah terkena hama penyakit. Hal pertama yang harus dilakukan adalah rutin menyiraminya pada pagi dan sore hari.

    Air yang cukup akan membuat kangkung subur dan daunnya besar – besar. Kalau sampai telat nyiram dan kangkung sampai layu, daun bagian bawah kangkung biasanya akan menguning.

    Namun ini dilakukan pada saat musim kemarau saja. Jangan Anda lakukan pada musim hujan. Soalnya jika kangkung terlalu banyak mendapatkan air justru akan mudah rusak.
    Perawatan selanjutnya adalah membersihkan gulma dan rumput yang sering tumbuh di sekitar tanaman kangkung. Media tanam yang ada tanahnya pasti akan tumbuh rumput liar.

    Selanjutnya adalah pemupukan. Kangkung tidak butuh pupuk aneh – aneh. Organik sudah cukup.

    Akan tetapi, kalau mau maksimal kita bisa memakai pupuk NPK. Jenis NPK ini ada banyak, dan kita bisa memilihnya.

  5. Hama tanaman Kangkung

    Bukan berarti cara menanam kangkung di polybag tanpa hama. Kangkung termasuk tanaman yang disukai oleh kutu kebul atau kutu putih. Hewan kecil yang berwarna putih yang biasanya hinggap di bawah daun.

    Kalau kangkung yang kita tanam deket cabai, tomat atau terong, pasti hama ini akan muncul.

    Selain kutu putih, hama pada tanaman kangkung adalah belalang. Belalang sangat menyukai tanaman kangkung. Mereka menanam daunnya sehingga daun ini berlobang – lobang.

    Kita bisa mengatasi hama pada tanaman kangkung dengan pestisida nabati atau pestisida hayati (beauveria bassiana). Ini adalah jamur yang secara alami menjadi musuh kedua hama di atas.  Memang tidak setokcer obat kimia, tapi secara alami dan kontinyu mereka akan mengendalikan populasi kutu putih dan belalang.

  6. Waktu panen kangkung di polybag

    Menanam kangkung di polybag seperti ini sudah bisa Anda panen dalam waktu 25 hingga 30 hari. Kemudian untuk memanennya ada dua opsi yang bisa dipilih. Opsi pertama adalah mencabut kangkung hingga ke akarnya. Opsi kedua adalah memotong pada bagian batangnya. Ini bisa dilakukan dengan tujuan bisa panen dua kali.
    Akan tetapi, kalau lokasi kebuh full sinar matahari dan air cukup, kangkung usia 21 hari sudah bisa di panen.

    Misalnya kita langsung menyemai di polybagnya, dan benih yang ditanam cukup rapat, kita bisa memanenya dengan mengambil yang batangnya besar terlebih dahulu.
    Nanti, setelah yang masih kecil sudah tumbuh besar, kita bisa memanennya ulang.

Berikut ini adalah gambar dari cara menanam kangkung di polybag yang pernah saya lakukan.

cara menanam kangkung di polybag
saya melakukannya dengan menyemai benih kangkung terlebih dahulu. Seharusnya langsung saja di tanam di polybag lebih simple.
cara menanam kangkung di polybag
Pada tahap ini gambar diambil pada tanggal 5/8/2021
cara menanam kangkung di polybag
Kalau ini diambil pada tanggal 6/8/2021
9/8/2021
16/8/2021
17/8/2021
cara menanam kangkung di polybag
22/8/2021

Mengenal Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Artinya ada dua pilihan cara yang bisa Anda pilih. Pertama adalah langsung menanam kangkung. Lalu yang kedua adalah melakukan penyemaian terlebih dahulu. Nah, untuk Anda yang tidak ingin ribet, langsung menanam bibit kangkung di polybag adalah pilihan terbaiknya.

Jangan pernah menyepelekan sayuran bernama kangkung ini. Pasalnya kangkung dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya sekali akan gizi dan nutrisi di dalamnya. Sehingga kangkung memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Nah, untuk Anda yang penasaran, berikut ini adalah beberapa contoh khasiat kangkung untuk kesehatan:

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kangkung ternyata bisa dijadikan sebagai sayuran wajib di tengah pandemi COVID 19 yang masih juga belum usai. Soalnya kangkung masuk dalam kategori sayuran dengan kemampuan memperkuat imunitas tubuh.

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan C yang ada di dalamnya. Kedua jenis vitamin ini memang dikenal memiliki keterlibatan dalam aktivitas sel darah putih. Seperti Anda tahu sendiri jika sel darah putih ini salah satu fungsi utamanya adalah melawan infeksi.

Kemudian aktivitas antioksidan yang berasal dari vitamin A dan C yang terkandung pada kangkung dikatakan mampu melindungi sel-sel imun dari ancaman kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

  1. Obat Alami Darah Tinggi

Manfaat kangkung berikutnya adalah bisa dijadikan sebagai obat alami darah tinggi. Kemampuan kangkung dalam menurunkan tekanan darah ini berasal dari kalium yang terkandung di dalamnya. Seperti yang diketahui jika kalium ini memiliki kemampuan untuk mengatur serta menurunkan tekanan darah.

  1. Melawan Radikal Bebas

Seperti yang Anda ketahui jika antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini bisa memberikan jenis-jenis permasalahan kesehatan yang cukup besar. Mulai dari kerusakan DNA, jaringan, sel, hingga organ tubuh.

Jika dibiarkan tanpa ada penanganan yang tepat, radikal bebas di dalam tubuh yang berlebihan bisa menjadi pemicu beragam penyakit berbahaya. Misalnya saja seperti kanker dan diabetes.

Untungnya selain berasal dari vitamin A dan C, kangkung ini juga mengandung beragam senyawa tanaman dengan aktivitas antioksidan juga. Mulai dari asam palmitate, flavonoid, hingga phytol.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Sayangnya banyak yang belum tahu jika kangkung memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mata. Kemampuan ini didapatkan dari betakaroten yang terkandung di dalamnya. Zat yang memiliki kemampuan melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Betakaroten ini merupakan bahan baku vitamin A di dalam tubuh manusia.

Seperti yang diketahui jika vitamin A memiliki peran yang sangat besar terhadap kesehatan mata. Mulai dari menjaga kejernihan kornea mata, menjadi komponen dalam pembentukan rhodopsin, hingga berpesan sebagai protein mata.

  1. Mengatur Keseimbangan Cairan

Setiap harinya tubuh manusia membutuhkan kalium. Oleh sebab itu, penting sekali untuk membiasakan mengonsumsi jenis makanan yang kandungan kaliumnya cukup tinggi. Kangkung adalah termasuk sayuran dengan kandungan kalium yang tinggi.

Ada cukup banyak fungsi dari kalium ini. Mengatur keseimbangan cairan tubuh adalah salah satu contohnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak yang merekomendasikan untuk rutin mengonsumsi kangkung.

Di atas sebenarnya baru beberapa contoh saja. Artinya masih ada cukup banyak lagi manfaat kangkung untuk kesehatan. Oleh sebab itu segeralah praktikkan cara menanam kangkung di polybag agar bisa mengonsumsi kangkung setiap hari.

Please Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *