Breaking News
kencur dan kuning telur

Penambah Nafsu Makan Kambing

Penambah nafsu makan kambing adalah pakan tambahan yang fungsinya sebagai booster untuk meningkatkan konsumsi pakan. Akan tetapi, banyak atau sedikit konsumsi pakan bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Misalnya palatabilitas pakan, suhu lingkungan, dan kesehatan kambing.

Apa Penyebab kambing kurang nafsu makan?

Penyebab kambing kurang nafsu makan kemungkinan besar adalah jenis pakannya kurang disukai. Atau istilah lain palatabilitasnya rendah. Selain itu bisa karena kambing masih dalam proses adaptasi lingkungan baru. Kemungkinan terakhir, kambing sedang sakit.

Penyebab nafsu makan kambing hilang

Tingkat nafsu makan ternak kambing itu menurut saya berbeda-beda. Ada banyak hal yang mempengaruhi ternak kambing dalam soal nafsu makan ini.

Diantaranya ialah tingkat palatabilitas pakan dan kondisi dari ternak kambing itu sendiri. Kambing yang sakit atau kurang sehat tentu nafsu makannya akan berbeda dengan nafsu makan kambing yang normal.

Untuk kambing yang normal, nafsu makan nya pun kadang yang berbeda. Pakan hijauan jenis tertentu, misalnya rumput gajah, daun singkong dll, satu kambing bisa makan dengan lahap yang lain belum tentu.

Kalau pakannya sama, otomatis palatabilitas pakan juga sama. Akan tetapi ada kambing yang nafsu makan terhadap pakan tersebut kurang.

Secara umum penyebab nafsu makan kambing berkurang bisa disebabkan karena 4 hal ini.

Pakan kurang berkualitas

Perbedaan kualitas pakan yang mencolok akan ditolak mentah – mentah oleh kambing. Misalnya jika kambing kita kasih jerami padi dan gedebok pisang sebagai menu pakan utama. Dalam jumlah sedikit, mungkin masih ok, dalam jangka panjang , jangan tanya. Mau tidak mau kita harus mengganti dan meningkatkan kualitas nutrisi pakan.

Kecuali, jika kambing yang sebelumnya terbiasa makan daun singkong kemudian tidak mau memakan rumput odot, maka itu masalah kebiasaan pola makan saja. Itu hal normal dan masih bisa untuk dibiasakan.

Kambing kurang minum

Apakah kambing tidak perlu minum?

Kambing sangat perlu air. Air harus selalu tersedia. Kebutuhan kambing akan air antara 1 – 3 liter / ekor / hari.

Jika kambing kekurangan air, mereka akan berhenti makan. Coba saja. Beri kambing makan dengan pakan yang kering. Ketika mereka sudah sangat membutuhkan air, mereka hanya akan mengembik dan tidak mau makan. Meskipun pakan didepan mereka masih banyak.

Akan tetapi, kambing mencukupi kebutuhan airnya tidak melulu dari minum yang kita berikan. Dari pakan juga bisa. Misalnya, kambing yang diberi pakan rumput odot segar, minumnya sedikit. Hal ini karena kandungan air pada rumput odot sangat tinggi. Tanpa minumpun mereka masih bisa kencing dengan lancar dan bening.

Kambing sakit

Yang ini jelas akan mengganggu nafsu makan kambing. Apapun gangguan penyakitnya, efeknya langsung ke kualitas makan kambing. Makanya cek apa saja penyakit kambing yang ada.

Penambah nafsu makan kambing

Penambah nafsu makan kambing selain dengan menghilangkan penyebab di atas, bisa dua hal pada kambing. Pertama, obat dan kedua ramuah herbal.

Obat penambah nafsu makan kambing

Obat penambah nafsu makan kambing ini bisa kita temui di pasaran. Banyak jenis dan merek produknya. Daftarnya kurang lebih sebagai berikut:

  1. Gayemi. Berbentuk serbuk, pemberian dengan dicekokkan.
  2. Super doko. Berbentuk Cair, pemberian lewat air minum atau komboran.
  3. PRIMAVIT MEYER. Ada yang serbuk dan ada yang cair.
  4. Vitaplex, VItamin B Complex Meyer. Pemberian injeksi.

Itulah beberapa daftar obat penambah nafsu makan kambing. Rata – rata memang isinya vitamin – vitamin. Ada juga yang ditambah dengan beberapa herbal yang siap pakai. Kalau begitu, kita langsung saja ke bawah.

Ramuan herbal penambah nafsu makan kambing

Untuk jamu penambah nafsu makan kambing, sebenarnya sudah banyak produknya yang dijual di pasaran. Tinggal beli dan langsung diberikan ke kambing.

Pemberiannya sesuai petunjuk penggunaan tentunya. Atau bisa berkonsultasi ke dokter hewan atau mantri hewan terdekat.

Untuk penggunaan jangka panjang, ini kan menjadi suatu kerepotan. Repot harus beli terus menerus dan repot di kantong.

Resiko produk yang tidak herbal mungkin ada efek sampingnya kalau digunakan dalam waktu jangka panjang.

Saya meperoleh sebuah artikel yang memberikan alternatif jamu penambah nafsu makan kambing. Resepnya herbal dan sepertinya mudah untuk diikuti.

Resep – resepnya antara lain adalah sebagai berikut:

Pertama

daun talas dan garam sebagai penambah nafsu makan kambing

Daun talas sebanyak 3 lembar dan garam dapur 3 sendok makan. Penyajiannya sebagai jamu penambah nafsu makan kambing, daun talas dan garam dapur dimasak secara bersamaan selama 15 menit.

Daun yang sudah dimasak tadi kemudian diberikan ke kambing yang nafsu makannya kurang. Ini resep penambah nafsu makan kambing per ekor kambing.

Kalau anda punya 20 kambing, ya berarti 60 lembar daun talas dan 60 sendok makan garam dapur. hahaha….

Tapi apakah daun talas disukai kambing atau palatabilitasnya bagus? ataukah pemberiannya harus dipaksa? ya dicoba saja….

Kedua

kencur dan kuning telur sebagai penambah nafsu makan kambing

Kencur dan kuning telur ayam. Kencur segar sebanyak 1 ons dihaluskan. Kencur yang sudah halus dicampur dengan kuning telur ayam 1 butir. Dicampur dan diaduk sampai merata.

Pemberiannya kepada kambing selama 3 hari sekali sampai nafsu makan kambing kembali normal.

Ke Tiga

Daun buni atau daun wuni, umbi lempuyang gajah dan terasi.  Daun buni , umbi lempuyang gajah, dan ditambah terasi secukupnya ditumbuk sampai halus. Setelah itu diseduh dengan air matang, airnya sedikit saja.

Kemudian diperas dan perasannya dicekokkan ke kambing yang nafsu makannya berkurang.

Ke empat

Mentimun, garam dapur, asam jawa dan terasi.

Mentimun sebanyak 2 buah dihaluskan, kemudian ditambah garam dapur, Asam jawa, terasi dan sedikit air. Semua bahan dicampur dan diaduk supaya merata lalu siap diberikan atau dicekokkan ke kambing yang nafsu makannya berkurang.

Silahkan dicoba dan dipraktekkan kalau anda mempunyai kambing yang nafsu makannya berkurang. Jika masih kurang, ini alternatif penambah nafsu makan kambing lagi.

Semoga berhasil dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.