Mengetahui Ciri – Ciri Kehamilan Kambing

SHARE:

Kenapa kita harus bisa mengidentifikasi kehamilan kambing?

mengetahui-ciri-ciri-kambing-hamil

Cara mengetahui kehamilan ternak kambing merupakan hal yang gampang-gampang susah. Bagi yang sudah terbiasa kehamilan ternak kambing dapat diketahui dari siklus birahinya. Cara ini merupakan langkah yang paling mudah untuk menentukan kehamilan kambing.

Terkadang kambing tidak mengalami siklus birahi yang teratur. Oleh karena itu apabila hal ini terjadi, akan sulit untuk menentukan apakah kambing sudah hamil atau belum.

Pada masa awal kehamilan, sebenarnya kambing akan menunjukkan tanda-tanda kalau ia sedang hamil.Secara fisik, tanda-tanda kehamilan kambing akan terlihat. Akan tetapi perlu pengalaman yang cukup banyak untuk bisa mengetahui hal ini.

Kehamilan kambing ini sesegera mungkin harus diketahui. Tapi tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 3 mingguan sejak dikawinkan untuk memastikannya.

Kenapa ini perlu dan penting? Karena:

  1. Semakin cepat kehamilan kambing diketahui, maka kita bisa fokus untuk ke perawatannya. Artinya organ reproduksi kambing masih normal dan kegiatan breeding bisa terus jalan.
  2. Jika kegagalan hamil terjadi cukup lama, kita bisa segera memutuskan ke langkah yang perlu diambil. Misalnya, kambing betina dijual, dipotong atau digemukkan saja.
  3. Memotong biaya dan waktu produksi. Harga jual kambing betina tidak berbeda jauh dari harga beli, jika tidak ada anaknya atau kondisinya yang super gemuk.

Untuk usia kehamilan yang sudah tua, identifikasinya cukup mudah. Karena secara fisik, perbedaannya mulai terlihat. Tapi apakah kita harus menunggu selama itu, 3 bulan?

Semua orang saya kira juga tahu, kalau kambing yang sedang hamil perutnya membesar. Karena perutnya membesar ini akan menarik kulit pada bagian pusar. Sehingga pusarnya juga terlihat membesar.

Selain perut membesar, kita bisa melihat kondisi ambing kambing. Usia kehamilan 3 bulan, ambing akan mulai terlihat berisi dan jatuh. Tapi untuk kambing dara, hal seperti itu jarang sekali terjadi.

Setidaknya kambing dara baru menunjukkan ambingnya terisi ketika benar – benar mendekati minggu kelahiran.

Ada beberapa tanda-tanda atau langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui kehamilan ternak kambing kesayangan kita. Hal-hal tersebut adalah sebagaimana kami jelaskan di bawah ini.

1 . Menentukan kehamilan kambing dari siklus birahi

Cara menentukan apakah ternak kambing kita hamil atau belum dapat dilihat dari siklus birahinya. Mengenai siklus birahi ini sudah pernah saya tulis dalam blog ini. Untuk membacanya anda dapat mengunjungi link artikel di bawah ini.

mempercepat birahi kambing dan domba.

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling cepat dan paling murah. Karena semua orang bisa melakukannya.

Asalkan kita mengingat hari dan tanggal dimana kambing terakhir dikawinkan

Apabila dalam kurun waktu kurang lebih 3 minggu kambing tidak menunjukkan tanda-tanda birahi, kemungkinan sangat besar kambing anda hamil. Dalam hal ini pastikan kambing dalam kondisi sehat. Karena bisa jadi tidak munculnya tanda birahi disebabkan karena terinfeksi penyakit atau yang lainnya.

Pada masa awal-awal birahi, kambing menunjukkan tanda-tanda yang jelas apabila kita selalu mengamati ternak kambing kita. Kambing yang sedang hamil menunjukkan nafsu makan yang meningkat dari biasanya. Selain itu ia menjadi lebih pendiam dan tenang.

Identifikasi kambing hamil dengan siklus birahi adalah metode terbaik, menurut saya. Cepat, murah dan akurat.

Karena dari sebuah penelitian kambing baladi Mesir, dari 110 ekor kambing yang dikawinkan, kehamilan terdeteksi paling cepat setelah 19,5 hari setelah dikawinkan.[1]

Itupun pengujian dilakukan dengan menggunakan alat ultrasonografi.

Ini tidak membandingkan antara metode siklus birahi dengan ultrasonografi. Tapi, kedua metode tersebut hasilnya sama – saja.

Kalau kambing tidak mengembik (minta kawin lagi) setelah 3 minggu, maka kambing kemungkinan besar hamil.

Bedanya adalah kalau siklus birahi kita bisa memastikan kalau perut kambing ada isinya setelah usia hamil agak tua.

Sedangkan pada metode ultrasonografi, kita bisa lebih yakin dan tahu kalau hamilnya kambing itu ada isinya (janin). Jadi lebih yakin karena hasil tes ultrasonografi disertahi hasil gambar ujinya.

2 . Menentukan Kehamilan kambing dari dubur kambing

Apabila anda yakin kambing anda dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda birahi, maka bisa memeriksa kehamilan kambing dengan cara lain.

Masa kehamilan dua sampai tiga bulan, ada beberapa kambing yang tidak menunjukkan perbedaan yang nyata. Apabila hal ini terjadi, maka kita bisa memeriksa kehamilan kambing dari bentuk anus dan vaginanya.

Cara ini efektif dilakukan pada usia kehamilan kambing antara 2 – 3 bulan. Akan tetapi ada beberapa kambing yang tidak menunjukkan tanda kehamilannya melalui hal ini.

Anus kambing yang sedang hamil posisinya akan menjauh dari lokasi ekor. Sedangkan vaginanya akan terlihat lebih panjang. Anda akan melihat perbedaan ini apabila kita membandingkan gambarnya pada awal kehamilan dan 2-3 bulan masa kehamilan.

3 . Mengetahui tanda kehamilan kambing dari produksi susu

Untuk kambing perah, selain tanda-tanda di atas ada tanda lain untuk mengetahui kehamilan ternak kambing.

Kambing perah yang sedang hamil biasanya terjadi penurunan produksi susu. Ambing susu kambing yang sedang hamil aka mengecil. Ambing susu akan mulai turun dan membesar pada usia kehamilan sekitar 15 minggu atau 3 bulan lebih.

Metode-metode di atas adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui tanda-tanda kambing yang sedang hamil. Akan tetapi cara di atas bisa dikatakan kurang akurat. Hal itu dikarenakan membutuhkan pengalaman yang cukup banyak dalam berternak kambing.

4 . Mengetahui kehamilan kambing dengan stetoskop

Cara ini mungkin hanya dilakukan oleh dokter-dokter hewan. Stetoskop bisa digunakan untuk mengetahui detak jantung dari cempe yang masih dalam kandungan.

Saat ini sudah banyak stetoskop yang dijual dengan harga yang sangat murah. Harganya mulai 50 ribuan sampai jutaan. Anda bisa mencoba mencarinya di toko-toko online yang ada di Indonesia.

Metode ini dilakukan dengan cara menempatkan probe stetoskop pada perut kambing bagian kanan. Karena perut bagian kiri terdapat rumen kambing. Apabila terdengar denyut jantung cempe, maka bisa dipasitkan kambing anda sedang hamil.

Cara yang lebih akurat adalah dengan tes urin atau darat. Selain itu bisa menggunakan ultrasonografi. Akan tetapi cara ini memerlukan biaya dan tidak direkomendasikan untuk peternak kecil.

Selain harganya mahal, peralatan elektronik seperti itu juga memiliki standard errornya.

Seberapa mahal sih alat ini? Silahkan cari info sendiri ya. Saya bantu untuk salah satu merk yang bisa dicari adalah Draminsky Ultrasound Scaner.

Maksud saya dengan standard error adalah akurasi dari alat – alat seperti itu juga tidak selalu 100%.

Sebagai contoh adalah pada kasus di bawah ini.

Pernah ada penelitian untuk menguji keakuratan alat ultrasonografi seperti itu.

Dari total sebanyak 88 ekor kambing betina yang dikawinkan, pengujian tes kehamilan dengan ultrasonografi bisa dilihat pada tabel di bawah ini.[2]

1Hasil tes hamil dan lahir cempe28 ekor
2Hasil tes hamil tapi ternyata tidak hamil6 ekor
3Hasil tes tidak hamil tapi ternyata hamil12
4Hasil tes tidak hamil, memang tidak hamil34

Berarti, kesalahan diagnosis terdapat pada nomer 2 dan 3. totalnya ada 18 ekor yang diagnosanya salah.

Tidak tahu apakah operatornya yang melakukan kesalahan atau karena manajemen produksinya yang kurang maksimal.

Bisa jadi kambing yang awalnya didiagnosa hamil, tapi ketika perawatan janin mati dan sebagainya.

Jadi, menurut saya mendeteksi kehamilan kambing paling efektif dan murah adalah dengan mengamati siklus birahi dari kambing.

Semua metode intinya sama, yaitu asalkan kambing tidak minta kawin lagi, maka ia hamil.

Bagaimana jika tidak hamil tapi tidak minta kawin lagi?

Coba cek pakannya dulu. Kualitas pakan sangat mempengaruhi terhadap birahi kambing.

Jika kambing dalam kondisi sangat kurus, perbaiki dulu kondisi skor tubuhnya.

Ketika skor tubuh sudah membaik tapi masih tidak menunjukkan gejala birahi, mungkin saatnya memanggil mantri hewan.

Referensi

[1] Amer, Hussein A., Determination of First Pregnancy and Foetal Measurements In Egyptian Baladi Goats (Capra hircus). Departement of Theriogenology, Faculty of Veterinary medicine, Zagazig University. Veterinaria Italiana, 44 (2), 429 – 437.

[2] Wardani, Meilinda, Suyadi, dan Nuryadi. Uji Akurasi Kebuntingan Pada Kambing Menggunakan Ultrasonography. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Malang.

SHARE:

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. Lekyo berkata:

    jika setelah satu siklus birahi tidak minta kawin lagi, kemungkinan hamil.

  2. Aguspriyadi berkata:

    Cara mengetahui kambing hamil atau tidaknya giman

  3. joyo sulistyo berkata:

    Terimakasih Mas Abdul Ghofur.

  4. abdulghofur berkata:

    membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *