Cara Menanam Kailan Dari Biji Di Polybag Di dataran Rendah

Bagi saya, Cara menanam kailan dari biji membutuhkan ketelatenan. Pertama, karena kailan bukan tanaman yang cocok di dataran rendah. Padahal lokasi saya di dataran rendah. Kedua, kailan ini banyak hamanya.

Saya sudah beberapa kali menanam kailan. Baik itu secara hidroponik maupun menanam di polybag. Dan alhamdulillah, hasilnya cukup memuaskan untuk lokasi saya sekarang ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman saya tentang cara menanam kailan dari biji, di polybag dan di dataran rendah.

Apa itu tanaman kailan?

cara menanam kailan dari biji di polybag

Tanaman Kailan merupakan sayuran daun yang memiliki daun tebal, datar, mengkilap, serta memiliki warna yang hijau agak kebiruan dengan letak yang berseling.

Ternyata, warna daun kailan tidak sehijau seperti gambarnya yang beredar di internet. Silahkan coba tanam kailan sendiri, nanti kan tahu bedanya.

Kailan mempunyai kemiripan dengan bunga Kol, hal ini disebabkan karena memang Kailan masih satu family dengan bunga kol. Tapi, menurut saya, kailan lebih mirip dengan brokoli.

Meskipun termasuk jenis sayuran daun, batang kailan tetap enak untuk dimakan. Asalkan memanennya tidak terlalu tua.

Kailan rasanya sangat enak kalau dimasak. Untuk resep – resepnya silahkan cari di cookpad saja ya. Di sana pasti lebih lengkap.

Sependek pengalaman saya, kailan yang saya tanam dengan cara hidroponik rasanya lebih manis. Tidak ada pahit – pahitnya sama sekali. Ternyata, rasanya sedikit berbeda dengan kailan yang saya tanam di polybag.

Lokasi ideal untuk menanam kailan

Kailan dapat tumbuh di area tropis seperti Indonesia. Suhu yang sesuai untuk pertumbuhannya yaitu berkisar antara 15 – 25oC. Kalau untuk ketinggian lokasi, antara 300 – 1900 mdpl.

Kailan dapat hidup dikondisi hujan, sehingga dapat ditanam di sepanjang tahun. Pada musim kemarau yang perlu diperhatikan adalah penyiraman secara teratur, agar pemenuhan airnya dapat tercukupi.

Kailan menyukai area yang sejuk, dengan suhu yang lebih sejuk maka pertumbuhan Kailan akan lebih optimal. Kailan juga menghendaki keadaan tanah yang gembur dan subur dengan pH 5,5- 6,5.

Tapi tenang, daerah lebih rendah dari 300 mdpl dan suhunya lebih dari 25 0C tetap bisa menanam kailan sendiri.

Kandungan nutrisi sayuran kailan

Kandungan nutrisi dari kailan bisa kita lihat pada tabel di bawah ini.

Kandungan nutrisi kailan per 100 gram

Zat gizi Jumlah
Energi (Kalori) 35.00 Kal
Protein 3.0 g
Lemak 0.40 g
Karbohidrat 6.80 g
Serat 1.20 g
Kalsium (Ca) 230.00 mg
Fosfor (P) 56.00 mg
Besi (Fe) 2.00 mg
Vitamin A 135.00 RE
Vitamin B1 (Thiamin) 0.10 mg
Vitamin B2 (Riboflamin) 0.13 mg
Vitamin B3 (Niavin) 0.40 mg
Vitamin C 93.00 mg
Air 78.00 g

Seperti itu, tentang sayuran kailan ini. Sekarang kita ke bagian cara menanam kailan ini.

Cara menanam kailan dari biji

Hal – hal yang perlu dilakukan dalam menanam kailan dari biji ini adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan benih.
  2. Menyiapkan polybag, pot atau tempat media tanam
  3. Menyiapkan media tanam
  4. Menyemai benih kailan
  5. Melakukan penjarangan
  6. Perawatan
  7. Pengendalian hama
  8.  

Cukup panjang ya. Memang.

Menanam Kailan ini waktunya sedikit lebih lama ketimbang menanam pakcoy, bayam hijau dan merah, dan kangkung di polybag. Kalau mereka hanya butuh waktu kurang dari 1 bulan bisa panen, kalian membutuhkan waktu setidaknya 1,5 bulan.

Sekarang kita ke detail dari setiap langkah di atas.

Menyiapkan benih kailan

cara menanam kailan di polybag

Kailan pada minggu pertama.

Benih kailan bisa kita dapatkan secara online. Sekarang benih – benih seperti itu bisa dengan mudah kita peroleh.

Tipsnya adalah kalau bisa gunakan benih kailan hibrida. Benih hibrida sepertinya kemampuan tumbuhnya lebih adaptif terhadap lingkungan dataran rendah.

Polybag untuk menanam kailan

cara menanam kailan dari biji

Kailan pada minggu ke 2

Kalau bisa gunakan polybag yang ukurannya besar. Minimal ukuran 40 x 40 cm. karena kalau ukuran polybag besar, media tanam yang bisa ditampung lebih besar.

Selain itu, nanti apabila satu polybag diisi dua kailan, kalau kailan besar tempatnya masih longgar. Alias tidak berdesakan.

Yang perlu diperhatikan adalah bagian dasar dari polybag harus ada lubangnya. Itu minimal.

Tapi, sekarang polybag yang dijual di pasaran selain bawahnya sudah berlubang, bagian samping juga sudah dilubangi.

Lubang – lubang ini akan berguna untuk drainase polybag. Supaya kalau penyiraman berlebih, air akan keluar sehingga tidak menggenangi dan membuat becek media tanam.

Menyiapkan media tanam untuk kailan

cara menanam kailan di polybag

Kailan pada minggu ke 3

Media tanam yang baik seharusnya mengandung kompos. Selain membuat tanah subur, kompos juga membuat tanah menjadi gembur dan tidak mudah padat.

Sehingga, campuran media tanam yang harus digunakan adalah tanah, kompos dan sekam bakar. Perbandingannya masing – masing 1:1:1. Jika susah untuk mendapakan sekam bakar, media tersebut bisa diganti dengan pasir.

Bagaimana kalau media tanam hanya dua jenis saja? Tidak masalah.

Saya sendiri hanya menggunakan media tanam tanah dan sekam bakar. Perbandingannya 1:1. Seharusnya memang lebih bagus kalau medianya tanah dan kompos.

Kelemahan media tanam yang saya gunakan adalah kurangnya zat organik sebagai sumber N. Sehingga saya harus menambahkan pupuk supaya pertumbuhan kailan di polybag saya tetap baik.

Menyemai benih kailan

cara menanam kailan dari biji

Kailan pada minggu ke-4

Cara menanam kailan dari biji ini bisa dilakukan secara langsung di polybag. Atau juga penyemaian dilakukan secara terpisah.

Saya sarankan langsung saja semai di polybag. Caranya adalah:

  • Tebar secara merata benih kailan di permukaan media tanam. Nyebarnya diberi jarak, jangan ditumpuk/ngupul jadi satu. Misalnya setiap benih dijarak antara 2 – 5 cm. jarak ini akan memudahkan kita dalam proses penjarangan.
  • Setelah itu, tutup benih dengan media tanam tipis – tipis saja.
  • Siram media supaya lembab, sehingga benih kailan akan cepat berkecambah.
  • Jaga kelembapan permukaan media tanam. Jangan sampai kekeringan. Kalau terlihat kering, langsung siram. Menyiramnya jangan deras – deras, pakai sprayer halus lebih baik. Ini supaya benih kailan tidak lari dan hanyut.
  • Jika punya tutup, penyiraman akan terasa lebih mudah. Karena tutup bisa menjaga kelembapan permukaan media tanam lebih lama. 2 – 3 hari baru disiram lagi, kalau masih belum berkecambah.

Melakukan penjarangan

Penjarangan harus dilakukan supaya pertumbuhan kailan di polybag lebih cepat dan maksimal. Waktu penjarangan ketika daun sejati dari kailan sudah ada.

Lakukan penjarangan pada waktu pagi atau sore hari. Kalau pagi, setelahnya kailan tidak ditaruh di bawah sinar matahari secara langsung.

Perawatan kailan di polybag

cara menanam kailan di polybag

Kailan pada minggu ke – 5

Perawatan yang dilakukan untuk menanam kailan di polybag adalah:

  • Penyiraman
  • Pemupukan
  • Menyiangi gulma
  • Mengendalikan hama.

Penyiraman sebaiknya dilakukan setiap hari. Tapi tidak usah berlebihan. Secukupnya saja.

Pemupukan kita lakukan dengan sederhana saja. Saya pakai pupuk NPK, NPK 15-15-15. Saya larutkan ke air kemudian saya siramkan ke kailan. Kalau ada NPK 16-16-16 kualiasnya malah lebih bagus.

Menyiangi gulma perlu dilakukan ketika banyak rumput yang tumbuh disekitar tanaman utama. Kalau rumput liar ini tidak diambil, nanti akan berebut unsur hara dengan kailan.

cara menanam kailan

Mengendalikan hama perlu dilakukan. Karena kailan termasuk sayuran daun yang disukai oleh serangga. Kupu – kupu, ngengat, capung biasanya akan suka bertelur di daun mudanya.

Kalau kita melihat telurnya langsung segera hilangkan. Di pites saja biar tidak jadi menetas.

Telur – telur mereka akan menetas dalam waktu 3 – 4 hari. Kemudian dalam semalam mereka akan memaka habis pucuk daun dari kailan. Telat sehari saja, kita bisa kewalahan.

Pengendalian yang saya lakukan masih manual. Karena jumlah kailan yang saya tanam masih sedikit.

Kalau jumlahnya banyak, kita bisa mengendalikannya dengan beauveri bassiana. Yaitu jamur patogen untuk serangga – serangga di atas. Tapi cara kerja beauvaria bassiana untuk jangka panjang. Jangka pendek dan organik bisa menggunakan minyak mimba atau neem oil.

Panen kailan di polybag

cara menanam kailan

Kailan pada usia minggu ke-6

Kita bisa memanen kailan kalau usianya sudah 1,5 – 2 bulan. Ada dua cara cara memanennya.

cara menanam kailan

kailan pada usia minggu ke-7

Pertama, kita panen dengan mengambil daunnya. Ambil daun kailan yang paling bawah dan sisakan bagian pucuknya. Nanti kalau daunnya sudah banyak lagi, kita panen lagi. Kalau sudah berbunga, selesai, harus dicabut.

Kedua, kita panen kailan dengan mencabutnya saja. Jika masih usia muda, kita bisa memakan kailan sampai batang – batangnya. Kalau sudah tua, batangnya sedikit lebih keras dan butuh waktu lebih lama untuk memasaknya.

Ok, seperti itu cara menanam kailan dari biji, di polybag dan di dataran rendah. Semoga bermanfaat.

Bacaan Lebih lanjut

Please Share:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *